Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Alasan Tepat Kenapa Memilih Lantai Kayu untuk Hunian

Setiap orang pastinya akan kagum melihat sebuah rumah yang memakai Lantai Kayu dengan kualitas bagus, selain dapat menambah nilai estetis sebuah bangunan lantai kayu juga bisa menambah nilai jual dan memberikan kesan mewah juga elegan. Penggunaan lantai kayu sebagai penutup rumah sudah populer sejak ratusan tahun yang lalu, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, manusia berinovasi dengan menciptakan berbagai motif dan jenis lantai kayu dari berbagai jenis pohon. Lantai kayu juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan penghuni rumah contohnya seperti ketika terjatuh, rasa sakit yang ditimbulkan tidaklah sesakit saat terjatuh di permukaan lantai keramik dikarenakan Lantai kayu bersifat agak empuk dan juga bisa terhindar dari penyakit rematik karena sifat lantai kayu cenderung hangat.



Keuntungan menggunakan Lantai Kayu Solid
Berikut ini adalah keuntungan dan alasan mengapa lantai kayu patut dipilih untuk menutup lantai hunian anda :

  • Lantai Kayu bersifat serbaguna
Lantai kayu adalah jenis penutup lantai yang serbaguna, Lantai kayu Solid adalah pilihan tepat untuk ditempatkan di ruang tamu, dapur, bangunan perkantoran ataupun kamar. Lantai kayu juga multifungsi karena bisa sekaligus menjadi penutup lantai dan juga sebagai hiasan

  • Lantai Kayu cukup mudah Perawatannya
Gunakan sapu berbulu halus atau vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan lantai dari remah-remah, debu dan kotoran dan jika diperlukan pakai juga kain pel tetapi jangan terlalu banyak memberikan air, walaupun ada beberapa produk lantai kayu yang tahan air tetapi jika terlalu sering terkena air itu tidak baik, mengingat material utamanya adalah kayu solid.

  • Lantai kayu dapat diperbaharui atau dicat ulang
Apabila Permukaan Lantai kayu sudah terlihat kusam, dapat dilakukan pembaharuan hingga 5 kali sebelum diganti dengan yang baru dengan cara mengecat ulang, oleh karena itu umur lantai kayu bisa sampai mencapai 20 tahun bahkan lebih. agar lebih awet anda bisa menambahakan perawatan tambahan yaitu proses waxing atau penyemiran ulang setiap 3 bulan atau tergantung kondisi lantai kayu dengan menggunakan bahan pengkilap
Anda bisa menggunakan jasa tenaga professional jika tidak bisa melakukannya sendiri.

  • Lantai kayu bermanfaat bagi kesehatan
Selain dapat menambah niali estetis sebuah bangunan, Penggunaan Lantai Kayu juga dapat memberikan efek positif pada kesehatan orang yang menghuninya. Lantai kayu dapat mengurangi pengaruh Volatile Organic Compounds (VOC) yang ada di dalam ruangan, VOC ialah senyawa organik yang berbahaya karena beracun.

  • Lantai Kayu  memiliki ketahanan yang bagus
Lantai kayu dikenal memiliki ketahanan yang bagus dikarenakan memiliki karakter kayu yang asli karena memang sejatinya lantai kayu solid adalah kayu yang dibentuk sedemikian rupa oleh karena itu dapat bertahan hingga puluhan tahun tetapi Lantai kayu solid tidak disarankan digunakan di daerah dengan kelembapan tinggi.

Jenis-jenis Lantai kayu

Ada beberapa jenis lantai kayu yang beredar di pasaran, Harganya pun cukup bervariasi mulai dari Lantai kayu murah sampai mahal, semua tergantung kualitas dan ketahanan masing-masing lantai kayu anda tinggal sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda.

baca juga : Harga Lantai Kayu


Jenis-jenis lantai kayu itu antara lain Lantai kayu solid, Lantai kayu Laminated, dan Lantai kayu vinyl, jika anda belum mengetahui perbedaan dari ketiga jenis lantai kayu tersebut, kita akan coba membahasnya dibawah ini :


  • Lantai kayu solid adalah Lantai kayu yang sepenuhnya terbuat dari Material kayu tanpa bahan campuran lain, jenis kayu yang biasa digunakan biasanya ialah kayu jati, kayu merbau, kayu sonokeling dan kayu bengkirai.


  •  Lantai kayu Laminated ialah lantai kayu yang berbahan dasar HDF (High density fiber) terdiri dari beberapa partikel kayu dan campuran bahan kimia agar partikel kayu tersebut keras dan dapat menyatu dengan baik, lalu selanjutnya di press menggunakan mesin. Setelah menjadi HDF tadi menjadi Lembaran kemudian ditempel plastik bermotif kayu dan barulah masuk ke proses terakhir yaitu Laminating.
 

  •  Lantai kayu Vinyl ini adalah material sintetis yang terbuat dari PVC (Bahan untuk plastik) dan beberapa campuran bahan kimia dengan teknik khusus yang dirancang untuk menyerupai lantai kayu solid. Lantai kayu vinyl ini memiliki kelenturan yang cukup bagus mengingat bahan dasarnya bukan merupakan kayu asli. Harga untuk penutup lantai jenis ini pun relatif murah.

Setiap orang tentunya memiliki impian untuk mempunyai hunian yang nyaman dan juga bagus ,Banyak cara untuk menjadikan hunian anda menjadi lebih terkesan mewah dan juga elegan, Lantai kayu adalah pilihan tepat untuk hal tersebut, pemasangan di outdoor maupun indoor tidak akan mengurangi kesan mewah yang dimiliki Lantai kayu oleh karena itu tidak usah menunggu lama lagi ,segera bangun rumah impian anda.