Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Apa Itu Lantai Parket?

Parket lantai murah atau parquet adalah jenis penutup lantai yang benar-benar terbuat dari bahan kayu. bahkan di tahun 2021 ini banyak orang menyebutnya lantai kayu parket.
mungkin sampai saat ini masih banyak yang menganggap bahwa lantai kayu hanyalah sebuah papan biasa yang telah di finishing. namun jika kita gali sebetulnya lantai kayu parket merupakan jenis penutup lantai yang banyak mengandung manfaat.



Karena pada jaman sebelum adanya jenis penutup lantai dari keramik, masyarakat sudah menggunakan papan kayu untuk rumah jenis panggung, yang bahan utamanya dari bilik dan kayu. jadi jika mereka melihat rumah dengan lantai kayu, mereka masih menganggap tidak ada yang istimewa.

lalu bagaimana dengan anda?
apakah anda penasaran dengan keuntungan dan kelebihan rumah berlantai kayu, berdinding kayu, dan plafon dengan kayu.

Bali, surabaya, bandung, dan tangerang adalah kota dimana ada toko kami yang sudah lama melayani dan membantu masyarakat dalam mendekorasi sebuah ruangan indoor dan outdoor.

Baca juga parket lantai jati klik disini

Mereka sudah merasakan manfaat lantai kayu yang bisa memberikan kesejukan dan kehangatan di dalam ruangan.
maka dari itu banyak pengguna lantai kayu untuk hotel, apartemen,perkantoran, tempat ibadah, rumah pribadi, restoran, kafe,lapangan olahraga, dan lain-lain.

ini sebagai saran dari saya, banyak pelanggan kami yang memasang lantai kayu untuk sebuah usaha. mereka merasakan tempat usahanya mengalami peningkatan pengunjung.
karena dengan memasangnya lantai kayu, tempat tersebut menjadi unik, nyaman, dan bagus untuk di jadikan tempat selfi



Apa kesan pertama anda setelah melihat sebuah kafe ternama di kelilingi dengan olahan kayu parket?
pasti anda langsung ingin mengunjungi tempatnya dan merasakan aroma wangi yang keluar dari serat kayu tersebut.

Keunggulan Lantai Parket yang Harus Anda ketahui

Selain menyuguhkan nuansa yang lebih mewah dan natural, ternyata masih banyak lagi keunggulan dari penggunaan lantai kayu parket. Lantas, seperti apa sajakah keunggulan yang dimilikinya. Nah, biar anda gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Parket lantai bagus untuk kesehatan



Memang tidak di ragukan lagi bahwa parket lantai murah ini sangat baik bagi kesehatan kaki dan anggota tubuh lainnya.
sangat cocok bagi penderita rematik menggunakan parket lantai. karena kehangatannya sangat membantu anda jika anda memiliki riwayat penyakit yang gak boleh terkena udara dingin.

Parket lantai bisa dijadikan sebuah terapi secara tidak langsung, jika anda setiap hari menginjak lantai kayu, saya rasa kesehatan anda akan semakin membaik. apalagi aroma yang wangi sering terhirup, saya yakin semua aktifitas anda akan semakin rilex, coba buktikan sendiri.

untuk harga parket lantai, bisa klik disini

2. Begitu Dekoratif



Mengingat materialnya yang terbuat dari kepingan kau yang dipasang secara bersamaan, tentunya lantai kayu parket ini mengusung keindahan dari sisi geometris dan dekoratif. Bukan hanya itu, penggunaan lantai kayu parket dalam beberapa waktu pun dapat di amplas atau di cat ulang. Sehingga, tampilannya akan tampak seperti baru lagi lho. 

Belum lagi dengan motif lantai kayu parket yang bervariasi, sehingga bisa anda pilih sesuai dengan konsep rumah. Hasilnya, tampilan ruma anda akan tampak lebih nyaman, elegan, mewah, namun tetap menonjolkan sisi naturalnya.

3. Dapat Diaplikasikan Dimana Saja



Lantai kayu parket mempunyai sifat yang dinamis sehinga bisa dipasan di interior rumah gaya apa saja, entah itu gaya rumah tradisional maupun rumah modern. Dengan penggunaan lantai kayu parket didalam ruangan rumah, tentunya suasana yang monoton akan berubah menjadi lebih hangat dan bersahabat. 



Begitu pun untuk lantai kayu di area outdoor yang dapat memperindah tampilan sehingga akan sedap dipandang. Namun, peggunaan lantai untuk area indoor dan outdoor itu berbeda lho. Ya, khusus untuk area outdoor maka tipe lantai kayu yang digunakan adalah decking, seperti decking kayu bengkirai, decking merbau, decking kayu ulin, decking kayu kruing, dan lain sebagainya.

4. Mampu Menyerap Panas 



Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa lantai kayu parket sangat bagus untuk kesehatan, terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti rematik. Hal bukan tanpa alasan, mengingat jenis lantai kayu parket solid mampu menghantarkan dan menyimpan hawa panas untuk sementara waktu. 

Sifat lantai kayu yang dapat menyimpan hawa panas di siang hari dapat menghantarkan udara di malam hari, sehingga suhu dalam ruangan akan tetap terasa hangat. Itu sebabnya, mengapa lantai kayu parket kerap di aplikasikan pada hunian-hunian yang berada di dataran tinggi seperti villa dan tempat penginapan lainnya. 

Menarik Juga Untuk Disimak -> Rekomendasi Desain Villa Ala Bali 

5. Dapat Meminimalisir Senyawa Berbahaya

Tak hanya mampu menerap panas, lantai kayu parket pun sudah terbukti dapat meminimalisir senyawa berbahaya seperti pengaruh VOC (Volatile Organic Compounds) di dalam ruangan rumah. Lantas, apa yang dimaksud dengan VOC? Perlu anda ketahui, VOC merupakan senyawa organik yang mempunyai tekanan uap sangat tinggi dan mudah menguap dalam temperatur ruang. 

Hasilnya, senyawa seperti metana dan non-metana dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh saat terhirup karena bersifat racun. Namun, hal tersebut tidak akan berlaku dalam penggunaan lantai kayu parket karena kemampuannya yang dapat meminimalisir senyawa VOC. 

6 Memiliki Tekstur Permukaan yang Kesat dan Empuk



Tak seperti jenis lantai keramik maupun granit yang terasa licin saat ada air, sehingga dapat meningkatkan risiko terpeleset yang tentunya dapat membahayakan bagi keselamatan. Ya, terlebih untuk para lansia dan anak kecil yang aktif, dimana merekalah yang paling rawan dengan risiko terpeleset. 

Maka dari itu, penggunaan lantai kayu parket menjadi pilihan paling tepat karena tekstur permukaannya yan terasa kesat dan tidak licin. Sehingga, penggunaan lantai kayu parket ini sangat aman bagi semua kalangan. Jika pun terjatuh, anda tidak akan terlalu merasa sakit karena lantai kayu parket ini bertekstur empuk lho. 

7. Proses Pemasangan yang Cukup Mudah



Siapa bilang bahwa pemasangan lantai kayu parket itu ribet? Buktinya, proses pemasangan lantai kau parket tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bagaimana tidak, anda hanya perlu menyusun lembaran-lembaran kayu tersebut dengan menggunakan lem dan foam. Untuk mengetahui tentang tutorial cara memasang lantai kayu parket, silahkan baca disini

8. Kuat dan Tahan Lama

Keunggulan berikutnya dari lantai kayu parket yang harus anda ketahui, yakni kokoh dan tahan lama. Terlebih untuk jenis parket solid jati dan merbau yan memang sudah terbukti dapat bertahan hingga puluhan tahun. Namun, tingkat keawetan dari lantai kayu itu sendiri tergantung dari cara anda memperlakukan dan perawatannya, 

Kekurangan Lantai Kayu Parket

  • Berpotensi terjadi kerusakan (jika tidak dirawat dengan baik)
  • Bisa terjadi penyusutan dan pemuaian (solusinya harus diberi jarak beberapa cm saat proses pemasangan)
  • Membutuhkan perawatan ekstra
  • Menawarkan harga yang mahal