Perbedaan Decking kayu dan Decking Wpc



Decking kayu dan Wpc- Dua jenis ini merupakan material yang digunakan untuk lantai outdoor (luar ruangan), balkon, dan halaman taman
dua jenis ini memiliki fungsi yang sama, tujuan yang sama. yang menjadi perbedaannya adalah cara pemasangannya dan bahan-bahan untuk memproduksi kedua jenis decking tersebut.


Pengertian Decking kayu


Decking kayu merupakan jenis penutup lantai outdoor yang terbuat dari kayu asli pilihan berkualitas tinggi, penggunaan decking kayu pada sebuah lantai tidak akan terpengaruhi oleh air hujan yang memiliki zat asam dan tidak akan terpengaruh juga oleh sinar matahari walaupun secara langsung.
decking kayu memiliki kekuatan yang baik, tak heran jika decking ini sering di sebut sebagai penutup lantai yang kuat seperti besi.

Serangan rayap atau penyakit lainnya yang bisa membuat kayu rusak tidak akan menyerang decking kayu, karena decking kayu benar-benar kuat.
penggunaan decking bisa bertahan lama dan awet, dalam artian jika perawatannya baik dan benar.


Salah satu kayu yang di produksi untuk decking adalah kayu ulin kalimantan, penjualan decking kayu ulin kalimantan ini terbilang bagus di pasaran.
memiliki warna yang khas yaitu hitam kemerahan membuat halaman rumah terlihat mewah dan elegan.
Di kalimantan  kayu ulin ini sering digunakan untuk material yang berat, seperti tiang yang menahan jembatan, bantalan kereta api, bahan jembatan, dll

Kayu ulin termasuk kayu yang berkualitas untuk lantai kayu outdoor, namun anda sendiri harus berhati-hati ketika membeli decking kayu ulin kalimantan, karena banyak yang mengatasnamakan kayu ulin kalimantan palsu bertujuan hanya mencari keuntungan semata.


Cara mengecek kualitas kayu ulin kalimantan

  • Karena kayu ulin ini sangat kuat dan padat, maka ketika dimasukan ke dalam bak air kayu ulin tersebut akan tenggelam. jika kayu tersebut mengambang berarti kayu ulin yang anda dapatkan bisa saja masih muda atau kayu ulin palsu
  • Coba di cek dengan cara di paku, jika kayu ulin yang asli di paku tidak akan tembus sama sekali. kalau pun tembus kayu ulin tersebut akan pecah. untuk membolongi kayu ulin kalimantan memerlukan alat bor dan di scrup
Kemudian ciri kayu yang bagus untuk dijadikan decking biasanya melihat dari tiga aspek, diantaranya:
  1. Serat kayunya, garis serat ( kambium)
  2. Sambungan papan yang lebar, berarti menggunakan kayu dengan diameter yang besar. semakin besar diameternya maka semakin tua umurnya. karena kalau umur kayu semakin tua maka kekuatannya juga makin bagus
  3. Mata kayu, karena apabila mata kayu yang banyak maka hasil kayu juga akan jelek dan mudah retak

Kemudian untuk perawatan decking kayu ulin supaya tetap mengkilap hanya perlu di coating( pengecetan ulang) saja. dan ini berlaku untuk semua jenis decking kayu.
proses coating biasanya dilakukan dua tahun sekali saja
tujuan dari coating untuk memperindah kayu serta menahan kelembapan air dan udara

Cari disini informasi harga lantai kayu terbaru

Pengertian Decking Wpc

Wpc adalah kepanjangan dari wood plastic composite. terbuat dari plastik, kayu, water resistant dan anti rayap.
jenis material wpc sangat  beragam, ada yang untuk dinding atau wall cladding, untuk atap atau ceiling, dan untuk lantai disebut decking.
decking wpc memiliki ukuran rata-rata lebar 18cm tebal 2cm dan panjang 400cm.

Keunggulan dan kekurangan  dari  wpc
  • Umur yang panjang/awet
  • perawatan yang lebih mudah
  • Apabila terkena sinar matahari, akan sangat panas sekali. karena bahan yang digunakan bukan kayu asli
  • Apabila terkena goresan, wpc ini tidak bisa di coating seperti decking kayu asli dan harus diganti lagi dengan yang baru
  • Tidak terlihat natural, berbeda dengan decking kayu yang memiliki serat alami dan lebih terlihat natural
Bahkan agar wpc ini tidak mudah kotor dan terkena jamur cukup di pel seperti lantai biasa, dan di sarankan menggunakan cairan pembersih lantai.
jika ada noda yang sulit dibersihkan anda bisa hubungi kembali orang yang ahli dalam mengatasi wpc.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2