Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Memilih Lantai Kayu Outdoor Untuk Kolam Dan Taman

Lantai kayu outdoor untuk samping kolam dan taman

Mempunyai taman atau kolam renang yang asri merupakan dambaan semua orang, salah satu alternatif untuk mewujudkannya yaitu dengan memberikan penutup lantai dari kayu, namun tidak semua jenis kayu dapat digunakan sebagai lantai kayu outdoor, untuk lantai kayu outdoor diperlukan kayu yang keras yang tahan terhadap cuaca,

Karakteristik ketiga kayu tersebut tidak akan busuk walaupun di tempatkan di dalam air, ketiga kayu tersebut merupakan golongan kayu keras dengan berat jenis rata 0,63-1,04 pada kadar air 15%.

Penempatan kayu sebagai penutup lantai akan mempercantik ruangan, salah satu kelebihan kayu dapat di padukan dengan selaras dengan media apapun, baik itu dengan corak batu alam, marmer, warna cat, tumbuhan, dll.

Adapun macam-macam kayu parket yang cocok untuk digunakan  untuk menutup lantai outdoor yaitu kayu Ulin, merbau, dan bengkirai. 

kayu tersebut sudah memenuhi syarat untuk di tempatkan dengan kondisi terkena sinar matahari langsung dan hujan. 

Namun pada saat pemasangan hindari pemasangan lantai kayu outdoor ini yang terkena air terus menerus, hal tersebut akan menimbulkan permukaan kayu yang licin karena tumbuh jamur atau lumut.

Untuk menghindari hal tersebut, bisa diakali dengan memberikan bantalan kayu di bawah pemasangan lantai kayu outdoor. 

Sehingga sirkulasi air di bawah pemasangan lantai kayu berjalan dengan baik. Upz ada lantai vinyl motif kayu yang terbukti tahan air dan panas dan harganya pun lebih murah dibanding lantai kayu parket solid.
Bantalan lantai kayu outdoor decking


Penempatan bantalan kayu ini idealnya 30cm - 50cm, dengan jarak tersebut pemasangan lantai kayu outdoor akan terasa kokoh, tidak akan bergoyang apabila di injak.

Dibawah ini adalah harga material decking kayu tanpa pasang, untuk mengetahui biaya pemasangan klik disini>>> pasang lantai kayu

Jenis-jenis Kayu Untuk Area Outdoor

Meskipun saat ini bermunculan jenis decking kayu sintetis seperti WPC, akan tetapi, kesan mewah dan unik dari olahan kayu solid masih banyak menjadi pilihan.

Yang perlu menjadi catatan.
Tidak semua jenis kayu dapat di pasang di area outdoor seperti untuk Decking. Hanya ada beberapa jenis kayu yang termin awet dan kuat terpasang di area outdoor.

Dibawah ini uraiannya :

1) Decking kayu ulin
Decking kayu Ulin lantai outdoor

Kayu Ulin atau kayu besi banyak tumbuh di wilayah Kalimantan dan Sulawesi, kayu Ulin merupakan kayu yang sangat keras, Kayu ulin baru bisa di gunakan setelah berumur di atas 100 tahun, Kayu Ulin merupakan salah satu kayu yang keberadaannya dilindungi pemerintah, dan untuk memperoleh kayu ulin diperlukan birokrasi yang panjang dan lumayan njelimet, sehingga harga decking kayu ulin relatif mahal.

Spesifikasi lantai kayu outdoor dari bahan decking kayu ulin sebagai berikut :
  • Ukuran     : 1,8cm x 9cm x 100 - 400cm
  • Spesies     : kayu Ulin asal Kalimantan
  • Fitur         : Anti slip satu sisi
  • Kualitas    : Grade A
  • Harga       : Rp 752.000,-/m2



2) Decking kayu Bengkirai

Kayu Bengkirai atau Yellow ballaw lebih dulu populer di luar di bandingkan di Indonesia, karakter dari kayu ini mempunyai pori-pori kayu yang besar dengan urat lurus yang tegas, pemanfaatan kayu ini sebagai penutup lantai sudah banyak sekali di gunakan.
harga Decking kayu Bengkirai lantai outdoor

Spesifikasi lantai kayu outdoor dari bahan decking kayu bengkirai sebagai berikut :
  • Ukuran     : 1,9cm x 9cm x 160cm-400cm
  • Spesies     : kayu bengkirai asal Kalimantan
  • Fitur         : Anti slip satu sisi
  • Kualitas    : Grade A
  • Harga       : Rp 452.000,-/m2

3) Decking Kayu Merbau

Karakteristik kayu merbau hampir mirip dengan kayu bengkirai, tetapi warna kayu merbau cenderung lebih gelap kemerahan. Kayu merbau ini apabila terkena air akan keluar getah merah, sehingga tidak dianjurkan penempatannya untuk pool deck.
Jual Decking kayu Merbau lantai outdoor

Spesifikasi lantai kayu outdoor dari bahan decking kayu merbau sebagai berikut :
  • Ukuran     : 1,9cm x 9cm x 160cm-400cm
  • Spesies     : kayu merbau asal Papua
  • Fitur         : Anti slip satu sisi
  • Kualitas    : Grade A
  • Harga       : Rp 592.000,-/m2

Katalog produk lantai berbahan dasar kayu lainnya klik disini > katalog lantai kayu

JENIS PEMASANGANHARGA (IDR)
Decking di LantaiRp. 182.000
Decking di PagarRp. 272.000
Decking di DindingRp. 212.000
Lantai Kayu jati Grade A memiliki warna Coklat lebih seragam, lepas mata mati, dominan Urat kembang dan urat Lurus.


   

Sekilas Tentang Rumahparket.net

Produk yang kami sediakan bukan hanya produk yang bisa digunakan untuk outdoor, akan tetapi ada produk khusus indoor, seperti lantai kayu parket, atap kayu atau lumber ceiling, papan tangga kayu, dan flooring kayu.

Produk kami yang digunakan di dalam rumah sangat baik bagi kesehatan serta bisa memberikan udara yang sejuk ketika musim panas. bahkan ketika musim dingin lantai kayu akan memberikan udara yang menghangatkan.

Alasan kenapa harus lantai kayu untuk kolam dan taman

Kayu adalah material yang jika terkena air tidak akan menjadi licin, berbeda dengan lantai keramik. jika terkena air akan menjadi licin. hal inilah yang harus anda pikirkan jika lantai keramik masih digunakan di tepi kolam renang.

Maka dari itu dari sekarang anda harus menggunakan lantai kayu. selain menambah keselamatan, lantai kayu menampilkan kesan alami yang sangat indah. coba anda bayangkan dari sekarang jika kolam renang anda dan taman anda di pasangi berbagai jenis olahan kayu parket. hasilnya akan jauh lebih bagus dari lantai biasa.

Selain decking kayu asli, untuk kebutuhan outdoor seperti teras, balkon, dll. anda bisa juga menggunakan Decking WPC

Seperti apa decking WPC

Decking WPC alternatif kayuDecking wpc adalah kepanjangan dari  wood plastik composite. wpc ini di desain benar-benar menyerupai kayu asli. padahal jelas wpc merupakan decking yang bahannya banyak menggunakan bahan plastik. 

sehingga setelah dipasang pada lantai tidak akan membuat berat bantalannya.

ukuran standar decking wpc sekitar 18 cm untuk lebar, ketebalannya 2 cm, dan panjangnya 400cm.

Ketika sudah dipasang, hasil pemasangan decking wpc sangat tersusun rapih. karena serat fiber yang sangat seragam.

namun jika anda menggunakan decking wpc, anda tidak mendapatkan lantai yang terkesan natural dan alami. decking wpc dan decking kayu asli memang memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. jadi anda bisa pilih sesuai kebutuhan saja.

Perawatan decking wpc tidak begitu sulit, cukup di pel seperti lantai pada umumnya. bahkan jenis ini tidak perlu coating atau pengecetan ulang ketika warna sudah  terlihat kusam. namun kekurangan decking ini apabila sudah ada goresan pada sebuah lantai harus langsung segera di ganti.

jual decking kayu untuk lantai outdoor 
Penjual lantai kayu outdoor decking di jakarta

harga decking kayu keruing