Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Decking Bengkirai dan Harga Jualnya

Rumahparket - Decking atau lantai kayu outdoor adalah salah satu tipe lantai kayu solid yang biasa digunakan untuk di area luar ruangan, nama lain dari decking adalah lantai kayu outdoor. kehebatan decking ini adalah ia memiliki daya tahan yang bagus dan kekuatan yang bisa diandalkan selain itu ia juga taha terhadap cuaca. jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan dasarnya adalah kayu-kayu golongan keras seperti bengkirai, merbau, keruing dan juga ulin.

decking kayu kolam renang
Decking di sisi kolam renang
Dalam penjualan decking, yang menjadi produk best sellernya adalah decking bengkirai. seperti yang kita tahu kayu bengkirai ini adalah kayu yang memiliki kekuatan dan kekerasan yang bagus sehingga bisa diandalkan sebagai pijakan lantai. ciri warna kayu bengkirai ini adalah coklat agak kekuningan. selain karena kekuatan dan kekerasannya, bengkirai ini juga banyak dipilih karena harga jualnya yang terbilang murah untuk fitur unggul yang dimilikinya.

decking kayu bengkirai
Decking bengkirai alur

Tidak seperti kayu merbau yang apabila terkena air secara terus menerus dapat mengeluarkan getah berwarna merah, bengkirai ini tidak menghasilkan getah apapun apabila terkena air oleh karena itu ia sering ditempatkan di area sisi pijakan kolam renang.

Terdapat 2 jenis lantai kayu outdoor bengkirai yang tersedia di Rumahparket, yaitu jenis alur dan polos. maksudnya untuk jenis alur, diatas permukaannya terdapat garis-garis lurus yang berguna agar permukaan tidak licin saat berjalan diatasnya, sedangkan bengkirai polos tidak memiliki garis tersebut.

Berikut ini adalah harga jual lantai kayu outdoor bengkirai :

Decking Bengkirai Alur 

decking bengkirai alur

Decking yang memiliki alur ini tampil dengan Ukuran  1,9 x 9 x 100 cm up, sedangkan harganya di banderol Rp.390.000. Bukan hanya itu, decking bengkirai alur juga sudah dibekali dengan fitur anti slip pada satu sisinya sedangkan sisi lainnya dibiarkan polos. 

Untuk pemesanan decking bengkirai dengan ukuran custom, silahkan hubungi marketing kami di nomor (021) 539 7273 / 0812 2042 004

Decking Bengkirai Polos

decking bengkirai polos

Produk decking bengkirai polos yang tersedia di galeri kami berukuran 1,9 x 9 x 200 cm up, yang dibanderol dengan harga Rp 420.000. Mengenai spesifikasinya, decking bengkirai tampil polo pada kedua sisinya dan tidak dilengkapi dengan alur anti slip. 

Itu sebabnya, mengapa decking tersebut dinamai dengan decking bengkirai polos. 

Decking Bengkirai Jumbo

decking bengkirai jumbo

Sesuai dengan namanya, dimana ia merupakan produk decking bengkirai yang memiliki ukuran paling besar diantara kedua jenis decking bengkirai diatas tadi. Ukuran decking bengkirai jumbo ini mencapai 2,5 x 14,5 x 100 - 300 cm yang dijual dengan harga Rp 500.000.

Namun, decking bengkirai jumbo juga dibedakan lagi kedalam dua tipe berbeda, yakni decking bengkirai jumbo dengan dua alur anti slip kecil - besar, dan decking bengkirai jumbo dua alur anti slip kecil - polos. 

Harga tersebut belum termasuk biaya pemasangan. untuk biaya pemasangan sendiri dikenakan biaya sekitar Rp.130.000 permeter.

baca juga : Harga Lantai Kayu permeter

Keunggulan Lantai Kayu Bengkirai (Decking)

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bah ciri khas dari kayu bengkirai ini tampil dengan warna cokelat kekuningan. Itu sebabnya, mengapa kayu bengkirai kerap dijuluki dengan nama yellow balau

Pohon kayu bengkirai itu sendiri banyak dijumpai di kawasan hutan tropis Kalimantan, yang memang terkenal dengan tekstur keras, kokoh dan tahan lama. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika kayu bengkirai kerap digunakan untuk kebutuhan konstruksi dan property, termasuk untuk lantai kayu outdoor.

Adapun mengenai beragam keunggulan dari lantai kayu bengkirai yang harus anda ketahui seperti berikut :

1. Kokoh dan Kuat

decking bengkirai kokoh dan kuat

Mengingat tingkat kekerasan kayu bengkirai ini termasuk kedalam kelas I, tentu saja daya tahan yang dimilikinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Bukan hanya itu, bahkan tingkat kekuatannya termasuk kedalam kelas II, sedangkan tingkat keawetannya masuk kedalam kelas III. 

Jika dilihat dari tingkat kekerasannya, kayu bengkirai ini setara dengan tingkat kekerasan kayu ulin (kayu besi yang paling keras di dunia). 

2. Potensi Melengkung yang Minim

potensi melengkung minim

Tak seperti jenis-jenis kayu lainnya, dimana potensi terjadi pelengkungan pada kayu bengkirai ini sangatlah minim. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat karakteristik kayu bengkirai yang memang begitu keras dan tahan terhadap perubahan cuaca. 

Dengan demikian, maka tak heran jika kayu bengkirai cocok dijadikan bahan baku untuk pembuatan lantai kayu outdoor (decking). Hasilnya, decking kayu ideal ditempatkan di area-area outdoor seperti halaman, taman, balkon, rooftop, hingga pinggiran atau tepian kolam renang. 

3. Menghadirkan Nilai Estetika Tinggi

menghadirkan nilai estetika tinggi

Dikarenakan kayu bengkirai tampil dengan warna cokelat kekuningan, tentu saja hal tersebut dapat menyuguhkan nilai estetika tinggi yang bernuansa mewah, elegan, dan natural. Menariknya lagi, decking kayu bengkirai cocok diberi berbagai warna cat kayu sehingga tampilannya semakin indah.

4. Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

tahan perubahan cuaca

Inilah salah satu keunggulan yang membuat kayu bengkirai kerap digunakan untuk berbagai produk eksterior, termasuk lantai kayu outdoor. Ya, meski ditimpa oleh perubahan cuaca dan suhu, namun decking kayu bengkirai ini masih mampu mempertahankan kualitasnya dengan sangat baik. 

5. Anti Rayap

anti rayap

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa rayap merupakan musuh utama untuk semua jenis kayu. Apabila material kayu sudah dikuasai oleh kawanan rayap, maka jangan harap daya tahannya akan berlangsung lama. 

Akan tetapi, serangan rayap tidak akan berlaku bagi kayu bengkirai. Mengapa demikian? Pasalnya, kayu bengkirai memiliki tekstur yang sangat keras sehingga tidak mudah ditembus oleh rayap. 

6. Dapat Mengurangi Risiko Terpeleset

dapat meminimalisir bahaya terpeleset

Tak sedikit orang yang cedera akibat terpeleset karena permukaan lantai licin. Umumnya, masalah tersebut sering terjadi pada jenis lantai keramik yang memang licin saat terkena air. Belum lagi dengan tekstur keramik yang cukup keras, sehingga dapat membahayakan keselamatan saat terbentur. 

Untuk meminimalisir risiko bahaya terpeleset, maka penggunaan decking bengkirai ini merupakan pilihan yang paling tepat. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tekstur permukaan decking bengkirai yang terasa kesat sehingga tidak licin. 

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika penggunaan decking bengkirai sering ditempatkan di area pinggiran kolam renang. 

7. Bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

Tak hanya untuk memperindah tampilan hunian rumah, ternyata penggunaan decking bengkirai juga bisa dijadikan investasi jangka panjang lho. Dengan menggunakan decking bengkirai, maka harga jual sebuah property akan meningkat dari harga awalnya. 

8. Menawarkan Harga yang Lebih Murah

Keunggulan berikutnya dari lantai kayu bengkirai yang harus anda ketahui, yakni menawarkan harga yang lebih murah. Hal itu terbukti, dimana harga decking bengkirai ini masih lebih murah ketimbang decking kayu merbau, decking kayu ulin, dan jeni decking lainnya. 

Sekian artikel tentang lantai kayu outdoor bengkirai, semoga dapat memberikan anda informasi dan pengetahuan.