Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Macam-macam Plafon rumah dan Kelebihan kekurangannya

 Plafon rumah- Bagian plafon merupakan hal yang  penting sebuah bangunan yang tidak boleh di lewatkan. karena bagian plafon mampu menahan udara panas dan dingin yang masuk melalui bagian atap rumah. apa jadinya jika sebuah rumah tanpa adanya plafon.

Plafon atau yang biasa kita sebut sebagai langit-langit bisa mempengaruhi cantiknya sebuah rumah. maka dari itu banyak sekali jenis atau ragam plafon rumah yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan rumah anda. anda tinggal pilih jenis plafon yang sesuai dengan desain rumah.

Mungkin anda hanya tahu jenis plafon triplek saja yang sudah banyak digunakan di indonesia, namun ada bahan plafon rumah lainnya yang bisa anda manfaatkan. jika anda ingin tahu? berikut ini akan saya jelaskan macam-macam plafon rumah serta kelebihan dan kekurangannya.

Macam-macam plafon rumah tersebut adalah:

  • Plafon gypsum
  • Plafon triplek
  • Plafon PVC
  • Plafon metal
  • Plafon asbes
  • Plafon GRC
  • Plafon anyaman bambu atau bilik
  • Plafon kayu

Plafon gypsum


Plafon gypsum adalah, plafon yang terbuat dari bahan sedimen bebatuan yang di olah menjadi plafon yang banyak digemari saat ini.
meskipun pilihan plafon sangat banyak, namun plafon gypsum bisa menjadi andalan untuk mempercantik rumah anda.

Plafon gypsum sangat laris dipasaran, melihat dari harganya yang sangat terjangkau untuk masyarakat indonesia.
adapun kelebihan dan kekurangan dari jenis plafon ini, akan tetapi tidak menghalangi para pecinta plafon gypsum.
apa saja kelebihan dan kekurangan dari jenis plafon gypsum ini.

Kelebihan plafon gypsum

Kelebihan dari plafon ini yaitu mulai dari harga yang bisa di bilang murah, jadi para pecinta plafon ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.
selain soal harga yang murah, masih ada kelebihan dari plafon gypsum, diantaranya:
  • Tampilan sangat menarik dan mewah
  • Bisa di desain bertingkat
  • Anti rayap
  • Tahan terhadap api
  • Perawatannya yang tidak sulit
  • Proses pemasangan tidak lambat
  • Motif yang sangat beragam

Kekurangan plafon gypsum

Kekurangan dari plafon ini sangat mudah hancur atau patah, jadi di harapkan jangan sampai terbentur benda yang keras.
tak hanya itu, plafon ini tidak tahan air. apabila genteng rumah anda bocor sudah pasti plafon gypsum akan kusam dan rusak.

Plafon triplek


Plafon triplek merupakan plafon yang sangat mudah ditemukan di material bahan bangunan, plafon ini memang di jual dengan harga yang murah, akan tetapi jika digunakan untuk menutupi plafon hasilnya akan terlihat bagus dan menarik.

Kelebihan plafon triplek diantaranya:

  • Kuat dan tahan lama
  • Harganya murah
  • Pemasangan yang mudah
  • Mudah ditemukan

Kekurangan dari plafon triplek

Kekurangan dari plafon ini walaupun tahan air, jika sering terkena air secara terus menerus triplek akan lembab dan hancur. maka dari itu diharapkan jangan sampai ada tetesan air yang mengenai plafon triplek.

Plafon PVC



PVC merupakan singkatan dari Polyvinyl Chloride, jenis plafon ini terbuat dari bahan yang biasanya digunakan untuk pipa air. namun proses pembuatan tersebut dibedakan ketika untuk pembuatan plafon.
bentuk plafon ini seperti plastik fleksibel.

Plafon PVC memiliki keunggulan yang berbeda dari jenis plafon lainnya, jenis plafon ini sudah jelas tahan terhadap rayap, sangat kuat dan tidak mudah pecah, dan bisa awet sampai puluhan tahun.

Sedangkan untuk kekurangannya hanya dari bahan utamanya yang berupa klorin, dan di anggap berbahaya bila sudah menjadi gas.

Plafon metal



Plafon metal merupakan plafon yang terbuat dari lempengan metal tipis yang di proses dengan cara di embos dan di cetak dalam berbagai motif.
plafon jenis ini termasuk plafon yang masuk dalam kategori plafon mewah, melihat dari harganya yang mahal. plafon ini menjadikan plafon yang akan memberikan kesan mewah pada sebuah bangunan.

Plafon metal memiliki kelebihan yang sudah diketahui banyak orang, yaitu tahan terhadap rayap, lebih kuat, dan memiliki motif ukiran yang berbeda-beda.

sedangkan untuk kekurangannya terbilang sedikit, yaitu pengerjaannya yang sangat sulit dan harga jualnya yang mahal.
akan tetapi bagi anda yang menggunakan plafon jenis ini, saya yakin anda akan puas dengan kemewahannya.

Plafon asbes



Plafon asbes atau yang biasa disebut plafon eternit memiliki kemiripan dengan plafon kayu, namun kalau berbicara kualitas jenis plafon ini mirip dengan plafon gypsum.

Jenis plafon asbes terbuat dari bahan asbestosis, sehingga anjuran pemerintah saat ini melarang untuk menggunakan jenis plafon asbes yang di anggap berbahaya bagi kesehatan. dan dapat mengganggu pernafasan sampai kanker.

Kelebihan dari jenis plafon ini adalah proses pengerjaan yang mudah, mudah di bongkar pasang, dan tahan air dan api.

Namun kekurangannya yaitu tidak baik bagi kesehatan, akan tetapi penampilan hasil pemasangan plafon asbes sangat terlihat bagus.

Plafon GRC



GRC merupakan singkatan dari Glassfiber Reinforced Cement, sesuai dengan namanya jenis plafon ini terbuat dari bahan campuran semen dan serat. jenis plafon ini sudah sangat banyak digunakan di kalangan masyarakat indonesia di perkampungan maupun di perkotaan.

Dari segi harga plafon jenis ini jelas sangat murah, maka dari itu jika anda sedang mencari plafon yang harganya murah saya rekomendasikan untuk menggunakan jenis plafon grc.

Kelebihan plafon grc, diantaranya sebagai berikut:
  • Bisa bertahan lama
  • Pemasangan bisa berjalan cepat
  • Tahan air dan anti rayap
  • Tidak membahayakan bagi kesehatan
Untuk kekurangannya, jenis plafon GRC di bilang sangat rumit ketika proses pemasangannya. pengerjaannya memang bisa cepat namun dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi.

Plafon anyaman bambu

Plafon jenis ini bisa dikatakan sudah banyak digunakan oleh orangtua kita jaman dulu, sebelum bermunculan plafon modern yang terbuat dari campuran bahan kimia.
orang jawa barat menyebut anyaman bambu adalah bilik, yang digunakan untuk membuat rumah panggung atau rumah yang banyak menggunakan material kayu dan bilik.

Saat ini plafon bambu banyak digunakan lagi untuk berbagai bangunan seperti rumah, rumah makan, bahkan kafe.
motif bilik saat ini memiliki motif yang unik, sehingga para pecinta bahan bambu kembali menggunakannya.

adapun kelebihan dari plafon bilik yaitu:
  •  Mudah di bentuk
  • Terlihat natural
  • Memiliki bobot yang ringan
  • harga jual yang murah
sedangkan untuk kekurangannya yaitu:
  • Mudah terbakar
  • Tidak tahan air

Plafon kayu



Plafon kayu yang biasa di sebut lumber ceiling, merupakan plafon yang terbuat dari bahan alami, yaitu kayu berkualitas tinggi.
plafon kayu merupakan penutup plafon pengganti gypsum maupun jenis plafon lainnya.

kayu yang di potong menjadi papan tipis merupakan kayu yang bisa awet tahan lama, papan kayu tersebut dari kayu kruing, kayu bengkirai, dan kayu agatis.
sehingga plafon yang menggunakan kayu di jamin akan awet dan tidak mudah rusak.

Kelebihan menggunakan plafon kayu yaitu, penmpilan plafon yang terlihat mewah dan natural. bahkan plafon kayu parquet tesebut bisa memberikan kesejukan dan kehangatan.

Saya rasa plafon kayu tidak memiliki kekurangan, karena kayu ini di desain khusus untuk plafon yang tahan rayap, dan tahan air.
jika anda ingin memiliki plafon yang bisa bertahan lama sampai puluhan tahun, saya rekomendasikan untuk menggunakan plafon kayu.

Informasi harga plafon, klik disini