Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Macam-macam Plafon rumah dan Kelebihan kekurangannya

Plafon rumah- Bagian plafon merupakan hal yang  penting sebuah bangunan yang tidak boleh di lewatkan. karena bagian plafon mampu menahan udara panas dan dingin yang masuk melalui bagian atap rumah. apa jadinya jika sebuah rumah tanpa adanya plafon.

Plafon atau yang biasa kita sebut sebagai langit-langit bisa mempengaruhi cantiknya sebuah rumah. maka dari itu banyak sekali jenis atau ragam plafon rumah yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan rumah anda. anda tinggal pilih jenis plafon yang sesuai dengan desain rumah

Mungkin anda hanya tahu jenis plafon triplek saja yang sudah banyak digunakan di indonesia, namun ada bahan plafon rumah lainnya yang bisa anda manfaatkan. jika anda ingin tahu? berikut akan kami jelaskan macam-macam plafon rumah serta kelebihan dan kekurangannya.

Beberapa jenis plafon Terbaik 

Plafon gypsum

plafon gypsum murah

Plafon gypsum adalah, plafon yang terbuat dari bahan sedimen bebatuan yang di olah menjadi plafon yang banyak digemari saat ini.

meskipun pilihan plafon sangat banyak, namun plafon gypsum bisa menjadi andalan untuk mempercantik rumah anda.

Plafon gypsum sangat laris dipasaran, melihat dari harganya yang sangat terjangkau untuk masyarakat indonesia. adapun kelebihan dan kekurangan dari jenis plafon ini, akan tetapi tidak menghalangi para pecinta plafon gypsum. apa saja kelebihan dan kekurangan dari jenis plafon gypsum ini : 

Kelebihan plafon gypsum

  • Tampilan sangat menarik dan mewah
  • Bisa di desain bertingkat
  • Anti rayap
  • Tahan terhadap api
  • Perawatannya yang tidak sulit
  • Proses pemasangan tidak lambat
  • Motif yang sangat beragam

Kekurangan plafon gypsum

Kekurangan dari plafon ini sangat mudah hancur atau patah, jadi di harapkan jangan sampai terbentur benda yang keras. Tidak hanya itu, plafon ini tidak tahan air. Apabila genteng rumah anda bocor sudah pasti plafon gypsum akan kusam dan rusak.

Plafon triplek



Plafon triplek merupakan plafon yang sangat mudah ditemukan di material bahan bangunan, Triplek terbuat dari papan pabrikan yang terbuat dari lapisan kayu veneer yang direkatkan hingga membentuk sebuah papan. 

Plafon Triplek ini memang di jual dengan harga yang murah, akan tetapi jika digunakan untuk menutupi plafon hasilnya akan terlihat bagus dan menarik.

Kelebihan plafon triplek diantaranya

  • Kuat dan tahan lama
  • Harganya murah
  • Pemasangan yang mudah
  • Mudah ditemukan

Kekurangan dari plafon triplek

Kekurangan dari plafon ini walaupun tahan air, jika sering terkena air secara terus menerus triplek akan lembab dan hancur. maka dari itu diharapkan jangan sampai ada tetesan air yang mengenai plafon triplek.

Plafon PVC


PVC merupakan singkatan dari Polyvinyl Chloride, jenis plafon ini terbuat dari bahan yang biasanya digunakan untuk pipa air. namun proses pembuatan tersebut dibedakan ketika untuk pembuatan plafon.
bentuk plafon ini seperti plastik fleksibel.

Plafon PVC memiliki keunggulan yang berbeda dari jenis plafon lainnya, berikut keunggulannya : 

Kelebihan plafon PVC diantaranya:

- Lentur dan Ringan
- Awet dan tahan Lama
- Pemasangan mudah
- Mudah dibersihkan

Kekurangan plafon PVC diantaranya:

Sedangkan untuk kekurangannya hanya dari bahan utamanya yang berupa klorin, dan di anggap berbahaya bila sudah menjadi gas.

Plafon GRC



GRC merupakan singkatan dari Glassfiber Reinforced Cement, sesuai dengan namanya jenis plafon ini terbuat dari bahan campuran semen dan serat. jenis plafon ini sudah sangat banyak digunakan di kalangan masyarakat indonesia di perkampungan maupun di perkotaan.

Dari segi harga plafon jenis ini jelas sangat murah, maka dari itu jika anda sedang mencari plafon yang harganya murah saya rekomendasikan untuk menggunakan jenis plafon grc.

Kelebihan plafon GRC diantaranya:

  • Bisa bertahan lama
  • Pemasangan bisa berjalan cepat
  • Tahan air dan anti rayap
  • Tidak membahayakan bagi kesehatan

Kelemahan plafon GRC diantaranya:

    Untuk kekurangannya, jenis plafon GRC di bilang sangat rumit ketika proses pemasangannya. pengerjaannya memang bisa cepat namun dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi.

    Plafon anyaman bambu

    Plafon jenis ini bisa dikatakan sudah banyak digunakan oleh orangtua kita jaman dulu, sebelum bermunculan plafon modern yang terbuat dari campuran bahan kimia.


    orang jawa barat menyebut anyaman bambu adalah bilik, yang digunakan untuk membuat rumah panggung atau rumah yang banyak menggunakan material kayu dan bilik.

    Saat ini plafon bambu banyak digunakan lagi untuk berbagai bangunan seperti rumah, rumah makan, bahkan kafe.
    motif bilik saat ini memiliki motif yang unik, sehingga para pecinta bahan bambu kembali menggunakannya.

    Kelebihan plafon Bambu diantaranya:

      • Mudah di bentuk
      • Terlihat natural
      • Memiliki bobot yang ringan
      • harga jual yang murah

      Kelemahan Plafon Bambu diantaranya : 

      Salah satu kelemahan dari plafon bambu ialah mudahnya terbakar, karena kita tahu bambu sangat mudah terbakar, maka dari itu untuk berhati hati jika menyalakan api didalam rumah dan kelemahan selanjutnya bambu tidak tahan air. 

      Plafon kayu

      plafon kayu

      Plafon kayu yang biasa di sebut lumber ceiling, merupakan plafon yang terbuat dari bahan alami, yaitu kayu berkualitas tinggi. plafon kayu merupakan penutup plafon pengganti gypsum maupun jenis plafon lainnya.

      kayu yang di potong menjadi papan tipis merupakan kayu yang bisa awet tahan lama, papan kayu tersebut dari kayu kruing, kayu bengkirai, dan kayu agatis. sehingga plafon yang menggunakan kayu di jamin akan awet dan tidak mudah rusak.

      Tentunya plafon kayu memiliki keunggulan dan kelemahannya, berikut beberapa keunggulan yang harus Anda ketahui : 

      Kelebihan plafon Kayu diantaranya:

      - Nilai keindahan dan estetika yang mewah
      - Memiliki kemampuan peredam suara
      - Sebagai pengatur
      - Proses pemasangan yang mudah

      Kelemahan plafon Kayu diantaranya:

      - Plafon kayu mudah dibakar

      Jadi, produk plafon mana yang akan Anda gunakan? tentunya gunakan plafon yang memiliki durabilitas yang tinggi, serta kualitas yang tidak mudah rusak agar Anda dapat menghemat pengeluar dan semakin hemat. 

      Demikian informasi yang bisa disampaikan, terimasih telah membaca artikel ini hingga tuntas.