Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Mengenal Lantai Kayu Laminated sebagai Pilihan alternatif

Laminated Kayu untuk tampilan rumah lebih artistik tanpa banyak mengeluarkan budget dan biaya perawatan

Terdapat banyak sekali cara mendekorasi rumah, dengan kemudahan mengakses internet kita bisa dengan mendapatkan ide-ide dan inspirasi yang bisa diterapkan untuk rumah kita, situs terbaik untuk mencari ide saat ini adalah pinterest, namun di artikel ini kita tidak akan membahas situs tersebut akan tetapi kita akan membahas lantai kayu laminated, salah satu material untuk mendekorasi rumah.

Macam-macam motif laminated kayu

Lantai kayu laminated adalah jenis lantai kayu yang dibuat dengan cara memanfaatkan serbuk kayu dan beberapa campuran bahan kimia lain yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi lembaran papan HDF ( High Density Fiber ) yang diatasnya lalu ditempelkan motif kayu, motif tersebut didapat dengan cara mencetak poto beresolusi tinggi. cara pemasangannya adalah di laminasi oleh karena itu disebut lantai kayu laminated.

Pemasangan lantai kayu laminated ini hanya mencakup area indoor saja, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. kelebihan lantai kayu laminated ini adalah memiliki fitur tahan air sehingga dapat ditempatkan di area yang sering terkena air seperti dapur ataupun kamar mandi, tetapi tidak semua laminated memiliki fitur tersebut, hanya merk-merk tertentu yang memiliki fitur tahan air.

baca juga : Harga Lantai Kayu Permeter 

Cara Perawatan dan Pemasangan

Cara perawatan Lantai kayu laminated ini sangat sederhana dan mudah dilakukan, cukup gunakan sapu ataupun penyedot debu untuk proses pembersihan sehari-hari, apabila diperlukan untuk mengepel maka gunakanlah lap yang tidak terlalu basah karena apabila lap tersebut basah maka kemungkinan laminated rusak akan lebih tinggi.

Untuk cara pemasangannya sendiri terbilang mudah, bahkan bisa dipasangkan oleh sendiri. pemasangan lamiated tidak memerlukan lem ataupun proses pengamplasan seperti yang dilakukan pada lantai kayu solid.

Pemasangan Lantai Laminated

Berikut ini adalah cara pemasangan lantai kayu laminated yang akan diringkas agar mudah dimengerti :
  • Pertama-tama adalah memasang polyfoam sebelum mmasang laminated, apa itu polyfoam ? ialah sejenis karpet busa yang tipis. tujuan memasang polyfoan adalah agar bagian bawah permukaan lantai kayu laminated tidak lembap
  • Kedua adalah pasangkan lembaran papan laminated satu persatu dengan sistem pengunci yang sudah tersedia dibagian sampinya. 
  • Ketiga adalah mengncangkan kuncian dengan menggunakan palu tetapi jangan langsung dihantam, gunakanlah papan kayu biasa sebagai perantara antara laminted dan palu.

Manfaat menggunakan lantai kayu laminated

Lantai kayu laminated bisa dikatakan sebagai pengganti lantai kayu solid (Lantai kayu asli). bagi anda yang ingin memiliki hunian dengan aksesoris lantai mirip kayu anda bisa menggunakan jenis lantai laminated ini.

Tak jauh dengan lantai kayu, lantai laminated banyak memiliki manfaat yang bisa anda dapatkan, diantaranya:

  • Tidak mudah mengerucut
Tidak seperti lantai kayu indoor apabila sering terkena sinar matahari mudah memuai, namun lantai kayu laminated sangat kuat tidak akan mengerucut atau memuai apabila terkena sinar matahari.
maka dari itu jika bangunan anda banyak menggunakan material kaca sangat cocok menggunakan jenis penutup lantai dari lantai kayu laminated.

  • Harganya yang terjangkau
Inilah yang menjadi keunggulan lantai kayu laminated, harganya yang terjangkau bisa anda miliki saat ini juga. harga lantai kayu laminated meskipun di bawah harga lantai kayu memiliki keistimewaan dan mampu memberikan kesan mewah bagi rumah anda.

  • Pemasangan yang mudah
Pemasangan yang mudah membuat waktu pemasangan lebih cepat, bahkan jika bisa mempraktekan caranya dengan benar anda bisa memasangnya sendiri.
jenis ini sangat cocok bagi anda yang ingin memasang lantai mirip kayu dengan waktu yang sangat cepat, seperti pusat berbelanja yang selalu dikunjungi banyak orang dan tidak ingin berlama-lama mengganggu para pengunjung.

  • Ramah lingkungan
Bahan utama lantai kayu laminated adalah serbuk kayu, serbuk kayu merupakan bahan yang alami yang di ambil dari sisa potongan kayu. sehingga jenis lantai ini bisa di katakan aman alias tidak berbahaya.

Jenis-jenis lantai kayu laminated yang bisa anda gunakan

Sebenarnya banyak jenis lantai kayu laminated yang di jual dipasaran, namun untuk saat ini saya akan menjelaskan dua jenis saja yang sudah saya anggap sebagai lantai kayu laminated yang sudah teruji keawetannya dan kemewahannya. yaitu laminated kendo dan laminated golden crown.
dua jenis laminated ini menjadi laminated terlaris dipasaran.

informasi laminated kendo





Nama : Flooring Kendo

Jenis : laminated

HDF Coklat & AC-4 yang merupakan kualitas terbaik saat ini

asal produk : Import Malaysia

Ukuran : Tebal 0,8 x 19,5 x 121,5 cm /pcs

Per box : 1,9 /m²


Informasi laminated golden crown




nama brand : Golden Crown

Jenis lantai : Laminated

HDF Coklat & AC-4 yang merupakan kualitas terbaik saat ini

Ukuran : Tebal 0,8 x 19,5 x 121,5 cm /pcs

Per box : 1,9 /m²


Mungkin anda bertanya-tanya apa yang dimaksud HDF coklat dan AC-4 pada keterangan di atas. HDF merupakan singkatan dari high density fiberboards yang bisa di artikan bahan dasar laminated terbuat dari serbuk kayu. yang sudah saya sebutkan pada awal paragraf di atas.

Kemuadian yang dimaksud AC-4 adalah anti gores yang digunakan pada lantai laminated tersebut. sebenarnya ada beberapa anti gores selain AC-4, ada AC 1-2 dan AC 3. namun kedua jenis anti gores tersebut sudah tidak di produksi lagi, apabila ada yang menjual dua jenis tersebut dipasaran mungkin itu hanya sisa stok di toko yang belum terjual.

Untuk saat ini AC 4 menjadi anti gores yang sudah terbukti bisa bertahan lama sampai puluhan tahun.

Baca selengkapnya lantai kayu vinyl