Fashion Blog

Lantai Kayu Laminated, Pilihan Cerdas Pengganti Parket Solid

lantai kayu laminated

lantai kayu laminated - Setiap jenis material lantai tentunya memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari bentuk, tekstur, warna, corak atau motif, daya tahan, hingga harga. 

Begitu pun pada lantai kayu laminated yang mempunyai karakteristik berbeda dengan jenis material lantai lainnya. 

Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar lantai kayu laminated, yuk simak langsung ulasannya di bawah ini. 

Mengenal Lantai Kayu Laminated

Lantai laminated adalah jenis lantai kayu sintetis yang terbuat dari bahan serbuk kayu dan beberapa campuran bahan kimia lain.

Mengenal Lantai Kayu Laminated

Semua bahan tersebut diproses sedemikian rupa sehingga menjadi lembaran papan HDF (High Density Fiber) yang diatasnya lalu ditempelkan motif kayu.

Motif ini didapat dengan cara mencetak poto beresolusi tinggi, kemudian di laminasi. Oleh karena itu disebut lantai kayu laminated.

Pemasangan lantai kayu laminated ini hanya mencakup area indoor saja, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. 

Kelebihan lantai kayu laminated ini adalah memiliki fitur tahan air sehingga dapat ditempatkan di area yang sering terkena air seperti dapur ataupun kamar mandi.

Akan tetapi, tidak semua laminated memiliki fitur tersebut, hanya merk-merk tertentu yang memiliki fitur tahan air.
baca juga: Berbagai Tipe Stiker Lantai Motif Kayu Untuk Rumah

Cara Perawatan dan Pemasangan

Cara perawatan Lantai kayu laminated ini sangat sederhana dan mudah dilakukan, cukup gunakan sapu ataupun penyedot debu untuk proses pembersihan sehari-hari.

Apabila diperlukan untuk mengepel, maka gunakanlah lap yang tidak terlalu basah karena apabila lap tersebut basah maka kemungkinan laminated rusak akan lebih tinggi.

Untuk cara pemasangannya sendiri terbilang mudah, bahkan bisa dipasangkan oleh sendiri. pemasangan lamiated tidak memerlukan lem ataupun proses pengamplasan seperti yang dilakukan pada lantai kayu solid.

pemasangan laminated kayu
Pemasangan Lantai Laminated

Berikut ini adalah cara pemasangan lantai kayu laminated yang akan diringkas agar mudah dimengerti :
  • Pertama-tama adalah memasang polyfoam sebelum mmasang laminated, apa itu polyfoam ? ialah sejenis karpet busa yang tipis. tujuan memasang polyfoan adalah agar bagian bawah permukaan lantai kayu laminated tidak lembap
  • Kedua adalah pasangkan lembaran papan laminated satu persatu dengan sistem pengunci yang sudah tersedia dibagian sampinya. 
  • Ketiga adalah mengncangkan kuncian dengan menggunakan palu tetapi jangan langsung dihantam, gunakanlah papan kayu biasa sebagai perantara antara laminted dan palu.

Manfaat Menggunakan Lantai Kayu Laminated

Manfaat Menggunakan Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu laminated bisa dikatakan sebagai pengganti lantai kayu solid (Lantai kayu asli). 

Bagi anda yang ingin memiliki hunian dengan aksesoris lantai mirip kayu asli, anda bisa menggunakan jenis lantai laminated ini.

Tak jauh dengan lantai kayu solid, lantai laminated banyak memiliki manfaat yang bisa anda dapatkan, diantaranya:
  • Tidak mudah mengerucut
Tidak seperti lantai kayu indoor apabila sering terkena sinar matahari mudah memuai, namun lantai kayu laminated sangat kuat tidak akan mengerucut atau memuai apabila terkena sinar matahari.

Maka dari itu, jika bangunan anda banyak menggunakan material kaca sangat cocok menggunakan jenis penutup lantai dari lantai kayu laminated.
  • Harganya yang terjangkau
Inilah yang menjadi keunggulan lantai kayu laminated, harganya yang terjangkau bisa anda miliki saat ini juga. 

Harga lantai kayu laminated meskipun di bawah harga lantai kayu memiliki keistimewaan dan mampu memberikan kesan mewah bagi rumah anda.
  • Pemasangan yang mudah
Pemasangan yang mudah membuat waktu pemasangan lebih cepat, bahkan jika bisa mempraktekan caranya dengan benar anda bisa memasangnya sendiri.

Jenis ini sangat cocok bagi anda yang ingin memasang lantai mirip kayu dengan waktu yang sangat cepat, seperti pusat berbelanja yang selalu dikunjungi banyak orang dan tidak ingin berlama-lama mengganggu para pengunjung.
  • Ramah lingkungan
Bahan utama lantai kayu laminated adalah serbuk kayu, serbuk kayu merupakan bahan yang alami yang di ambil dari sisa potongan kayu. sehingga jenis lantai ini bisa di katakan aman alias tidak berbahaya.

Rekomendasi Merk Lantai Laminated Terbaik

Sebenarnya ada banyak sekali merk lantai kayu laminated yang tersedia dipasaran. 

Akan tetapi, Kendo dan Golden Crown menjadi beberapa merk lantai kayu terbaik dan terlaris dipasaran. 

1. Lantai Laminated Merk kendo

Lantai Laminated Merk kendo

  • Nama : Flooring Kendo
  • Jenis : laminated
  • HDF Coklat & AC-4 yang merupakan kualitas terbaik saat ini
  • asal produk : Import Malaysia
  • Ukuran : Tebal 0,8 x 19,5 x 121,5 cm /pcs
  • Per box : 1,9 /m²

2. Lantai Laminated Merk Golden Crown

Lantai Laminated Merk Golden Crown

  • nama brand : Golden Crown
  • Jenis lantai : Laminated
  • HDF Coklat & AC-4 yang merupakan kualitas terbaik saat ini
  • Ukuran : Tebal 0,8 x 19,5 x 121,5 cm /pcs
  • Per box : 1,9 /m²

Mungkin anda bertanya-tanya apa yang dimaksud HDF coklat dan AC-4 pada keterangan di atas. 

HDF merupakan singkatan dari high density fiberboards yang bisa di artikan bahan dasar laminated terbuat dari serbuk kayu. yang sudah saya sebutkan pada awal paragraf di atas.

Kemudian yang dimaksud AC-4 adalah anti gores yang digunakan pada lantai laminated tersebut. 

Sebenarnya ada beberapa anti gores selain AC-4, ada AC 1-2 dan AC 3. Namun, kedua jenis anti gores tersebut sudah tidak di produksi lagi.

Untuk info lebih jelasnya lagi mengenai produk lantai kayu laminated, segera hubungi marketing kami ada nomor: 0812-2042-004 (Rohimat)