Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Jenis Lantai Kayu untuk Kamar Mandi

Lantai Kayu untuk Kamar Mandi - Di dalam sebuah rumah pasti akan terdapat kamar mandi karena area itu merupakan salah satu area yang paling penting yang harus ada pada sebuah hunian.

Di artikel ini kita tidak akan membahas dulu fungsi tentang kamar mandi, melainkan cara untuk mendekorasi kamar mandi menggunakan lantai kayu.

Kamar mandi merupakan bagian yang paling utama untuk diperhatikan, karena kebanyakan kamar mandi itu lantainya sangat licin, sehingga berbahaya untuk keluarga. 

Apalagi kalau ada orang tua yang sudah usia lanjut jangan sampai masuk kamar mandi sendirian. dikhawatirkan terpeleset di dalam kamar mandi yang bisa menimbulkan struk.

Sehingga diperlukan material yang bukan hanya tidak licin, tetapi juga sangat nyaman digunakan. 

Salah satu Material tersebut adalah lantai kayu

jenis lantai kayu terbaik untuk kamar mandi
Decking di Kamar Mandi

   Seperti yang kita ketahui bersama, Lantai kayu adalah salah satu material penutup lantai yang berbahan dasar kayu.

Akan tetapi bukan berarti ia tidak tahan terhadap air,...

Terdapat jenis lantai kayu yang memiliki fitur tahan air sehingga bisa ditempatkan untuk menjadikan kamar mandi.

Lantai kamar mandi akan aman dan tidak licin jika telah menggunakan lantai kayu, meskipun sering terkena air sabun, material lantai tidak akan rusak dan rapuh. ini solusi yang sangat tepat untuk menjaga keluarga di dalam kamar mandi, jadi ketika orangtua masuk kamar mandi tidak perlu di antar lagi karena takut terpeleset.

Jenis Lantai Kayu Yang Cocok Untuk Kamar Mandi

lantai kayu mandi kamar
Lantai Kayu Kamar Mandi

Bagi anda yang ingin mencari lantai kayu untuk kamar mandi, perlu dikatahui bahwa tidak semua jenis lantai kayu bisa digunakan di kamar mandi. Hanya beberapa jenis saja yaitu :

Kamar mandi adalah area dengan intensitas terkena air yang tinggi, penggunaan lantai kayu parket indoor tidak kami sarankan.

Kami menyarankan anda untuk menggunakan Decking kayu. Karena Decking kayu memang didesain untuk ditempatkan di area yang basah seperti luar ruangan dan kamar mandi.

Kenapa menggunakan Decking kayu ?

  1. Decking kayu memiliki fitur anti slip. Yaitu fitur untuk mengurangi licin pada permukaan lantai kayu sehingga cocok digunakan di area lembab
  2. Decking kayu dipasang dengan rongga kosong di area bawah decking serta antara decking dan decking. Hal ini dimaksudkan agar air tidak tergenang pada lantai dan mengurangi licin juga sebagai tempat maui susut lantai kayu.
  3. Decking kayu di pasang dengan menggunakan skrup. Karena jika menggunakan lem, bisa mengelupas

lantai kayu decking outdoor
Macam-macam Decking Lantai Kayu Outdoor  

Berikut Decking kayu untuk kamar mandi :

Decking kayu Ulin

kayu Ulin merupakan jenis kayu yang memiliki sipat tahan perubahan cuaca baik di area lembab dan juga area panas. Kayu Ulin juga dinilai bila semakin banyak terkena air, maka kayu Ulin ini akan semakin keras, sehingga sangat cocok untuk dijadikan lantai kayu kamar mandi.

Dan tidak ada jenis kayu lain yang bisa lebih kami rekomendasikan selain Decking kayu Ulin ini.

hanya saja Decking kayu Ulin ini memiliki harga yang terbilang cukup mahal sehingga kadang ingin melihat alternatif lain yang bisa di pilih

Decking kayu Bengkirai

Sebagai alternatif pengganti Decking kayu Ulin, ada decking kayu bengkirai yang memiliki harga yang jauh lebih terjangkau namun untuk tingkat kekerasan hampir setara dengan kayu Ulin.

Kayu Bengkirai ini dikenal dengan tingkat kerasnya yang tinggi meskipun memiliki tingkat awet dan kuat menengah sehingga jika terkena air terus menerus jenis kayu ini akan memaui dan menyusut. Oleh sebab itu kami sarankan untuk memasangnya dengan sangat kokoh.

Decking kayu Merbau

Jenis kayu satu ini memiliki tingkat mau susut yang lebih rendah dibandingkan kayu Bengkirai sehingga akan lebih aman dan lebih awet terpasang pada kamar mandi. 

Kayu Merbau juga memiliki tingkat awet dan kuat yang tinggi bahkan lebih tinggi dari kayu Bengkirai atau Jati sehingga sangat bagus untuk diterapkan di area lembab.

Namun yang menjadi kelemahan dari kayu Merbau ini, untuk pemakaian bulan pertama, Decking dari kayu merbau akan mengeluarkan cairan berwarna merah yang jika terkena pada benda lain apalagi kain akan sangat sulit di hilangkan.

Untuk menghilangkan cairan merah pada kayu merbau ini dibutuhkan waktu yang lumayan lama, bisa satu bulan hingga 3 bulan tergantung seringnya kayu merbau ini terkena air.

Untuk info harga decking kayu buka : harga Lantai kayu outdoor untuk kolam renang dan taman

Plafon Kayu Lambersering Untuk Kamar Mandi

lumbershiring kayu untuk kamar mandi
Plafond Kayu | Lumberceiling

lumber ceilling merupakan jenis poduk olahan kayu yang bisa meningkatkan keindahan pada hunian. Termasuk untuk kamar mandi. Selain meningkatkan keindahan, penggunaan plafon kayu juga sangta bagus unutk memberikan kehangatan pada ruangan,

Untuk pemasangan plafond kayu bisa di bagian langit-langit ataupun bagian tekstur dinding. Jenis kayu untuk plafond ini adalah kayu agathis, merbau, bengkirai dan keruing. 

Penggunaan Plafon kayu lambersering ini sangat cocok untuk kamar mandi pada penginapan seperti Hotel dan Villa karena bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk info harga Plafon kayu lambersering buka : harga plafon kayu lambersering

Ada beberapa keuntungan memakai produk lantai kayu di area kamar mandi antara lain membuat tampilan kamar mandi anda terlihat lebih elegan dan tidak monoton sehingga tidak membosankan apabila saat berada di dalam kamar mandi.

Jadi tunggu apalagi ? ayoo buat kamar mandi anda terlihat lebih modis dan elegan dengan Lantai Kayu.

baca juga artikel Rekomendasi Lantai Kayu Murah Untuk hunian Istimewa

harga decking kayu memang lumayan mahal, karena jenis lantai kayu ini memiliki kelebihan yang luar biasa. beda dengan lantai kayu parket yang sangat sensitif terhadap air, malahan gak boleh sampai terkena air secara berlebihan.

Maka dari itu decking kayu ini digunakan untuk kamar mandi, yang setiap harinya tersiram oleh air.
banyak decking kayu digunakan juga sebagai pagar rumah, karena motif kayu dan kekuatan kayu tersebut sangat bagus.

pagar rumah yang menggunakan jenis decking kayu terlihat lebih unik, karena yang biasanya digunakan untuk pagar adalah besi. kali ini menggunakan kayu yang hasilnya sangat bagus.

Jenis Lantai Kayu untuk Kamar Mandi