Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Pilih Plafon PVC Atau Plafon Lambersering?

Pentingnya Untuk Menentukan Jenis Plafon

plafon pvc vs lambersering

Tentu ada beragam cara yang dapat kita lakukan untuk mempermanis tampilan rumah. Ya, salah satunya dengan penggunaan plafon yang berfungsi sebagai pembatas antara bagian atas suatu ruang dan atap. Bukan hanya itu, plafon tersebut juga untuk menyembunyikan kabel listrik dan pipa saluran air agar tampilannya tampak terlihat lebih rapi.

Perlu anda ketahui, bahwa plafon terdiri dari beragam jenis material yang masing-masingnya memiliki keunggulan dan kekurangan berbeda-beda. Mulai dari plafon berbahan kayu lambersering, triplek, PVC, gypsum, eternit, GRC, dan lain sebagainya. 

Baca Juga : Harga Papan Kayu Untuk Tangga

Dari sekian banyaknya jenis material plafon yang ada, namun pada kesempatan kali ini hanya akan membahas dua jenis plafon saja yakni plafon PVC dan plafon lambersering. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai kedua jenis plafon tersebut, mari kita simak saja langsung ulasan dibawah ini. 

Definisi Material Plafon PVC

Istilah PVC merupakan singkatan dari Polyvynil Chloride, dimana ia merupakan material sejenis polimer yang sering dijadikan bahan untuk pembuatan pipa paralon. Ciri khas dari material PVC itu sendiri memiliki tekstur yang cukup lentur dan elastis. 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini material PVC pun bisa digunakan untuk beragam property seperti kusen, pintu, jendela, plafon, dan lain sebagainya. 

Beberapa Fakta Menarik Seputar Plafon PVC

1. Keunggulan Plafon PVC

keunggulan plafon pvc

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa material plafon PVC memiliki tekstur yang elastis dan lentur. Itu artinya, bahan plafon PVC tersebut mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Bahkan, plafon PVC juga memiliki bobot ringan yang dapat memudahkan proses pemasangan.

Daya tahan yang begitu baik pada plafon PVC bukan isapan jempol belaka, mengingat karakternya yang memang tahan terhadap pelapukan maupun korosi akibat adanya perubahan cuaca. Tak hanya itu, plafon PVC juga mengusung sistem knock-down sehingga membuatnya mudah dibongkar pasang. 

Masih belum habis, bahkan plafon yang berbahan PVC ini sudah terbukti tahan banting dan anti rayap lho. Bahkan yang lebih menariknya lagi, plafon PVC sudah diberi finishing warna serta motif yang bervariasi. 

2. Warna Lem Perekat

lem plafon pvc

Selain warna dari plafonnya, anda juga harus memperhatikan warna lem perekatnya. Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk memilih lem yang warnanya cerah. Mengapa demikian? Ya, sebab lem perekat tersebut akan mudah belepotan.

Terlebih jika anda menggunakan jenis lem aibon, dimana bercaknya bisa dengan mudah tertinggal pada plafon PVC. Apabila anda memilih lem yang berwarna gelap, maka langit-langit rumah akan tampak terkesan kotor dan jorok.

Untuk anda yang sedang mencari produk lem lantai kayu parket, silahkan hubungi nomor (021) 539 7273 / 0812 2042 004

3. Pemasangan Tidak Boleh Asal-asalan

pemasangan plafon pvc

Kendati pada proses instalasinya terbilang cukup mudah, namun bukan berarti juga bahwa anda bisa memasang plafon PVC ini dengan asal-asalan lho. Dengan kata lain, pemasangan plafon PVC harus tetap rapi dan sesuai ukuran. 

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat pola sambungan plafon PVC bisa terlihat dengan jelas. Jika pemasangannya tidak rapi, secara otomatis hal itu akan merusak tampilan rumah anda. Maka dari itu, pemasangan plafon PVC harus benar-benar dilakukan secara teliti. 

Untuk tahap pemasangannya, lakukanlah secara bertahap kemudian perhatikan juga tingkat kerapatan serta jarak antara lembaran plafon PVC yang satu dengan lembaran yang lainnya. Lakukan cara yang sama saat proses pemasangan list plafon PVC.

Apabila pemasangannya tidak rapat, maka akan terdapat rongga-rongga pada sambungannya sehingga debu dan kotoran akan mudah masuk kedalam rumah. Bahkan, tetesan air hujan juga bisa merembes melalui rongga-rongga tersebut sehingga akan memicu kebocoran. 

Setelah mengulas seluk beluk seputar plafon PVC, mari kita berlanjut ke pembahasan plafon lambersering. 

Pengertian Plafon Lambersering

Jika plafon PVC terbuat dari bahan sejenis polimer thermoplastik, maka plafon lambersering ini terbuat dari bahan kayu solid alias kayu asli. Selain dapat memberikan nuansa yang nyaman dan hangat, penggunaan plafon lambersering ini juga tentunya dapat memperindah tampilan ruma anda. 

Jenis-jenis Plafon Lambersering

1. Plafon Kayu Jati

lambersering jati

Dalam industri perkayuan, kualitas pada kayu jati memang yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Bahkan, pola serat kayu jati pun lebih indah dibanding jenis kayu lainnya lho. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika harga plafon kayu jati cenderung mahal. 

Meski dibanderol mahal, namun hal itu sangat sebanding dengan tingkat kekuatan dan keindahan yang dimiliki plafon kayu jati. 

Akan tetapi, kualitas dan harga plafon kayu jati ini tidaklah semuanya sama lho. Pasalnya, harga dan kualitas plafon kayu jati akan dibedakan lagi berdasarkan kelasnya.

2. Plafon Kayu Merbau

plafon merbau

Merbau merupakan salah satu jenis pohon asli Indonesia, dimana batang kayunya kerap digunakan untuk berbagai industri perkayuan. Ya, salah satunya adalah plafon lambersering. Ciri khas dari plafon kayu merbau ini tampil dengan warna cokelat kemerahan serta pola seratnya yang lurus. Baca selengkapnya...

3. Plafon Kayu Bengkirai

plafon bengkirai

Ciri khas dari kayu bengkirai adalah tampilan warnanya yang cenderung kuning kecoklatan, sehingga ia kerap dijuluki dengan istilah "yellow balau". Bukan hanya itu, kayu bengkirai juga terkenal dengan tingkat kekerasan da ketahannya yang begitu baik. 

Itu sebabnya, mengapa kayu bengkirai sangat cocok dijadikan bahan baku untuk lantai kayu maupun plafon lembersering. Baca selengkapnya...

4. Jenis pafon Kayu Lainnya

penggunaan plafon

Selain ketiga jenis diatas tadi, masih ada lagi jenis plafon kayu lainnya yang jangan sampai anda lewatkan seperti, plafon kayu keruing, plafon kayu damar (agathis), plafon kayu ulin, plafon kayu kumea, dan plafon kayu komala. 

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui kelengkapan informasi seputar property rumah berbahan kayu, silahkan hubungi nomor (021) 539 7273 atau chat via WhatsApp

Keunggulan dan Kekurangan Plafon Lambersering

Keunggulan

  • Keunggulan pertama dari penggunaan plafon lambersering yang harus anda ketahui, yakni dapat menyuguhkan nuansa natural. Hasilnya, suasana dalam rumah pun akan terasa lebih nyaman, hangat, dan bersahabat. Menariknya lagi, ternyata pola dan model plafon lambersering ini bisa dipilih sesuai selera lho. 
  • Tak hanya menyuguhkan tampilan yang natural dan elegan, proses pemasangan plafon lambersering juga tergolong cukup mudah. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pada setiap lempengan plafon lambersering sudah dibekali dengan profile alur dan lidah. 
  • Menurut informasi yang didapat, plafon lambersering ini memiliki kemampuan yang dapat meredam suara bising dari arah luar. Tentu saja plafon lambersering sangat cocok bagi anda yang rumahnya berada di pinggir jalan raya.
  • Keunggulan berikutnya dari penggunaan plafon lambersering, yakni dapat meredam suhu. Ya, ketika musim panas, maka plafon lambersering dapat menyerap panas sehingga suhu dalam ruangan akan tetap sejuk. Begitu pun sebaliknya, yang mana plafon lambersering dapat menciptakan suhu hangat pada saat musim dingin tiba.

Kekurangan

  • Berpotensi terjadi pelapukan akibat adanya jamur
  • Membutuhkan perawatan khusus
  • Tidak tahan api
  • Harga yang relatif mahal