Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Perbedaan Kayu Merbau Papua dan Kayu Merbau Kalimantan

Kayu Merbau Merupakan, kayu yang terkenal dengan kelebihannya yang sangat tinggi, kayu jenis ini sering digunakan untuk beberapa material kontruksi, bahkan sering digunakan untuk material furniture seperti, Meja, Rak TV dan ukiran lainnya.

Kayu Merbau sendiri merupakan pohon yang berasal dari luar daerah pulau jawa, Seperti Kalimantan dan Papua, bahkan ada yang dari maluku, nama lain dari Kayu merbau ialah Ipil yang merupakan anggota dari suku Fabaceae. 



Karakteristik Umum Kayu Merbau

Kayu merbau pada umumnya mempunayi beragam karakteristik, sehingga sangat ideal digunakan untuk memenuhi beragam kebutuhan bidang konstruksi. Adapun mengenai beberapa karakteristik umum pada kayu merbau seperti berikut :

  • Warna kayu pada bagian kayu teras dan kayu gubal

Bagian kayu teras mempunyai warna kelabu cokelat atau kuning, cokelat merah cerah, hingga hampir menyerupai warna hitam. Sedangkan bagian gubalnya mengusung warna kuning pucat sampai kuning muda.

  • Tekstur Kayu Merbau

Dari segi tekstur, kayu ini terasa cukup kasar dan memiliki permukaan yang licin saat diraba.

  • Pola Serat

Kayu merbau pada umumnya memiliki pola serat berbentuk lurus.

  • Tingkat Kekerasan

Seperti halnya jenis kayu ulin, kayu merbau juga termasuk kedalam jenis kayu yang keras.

  • Daya Tahan Kayu Merbau

Sejatinya kayu merbau adalah jenis kayu yang tropis karena mempunyai durabilitas tinggi, serta tahan terhadap serangan jamur pelapuk dan rayap kayu kering. Dengan demikian, maka tak heran jika kayu merbau ini termasuk kedalam kayu kelas awet I dan II dan kelas kuat I - II.

  • Tingkat Penyusutan

Menurut informasi yang didapat, kayu merbau mempunyai tingkat penyusutan yang rendah. Bukan hanya itu, tingkat keretakan pada kayu merbau juga terbilang cukup rendah lho. Apalagi sesudah melalui proses pengeringan, dimana kualitas pada kayu merbau ini semakin mumpuni. 

  • Proses Pengerjaan Kayu

Mengingat tekstur kayu merbau sangat keras, maka tak heran juga jika tingkat kesulitan pada proses pengerjaannya cukup tinggi. Kendati demikian, kayu merbau ini masih tetap menjadi andalan untuk memenuhi berbagai kebutuhan konstruksi maupun properti.

Pohon merbau itu sendiri bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 50 meter, Jenis kayu ini merupakan jenis kayu yang memiliki tingkat keras yang tinggi, bahkan di Papua kayu merbau sering di sebut sebagai Kayu besi. 

walaupun kayu merbau tumbuh di papua dan kalimantan, pohon merbau tetaplah sama. 

Namun, walaupun sama jenisnya.  Pohon merbau papua dan kalimantan memiliki berapa ciri-ciri yang berbeda, dari mulai motif seratnya sampai warnanya.

dengan Perbedaan tersebut, tentunya Merbau papua dan kalimantan memiliki keunggulannya masing-masing, hingga perihal soal harganyapun berbeda

berikut informasi mengenai Kayu merbau papua dan kalimantan yang wajib Anda ketahui :

Mengenal Kayu Merbau Papua dan Kalimantan

Kayu merbau papua dan kayu merbau kalimantan, memiliki tingkat kekerasan dan tingkat kekutan yang hampir sama, Dengan tingkat keras I dan II, karena memiliki bibit yang sama, melainkan berbeda daerah tanamnya saja. 

Namun, perbedaan daerah yang memiliki suhu dan tingkat kelembapan tanah yang berbeda, membuat warna dari jenis kayu merbau papua dan kalimantan cukup berebeda. simak berikut Penjelasan dari merbau Papua dan Kalimantan. Simak selengkapnya : 

Merbau Papua 

Pohon Merbau Papua merupakan primadona diwilayahnya, karena masyarakat orang papua, Mengenal kayu merbau dengan sebutan pohon besi, pohon pas, pohon sekka, dan pohon kwila.

Intensitas penebangan di papua cukup tinggi yang membuat populasinya semakin berkurang. jenis pohon ini memiliki nama yang beragam di setiap tempatnya, seperti di papua nugini sering disebut dengan kwila seperti yang tadi kami sebutkan.

berdasarkan beberapa kajian ilmiah, bahwa merbau papua dewasa memiliki tinggi mencapai 7 hingga 40 meter dengan pertumbuhan yang cukup besar yaitu sebesar 1,5 meter pertahunnya. merbau memiliki pertumbuhan yang lambat dan memasuki masa dewasa setelah berumur 75 tahun dan 80 tahun. Hampir sama dengan Merbau kalimantan, simak berikut ini : 

Merbau kalimantan 

Sedangkan pohon merbau kalimantan terkenal dengan nama Pohon alai, Pohon anglai, Pohon ipil, Pohon jumelai, dan Pohon maharau. 

Pohon Merbau Kalimantan memiliki Pertumbuhan yang sedang hingga besar, tnigginya bisa mencapai 50 meter berbeda dengan Pohon merbau papua yang hanya sekitar 40 meter.

Seperti pohon merbau papua, Merbau kalimantan menjadi sedikit lebih langka dikarenakan penebangan yang terus menerus membuat populasinya semakin menurun. 

Karena memiliki keunggulan yang berasal dari pohon merbau ini, membuat tingkat ketertarikannya semakin tinggi, Apa saja sih yang membuat merbau menjadi langka,  simak berikut Kelebihan dari Kayu merbau Papua dan Kalimantan.

Baca Infromasi Mengenai Harga Lantai Kayu 

Kelebihan Kayu merbau Papua dan kalimantan 

Kayu merbau Papua 

  • Warna coklat kemerahan yang lebih gelap 
  • Serat yang lurus dan padat 
  • Memiliki harga yang lebih Mahal 
  • Memiliki tingkat Awet yang tinggi 
  • Tingkat keras yang tinggi 

Kayu Merbau Kalimantan 

  • Serat lurus dan lebih lebar seperti Batok kelapa 
  • Memiliki warna merah kecoklatan yang lebih cerah 
  • Harga yang lebih terjangkau 
  • Tingkat Awet yang tinggi 
  • Memiliki tingkat Keras yang tinggi 

Mungkin jika dibandingkan, tidak ada hal yang lebih signifikat, karena kayu merbau papua dan kalimantan bertumbuh dari bibit yang sama, dan memiliki tingkat keras yang sama. mungkin, perbandingan hanya lebih perihal warna dan Harga 

Jika berada disatu daerah, daerah tersebut memiliki harga yang berbeda beda, mengikuti keberadaan pertumbuhan pohon itu , mari simak perbedaan berikut ini :

Perbandingan Kayu merbau Papua dan Kalimantan 

Kayu merbau papua dan merbau Kalimantan memiliki karakteristik yang sama. Namun, bisa dibedakan dalam segi warna dan seratnya saja. Kayu merbau Papua memiliki serat yang sangat padat dan lurus, dengan warna merah kecoklatan, dengan tingkat keras yang cukup tinggi, bagaimana tidak cukup tinggi, bahwa kayu merbau papua sering dikenal dengan sebutan kayu besi. 

Berbeda dengan Kayu merbau kalimantan, jenis kayu ini memiliki serat lurus dengan warna coklat kemerahan yang cerah, dan tingkat keras dan tinggi yang sama dengan kayu merbau papua. 

Tidak hanya itu, perbandinganya di bedakan oleh nilai dari segi harganya, bahwa kayu merbau papua lebih mahal dibanding merbau kalimantan, karena merbau papua memiliki warna ygn lebih tegas dan lebih estetik, maklum saja jika harganya cukup tinggi.

Gambar dibawah ini adalah beberapa proyek yang sudah Kami proses, menggunakan Kayu Merbau 

Begitulah perbedaan antara merbau papua dan kalimantan, walaupun tidak ada perbedaan yang cukup signifikan namun, perihal nilai estetikanya merbau Papua dan Kalimantan sama-sama mempunyai nilai visual yang indah, cocok sekali untuk beberapa interior hunian rumah seperti Lantai indoor dan outdoor.  

Selamat menikmati hunian dengan Lantai kayu terbaik, di Rumah Parket .