Fashion Blog

Berikut 3 Jenis rumput Sintetis yang Paling Banyak Dicari

Jenis rumput sintetis

Jenis rumput sintetis – Sudah bukan rahasia lagi, bahwa keberadaan material-material sintetis sangat membantu untuk menghemat biaya.

Bagaimana tidak? Sebab material sintetis menawarkan harga yang jauh lebih murah ketimbang material alami. Ya, seperti halnya rumput sintetis yang harganya lebih murah dari rumput asli.                    

Kabarnya, Material rumput sintetis terbagi kedalam beberapa jenis material yang berbeda, yakni bahan nilon, polyethylene, monofillament, dan polypropylene.

Tak hanya berbeda dari segi material, ternyata rumput sintetis juga terdiri lagi kedalam beberapa tipe yang berbeda lho.                        

Nah, buat kamu yang ingin tahu seputar jenis-jenis rumput sintetis, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Rumput Sintetis

1. Rumput Sintetis Jepang

Jenis rumput sintetis Jepang terbuat dari bahan monofillament yang ukuran tingginya mencapai sekitar 20 mm. 

Rumput Sintetis Jepang

Jika dilihat dari tampilan fisiknya, tipe rumput Sintetis Jepang ini adalah yang paling mirip dengan rumput asli. Selain mirip dari segi fisik, bahkan kemiripan mereka juga terlihat dari warna dan teksturnya. 

Itu sebabnya, mengapa tipe rumput Sintetis yang satu ini kerap diaplikasikan untuk taman rumah, dekorasi, dan lain sebagainya,

Penggunaan rumput Sintetis Jepang untuk area indoor mampu bertahan selama 12 tahun, sedangkan daya tahannya di area outdoor mencapai 10-11 tahun.

Baca juga: Ingin Buat Desain Interior Rumah Ala Korea? Lakukan Tips Ini

2. Rumput Sintetis Swiss

Rumput Sintetis Swiss

Inilah jenis Rumput Sintetis yang biasanya diaplikasikan untuk lapangan futsal. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tipe Rumput Sintetis Swiss mempunyai tekstur yang lebih lembut serta tahan terhadap tekanan.

Adapun mengenai material Rumput Sintetis Swiss yang terbuat dari bahan nilon, sedangkan ukuran tinggi rumputnya mencapai sekitar 30 mm.

3. Rumput Sintetis Golf

Tak berbeda dengan tipe Rumput Sintetis Swiss, yang mana Rumput Sintetis Golf juga terbuat dari bahan nilon.

Rumput Sintetis Golf

Maka tak heran jika tipe rumput sintetis yang satu ini mempunyai tekstur lembut dan halus, sehingga sangat ideal diaplikasikan pada lapang golf.

Selain itu, tipe Rumput Sintetis Golf juga bisa kamu aplikasikan untuk membuat taman di area indoor. Namun, terdapat satu kekurangan dari tipe Rumput Sintetis Golf yang harus kamu ketahui. Ya, kekurangannya adalah daya tahan yang tidak teralu kuat.

Jika digunakan untuk area indoor, daya tahan pada tipe Rumput Sintetis Golf ini hanya mencapai 9-11 tahun. Lain halnya ketika digunakan pada area outdoor, dimana ia hanya mampu bertahan selama 7-8 tahun saja.

Nilai Plus Rumput Sintetis:

  • Dapat menghadirkan kesan yang alami
  • Proses pemasangan dan perawatan yang mudah
  • Menawarkan harga yang cukup terjangkau
  • Memiliki tekstur yang empuk
  • Daya tahannya yang terbilang bagus
  • Bisa diaplikasikan di area indoor maupun outdoor

Nilai Minus Rumput Sintetis:

  • Tidak terlalu tahan terhadap air dan lembab
  • Tidak bisa menghasilkan oksigen layaknya rumput alami
  • Jika tidak dibersihkan, maka rumput sintetis akan menjadi sarang kuman dan bakteri.

Tata Cara Merawat Rumput Sintetis Biar Awet

Tata Cara Merawat Rumput Sintetis Biar Awet

1. Gunakan Vacuum Cleaner

Sebenarnya cara membersihkan rumput sintetis dengan air itu tidaklah tepat lho. Pasalnya, dibagian bawah rumput sintetis terdapat perekat yang berupa lem.

Jika terkena air secara terus-menerus, tentu saja daya perekatnya akan semakin menurun sehingga membuat rumput sintetis menjadi mudah bergeser hingga terlepas.

Oleh karena itu, penggunaan vacuum cleaner merupakan cara yang paling tepat dalam membersihkan rumput sintetis. Tak hanya mudah dan praktis, vacuum cleaner juga dapat membersihkan rumput sintetis dari debu maupun kotoran secara efektif.

Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya bersihkan rumput sintetis dalam jangka waktu tertentu secara rutin. Selain itu, pastikan bahwa kamu menggunakan vacuum cleaner dengan tekanan rendah.

2. Gunakan Deterjen

Meski tidak boleh terkena air, nyatanya cara membersihkan rumput sintetis bisa menggunakan deterjen. Lantas, bagaimana caranya?

Perlu diketahui, penggunaan deterjen ini hanya berlaku ketika ada noda yang memang sulit untuk dihilangkan.

Akan tetapi, bukan berarti juga bahwa kamu bisa mencuci rumput sintetisnya. Mengenai caranya, silahkan larutkan deterjen dengan air secukupnya.

Kemudian celupkan spons atau kain bersih kedalam larutan deterjen tersebut, lalu usapkan pada permukaan rumput sintetis yang terkena kotoran.

Gosok secara perlahan sampai kotorannya hilang. Apabila sudah hilang, celupkan kain lainnya ke air bersih untuk membersihkan sisa deterjen yang menempel pada rumput sintetis.

3. Gunakan Cairan Khusus

Berbeda dengan air biasa, ada cairan khusus yang memang diperbolehkan untuk merawat dan membersihkan rumput sintetis. Ya, cairan khusus ini berfungsi untuk menjaga kualitas rumput sintetis agar awet dan tahan lama.

Untuk rumput sinstetis yang digunakan di dalam ruangan, maka kamu bisa menyemprotnya dalam 2 bulan sekali.

Sedangkan untuk penggunaan rumput sintetis di area outdoor, disarankan untuk menyemprotnya setiap 2 minggu sekali.

4. Menyisir Rumput

Walaupun terkesan aneh, nyatanya cara yang satu ini sudah terbukti ampuh untuk membuat tampilan rumput sintetis terlihat seperti baru lagi dan alami.

Namun, jenis sisir yang digunakan harus berupa sisir kaku yang materialnya terbuat dari plastik atau alat tertentu. Mengenai caranya, kamu hanya tinggal menyisir semua serat rumput sintetis seperti semula.

Apabila ingin mendapatkan tampilan yang lebih alami, maka kamu harus menyisir rumput sintetis ke berbagai arah.

5. Periksa bagian Rubber Granules

Hal penting berikutnya yang harus kamu ketahui dalam merawat rumput sintetis, yakni memperhatikan bagian Rubber Granules. Lalu, apa yang dimaksud dengan Rubber Granules?

Perlu diketahui, Rubber Granules merupakan sebuah material yang berfungsi sebagai peredam sehingga rumput sintetis menjadi tidak mudah aus.

Kabarnya, jumlah Rubber Granules menjadi penentu dari kondisi rumput sintetis. Apabila jumlah Rubber Granules-nya masih banyak, maka kondisi rumput sintetis tersebut masih dalam keadaan yang sangat baik.

Harga Rumput Sintetis Terbaru

  • Rumput Sintetis Tebal 8 mm: Rp 135 ribu per meter
  • Rumput Sintetis Tebal 10 mm: Rp 175 ribu per meter
  • Rumput Sintetis Tebal 13 mm: Rp 135 ribu per meter
  • Rumput Sintetis Jepang Tebal 20 mm: Rp 180 ribu per meter
  • Rumput Sintetis Jepang Tebal 30 mm: Rp 352 ribu per meter
  • Rumput Sintetis Swiss Tebal 20 mm: Rp 223 ribu per meter
  • Rumput Sintetis Swiss Tebal 25 mm: Rp 275 ribu per meter
  • Rumput Sintetis Golf Tebal 50 mm: Rp 296 ribu per meter

Baca juga: Daftar harga lantai kayu dan biaya pasang 2023

Itu dia ulasan singkat mengenai jenis-jenis rumput sintetis beserta cara merawatnya. Bagaimana, apakah kamu berminat untuk menggunakan rumput sintetis?