Fashion Blog

Mau Bangun Restoran? Ini Dia Rekomendasi Bahan Lantainya

 

Bahan lantai restoran

Bahan lantai restoran – Tentunya kita semua sudah tahu, bahwa kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah padam.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena makanan menjadi bagian kebutuhan dari manusia. Di era sekarang ini, banyak kalangan muda yang menggeluti bisnis kuliner.

Bahkan, tak sedikit juga dari mereka yang memberanikan diri untuk membuka restoran. Sebagaimana yang diketahui, bahwa membuka bisnis restoran memerlukan modal yang cukup besar.

Sebab ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan. Ya, salah satunya dari jenis material yang akan digunakan sebagai lantai restoran.

Pasalnya, setiap jenis material lantai memiliki karakteristiknya tersendiri. Nah, berikut dibawah ini ada beberapa jenis lantai yang cocok diaplikasikan pada restoran.

6 Jenis Bahan Lantai Restoran yang Paling Populer

1. Parket Kayu Solid

Ini dia salah satu material lantai yang kental dengan nuansa mewah dan natural. Ya, sebab material yang digunakannya terbuat dari bahan kayu solid alias kayu asli.

Parket Kayu Solid

Sehingga tak heran jika lantai kayu kerap diaplikasikan pada restoran-restoran yang mewah. Selain unggul dari segi tampilannya, lantai kayu solid juga sudah terbukti kuat sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Namun perlu diingat, bahwa tipe lantai kayu yang tersedia dipasaran itu terdiri dari bergam jenis berbeda lho.

Baca selengkapnya: Yuk, Kita Ketahui Jenis-Jenis Lantai Kayu Parket

2. Marmer

Untuk menghadirkan nuansa mewah pada interior restoran, maka penggunaan lantai marmer ini adalah jawabannya.

lantai marmer

Hal ini dikarenakan material marmer memiliki kilauan bening yang begitu serasi dengan coraknya, sehingga mampu membuat tampilan restoran tampak lebih elegan dan mewah.

Selain dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama.

Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya.

Ya, kondisi tersebut dikarenakan ketersediaan bahan bakunya yang terbatas. Namun, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kalian ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar.

3. Granit

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa material granit itu adalah marmer. Pasalnya, marmer dan granit sama-sama berasal dari proses batuan alami.

lantai granit

Padahal, granit dan marmer merupakan dua jenis material yang berbeda. Ada berbagai faktor yang menjadi pembeda diantara granit dan marmer. Ya, salah satunya dari segi motif.

Selain itu, pori-pori pada lantai granit lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran.

Penggunaan lantai granit pun dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada sebuah restoran. Bahkan material lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir granit KW yang menyuguhkan berbagai motif dengan harga lebih murah.

4. Laminated Fooring

Pada dasarnya, lantai laminated ini merupakan hasil pengembangan dari parket solid yang bertujuan untuk menekan tingginya biaya produksi.

Laminated Fooring

Material lantai laminated terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin, kemudian dibentuk hingga menyerupai lembaran-lembaran kayu. 

Biasanya lantai laminated memiliki ketebalan 8-12 mm, dan panjangnya yang mencapai 1.28 – 1.3 mm. Dari segi kualitas, tentu saja lantai laminated ini berada jauh dibawah parket solid. Lantai laminasi dibekali dengan sistem klik di bagian kanan.

Sedangkan bagian kirinya mengusung sistem interlocking. Itu artinya, pemasangan lantai laminated akan jauh lebih mudah dan simple.

5. Keramik

Selain lantai laminated, keramik juga menjadi salah satu material lantai yang banyak diaplikasikan pada restoran.

lantai keramik

Pasalnya, material keramik memiliki fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh ruangan.

Tak hanya kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak memerlukan proses pemolesan dan mudah dirawat.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, harga lantai keramik pun relatif murah ketimbang jenis-jenis material lantai lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, lantai keramik menghadirkan berbagai macam warna, motif, dan ukuran sehingga bisa kamu pilih sesuai dengan konsep restoran.

Terdapat berbagai macam motif keramik yang dapat kita jumpai dipasaran, mulai dari motif beatu alam, pecahan kaca, kayu-kayuan, dan masih banyak lagi.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika keramik merupakan salah satu jenis lantai yang paling populer di pasaran.

Artikel Serupa: Jenis-jenis Material Keramik Untuk Alas Lantai

6. Vinyl

Material lantai vinyl terbuat dari campuran bahan karet dan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis serta mudah dipasang.

lantai Vinyl

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah dari lantai kayu solid. Sehingga tak heran, jika lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid.

Adapun berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif kayu, motif granit, motif marmer, motif batu alam, dan masih banyak lagi.

Itu dia beberapa jenis bahan lantai terbaik yang paling recommended untuk restoran, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.