Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Mengenal Lantai Kayu Sonokeling | Kayu Eksotis

Mengenal Lantai Kayu Sonokeling | Kayu Eksotis

Indonesia merupakan salah satu negara Asia sebagai penghasil kayu terbesar di dunia. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat ikliim dan kontur tanah di Indonesia yang memang mendukung untuk pertumbuhan berbagai jenis pohon kayu.

Dengan demikian, maka tak heran juga jika material kayu begitu mudah untuk kita jumpai di pasaran. Menurut informasi yang didapat, setidaknya ada ratusan jenis pohon yang ideal digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri perkayuan, dan salah satunya adalah kayu sonokeling. 

Nah, untuk mengenal lebih jauh seputar kayu sonokeling, mari kita simak saja langsung pembahasannya di bawah ini. 

Sekilas Tentang Pohon Sonokeling

pohon sonokeling

Sonokeling adalah salah satu jenis kayu yang lumayan cukup populer di Indonesia, hal itu dikarenakan jenis kayu ini memiliki corak warna dan juga motif yang menawan. dengan warna hitam agak kecoklatan diselingi warna kuning yang agak keputihan membuat jenis kayu ini menjadi salah satu jenis kayu dengan nilai jual yang tinggi.

Kayu Sonokeling biasanya digunakan untuk membuat furniture atau barang kerajinan. kualitas kayu ini sendiri hampir serupa dengan kayu jati. karena memiliki corak dan motif yang eksotis maka banyak orang yang mulai memanfaatkannya sehingga pemerintah saat ini membatasi penebangan pohon kayu sonokeling agar kelestariannya tetap terjaga.

Pohon Sonokeling ini bisa mencapai ketinggian sampai 20-40 meter. pohonnya sendiri rata-rata berukuran besar sampai sedang. di Indonesia pohon sonokeling banyak tumbuh di daerah Pulau Jawa. 

Salah satu produk yang dihasilkan dengan memanfaatkan Kayu Sonokeling adalah Lantai Kayu. bersama dengan kayu jati, jenis penutup lantai kayu sonokeling menjadi produk yang banyak diminati oleh masyarakat.

Lantai Kayu


Lantai Kayu Sonokeling dapat menghasilkan corak yan eksotis apabila sudah terpasang diatas permukaan lantai. dengan perpaduan coklat agak kehitaman dan kuning muda membuatnya terlihat sangat artistik. berikut adalah contoh yang terpasang :

Lantai Kayu

Lantai Kayu


Penggunaan Lantai kayu sonokeling biasanya hanya untuk area indoor saja seperti area ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur ataupun ruang berkumpul keluarga. untuk cara perawatannya sendiri sama dengan lantai kayu pada umumnya. 

Sedangkan area yang kurang baik untuk lantai kayu, yakni area dapur dan kamar mandi karena kedua area tersebut sering terkena air dan itu tidak baik untuk keawetan lantai kayu tetapi terdapat juga lantai kayu yang tahan air. baca disini : Lantai Vinyl Motif Kayu

Meskipun Harga Lantai Kayu Sonokeling cukup tinggi, tetapi hal tersebut sebanding dengan apa yang ditawarkan dan fitur yang dimiliki oleh parket sonokeling. di Rumah Parket sendiri Lantai Kayu sonokeling dijual seharga Rp. 430.000 sampai dengan Rp. 550.000 permeter.

Jenis-jenis Lantai Kayu Sonokeling

jenis lantai kayu sonokeling

Terdapat dua jenis lantai kayu sonokeling yang tersedia di RumahParket, yakni lantai kayu sonokeling ukuran 1,5 x 9 x 30 - 90 cm dan lantai sonokeling ukuran 1,2 x 4,5 x 19 - 30 cm / pcs. 

Meski dijualnya sama-sama per meter persegi, namun kedua jenis lantai kayu sonokeling tersebut dijual dengan harga yang berbeda. 

Untuk lantai kayu sonokeling ukuran 1,5 x 9 x 30 - 90 cm dibanderol dengan harga Rp 430.000, sedangkan lantai kayu sonokeling ukuran 1,2 x 4,5 x 19 - 30 cm dijual dengan harga Rp 220.000. 

Dikarenakan RumahParket sedang ada promo, maka kami akan memberikan diskon sehingga lantai kayu sonokeling ukuran 1,2 x 4,5 x 19 - 30 cm ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 170.000 saja per meter perseginya. 

Keunggulan dan Kekurangan Lantai Kayu Sonokeling

Perlu anda ketahui, bahwa setiap jenis material lantai itu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan lantai kayu sonokeling yang memiliki beragam keunggulan dan kekurangan.

Keunggulan Lantai Kayu Sonokeling

1. Kuat dan Tahan Lama

keunggulan lantai kayu sonokeling

Salah satu alasan yang membuat kayu sonokeling cocok dijadikan bahan baku untuk pembuatan lantai kayu parket, yakni karena kokoh dan tahan lama. Ya, terlebih jika diberi perawatan yang tepat, dimana lantai kayu sonokeling ini dapat bertahan hingga ratusan lamanya lho. 

2. Akan Meningkatkan Nilai Estetika

Keunggulan pertama dari lantai kayu sonokeling yang akan anda dapatkan, yakni mampu meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kayu sonokeling mengusung tampilan warna dan corak yang nyentrik sehingga berbeda dengan jenis kayu lainnya. 

Alhasil, penggunaan lantai kayu sonokeling akan menojolkan nuansa unik, menarik, namun tetap terlihat mewah dan elegan. Bukan hanya itu, bahkan lantai kayu sonokeling juga masih tetap menonjolkan sisi naturalnya lho. 

3. Menghadirkan Nuansa Hangat

Tak hanya menampilakan sisi kemewahan dan natural, ternyata pengunaan lantai kayu sonokeling pun akan menghadirkan nuansa hangat. Dengan begitu, maka suasana di dalam ruangan rumah akan tampak lebih akrab dan bersahabat berkat kehadiran lantai kayu sonokeling. 

4. Dapat Meminimalisir Risiko Terpeleset

keunggulan lantai kayu sonokeling

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa licinnya permukaan lantai merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terpeleset dan cedera. Bahkan, tak jarang ada kasus-kasus orang yang terpeleset dan terjatuh hingga menyebabkan kematian akibat permukaan lantai licin!

Biasanya masalah tersebut kerap terjadi pada jenis lantai keramik, yang memang akan licin saat terkena air. Guna meminimaliir risiko terpeleset, maka penggunaan lantai kayu sonokeling ini merupakan pilihan yang paling bijak. Mengapa demikian?  

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat permukaan lantai kayu sonokeling yang terasa kesat sehingga membuatnya menjadi tidak licin meski terkena air. 

Seandainya anda terjatuh, maka anda pun tidak akan terlalu merasakan sakit karena tekstur permukaan lantai kayu sonokeling ini tergolong cukup empuk lho. 

5. Berdampak Bagus Untuk Kesehatan

healthy people

Ini dia salah satu keunggulan dari lantai kayu sonokeling yang tidak dimiliki oleh jenis material lantai lainnya. Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa lantai kayu sonokeling memiliki kemampuan yang dapat menyerap energy panas untuk dialirkan kedalam rumah ketika cuaca mulai dingin. 

Hasilnya, suhu dalam ruangan rumah anda akan tetap terasa hangat meski di tengah musim dingin. Itu artinya, lantai kayu sonokeling ini sangat cocok bagi mereka yang menderita penyakit rematik. 

6. Menawarkan Harga Murah

receive money

Keunggulan berikutnya dari lantai kayu sonokeling, yakni menawarkan harga yang murah. Ya, jika dibandingkan dengan lantai kayu jati, harga lantai kayu sonokeling ini memang lebih murah. 

Kekurangan Lantai Kayu Sonokeling

Dibalik berbagai keunggulannya, ternyata lantai kayu sonokeling juga memiliki berbagai kekurangan seperti berikut :

1. Berpotensi Terjadi Kerusakan

Apabila tidak diberi perawatan yang khusus, maka jangan harap jika lantai kayu sonokeling ini akan berumur panjang. 

2. Rentan Terhadap Goresan

Meski kokoh dan kuat, namun lantai kayu sonokeling rentan terhadap goresan. Maka dari itu, saat hendak memindahkan furniture seperti meja dan kursi, sebaiknya dengan cara diangkat dan bukan digeser atau di dorong. 

Nah, seperti itulah berbagai keunggulan dan kekurangan pada lantai kayu sonokeling, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.