Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Sudah tahu belum Lantai parket vs Lantai vinyl, Mana yang lebih hebat

Sudah tahu belum Lantai parket vs Lantai vinyl, Mana yang lebih hebat

Vinyl vs parket - Sebelum saya menjelaskan kehebatan antara lantai parket dan lantai vinyl, apakah anda sudah pernah mendengar atau pernah melihat lantai parket dan lantai vinyl. kalau belum pernah tahu saya akan coba jelaskan disini, baca artikel ini sampai selesai ya.

Kedua penutup lantai ini memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. dan jika anda di suruh memilih mana yang akan anda pilih dari dua jenis penutup lantai tersebut
lantai parket adalah, istilah lain dari lantai kayu. sedangkan lantai vinyl adalah nama lain dari lantai sintetis.

Lantai parket merupakan jenis solid yang terbuat dari kayu asli tanpa ada campuran bahan yang lain, jenis parket ini ternyata sangat banyak sekali ada yang digunakan untuk lantai, plafon, dan dinding.

Lantai parket sering menggunakan jenis kayu yang memiliki kualitas di atas rata-rata, hampir semua kayu yang digunakan merupakan kayu kuat berkelas dan keawetan kelas I.
seperti kayu jati, kayu merbau, kayu bengkirai, dan kayu kuat lainnya.

Ukuran lantai parket biasanya memiliki ketebalan 1,2 atau 2 centimeter, lebar sekitar 5 centimeter, dan panjang sekitar 20 cm, 25 cm, dan 30 cm.

Dan cara pemasangan lantai parket biasanya dilakukan oleh ahli yang sudah profesional, dengan menggunakan acian halus maupun acian kasar di atas permukaan lantai yang sudah di kasih coran atau acian.
cara pemasangan lantai parket ini jarang sekali menggunakan lem

Baca Tips mengenal lantai kayu jati berkualitas


Kelebihan lantai kayu parket

Lantai kayu parket memiliki kelebihan yang baik, yang pastinya belum anda ketahui. saya yakin anda bakalan mengira menggunakan lantai kayu parket ini sangat ribet cara perawtannya, dan menggunakan lantai kayu ini merupakan penutup lantai yang tidak awet alias cepat di makan rayap.

Tapi tunggu dulu, itu hanya mindset anda saja yang belum mengenal lantai kayu, ternyata lantai kayu ini memiliki kelebihan. diantaranya:

  1. Bisa sebagai investasi jangka panjang
  2. Tampilan lebih naturalis
  3. Penutup lantai yang sangat awet dan bagus
  4. Cara merawatnya yang sangat mudah
  5. Sangat baik juga bagi kesehatan

  • Bisa sebagai investasi jangka panjang
Wah hebat juga ya, walaupun hanya material kayu akan tetapi bisa menambah isi dompet anda. caranya anda gunakan dulu lantai kayu parket satu rumah, rajin merawatnya dengan baik dan benar.
setelah beberapa tahun kemudian anda jual rumahnya, anda sendiri akan kaget dengan harga yang pantastik
rumah yang dipasang lantai kayu parket merupakan investasi properti yang baik juga.

  •  Tampilan lebih naturalis
Kemewahan dan kealamian dari lantai kayu parket ini membuat rumah anda menjadi lebih natural.
walaupun tipe rumah yang berbeda-beda, setelah dipasang lantai kayu parket  tetap akan tertlihat natural.

  • Penutup lantai yang sangat awet dan bagus
Jangan sampai anda menyepelekan kekuatan sebuah material kayu yang anda kira bakalan cepat rusak, kayu yang digunakan sangat kuat seperti besi yang tahan terhadap serangan rayap.
bisa dibandingkan kekuatan lantai kayu dan lantai keramik, keduanya sangat kuat dan menjadikan rumah menjadi lebih bagus. 

  • Cara merawatnya sangat mudah
Merawat lantai kayu ini cukup mudah kok, cukup di sapu atau di sedot menggunakan vacum cleaner saja dan di pel menggunakan kain yang tidak terlalu basah.
perawatan yang agak ribetnya proses coating saja atau pengecetan ulang agar permukaan lantai tetap mengkilap dan terlihat seperti baru lagi, akan tetapi proses ini hanya dilakukan oleh tim khusus dari perusahaan lantai kayu yang anda beli.
dan kalau warna lantai kayu dalam setahun masih tetap bagus anda tidak perlu melakukan proses coating  

  • Sangat baik juga bagi kesehatan
Inilah yang menjadi kelebihan lantai kayu parket yang tidak bisa anda dapatkan dari jenis penutup lantai lain, lantai dari kayu mampu menyerap udara panas dan dingin. sehingga bagi anda yang memiliki penyakit bronitis dan rematik akan terbantu dengan kehangatan lantai kayu.



Kelebihan lantai vinyl

Sudah tahu belum Lantai parket vs Lantai vinyl, Mana yang lebih hebat

Lantai vinyl biasanya digunakan sebagai pengganti parket, lantai vinyl terbuat dari campuran plastik dan juga karet sintetis.
lantai vinyl biasanya memiliki ketebalan sekitar 8 mm sampai dengan 12 mm. dan lantai vinyl banyak digunakan oleh orang-orang yang belum memiliki budget yang banyak.

Kelebihan lantai vinyl diantaranya
  1. Harga yang cukup ekonomis
  2. Memiliki banyak corak
  3. Cara pemasangannya sangat mudah
Tak heran jika lantai vinyl ini laris dipasaran, karena harganya yang tidak mahal. membuat para konsumen lebih suka terhadap jenis penutup lantai dari vinyl.
yang memasang lantai vinyl cukup bersemangat, karena pemasangannya yang tidak sulit, biasanya hanya menggunakan lem saja

Jenis lantai vinyl yang banyak digunakan dari merk Golden crown, jenis ini sangat menyerupai corak lantai kayu asli. berikut adalah motif-motif dari golden crown

Sudah tahu belum Lantai parket vs Lantai vinyl, Mana yang lebih hebat



Kesimpulan kehebatan lantai parket dan lantai vinyl

Dua jenis ini memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda, dua-duanya sangat bagus dan hebat. bisa anda gunakan di ruangan manapun tergantung kebutuhan anda. anda mau pilih lantai parket atau lantai vinyl silahkan saja.

Perlu di ingat, dua jenis ini merupakan material yang bisa digunakan di dalam ruangan (INDOOR) tidak bisa digunakan  di luar ruangan (OUTDOOR), karena jelas sangat tidak cocok.

Oke sekian dulu, jika artikel ini di rasa sangat bermanfaat silahkan share di media sosial milik anda