Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Mengintip Project Pemasangan Lantai kayu Jati di Lapangan Basket Ciracas Jakarta

Mengintip Project Pemasangan Lantai kayu Jati di Lapangan Basket Ciracas Jakarta
Gelanggang Olahraga dan Rekreasi (GORR) Ciracas Jakarta Timur merupakan salah satu fasilitas olahraga di DKI Jakarta, yang telah diresmikan pada tahun 2007 silam lalu. Peresmian GORR Ciracas itu sendiri dilakukan langsung oleh Gubernur DKI pada waktu itu, yakni Fauzi Bowo. 

Menurut kabar yang beredar, pemerintahan DKI telah mengeluarkan biaya sebanyak 323 miliyar termasuk biaya perbaikan di GORR Ciracas. Untuk pengerjaan bidang konstruksi bangunan (kontraktor), pemerintah DKI telah menggandeng PT. Waskita Karya. 

Sedangkan untuk pengerjaan bidang property interior, Gubernur Fauzi Bowo mempercayakannya pada PT Rajawali Parquet Indonesia. Lapangan basket pun menjadi salah satu gelanggang olahraga yang dikerjakan oleh PT Rajawali Parquet Indonesia, dalam pengerjaan pemasangan lantai kayu jati. 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi megenai project pemasangan lantai kayu jati di lapangan basket Ciracas Jakarta, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Project Pemasangan Lantai Kayu Jati di Lapangan Basket Ciracas Jakarta

1. Proses Amplas

tahap pemasangan lantai kayu jati

Gambar diatas merupakan para pekerja PT Rajawali Parquet Indonesia dalam pemasangan lantai kayu jati pada tahap peng-amplasan. Lantas, apa tujuan dari tahap peng-amplasan tersebut?

Tujuan pertama dari peng-amplasan tersebut, yakni untuk menghaluskan tekstur permukaan kayu sebelum di cat. Dengan begitu, maka catnya bisa merekat lebih baik ketika permukaannya sudah diamplas. 

Bukan hanya itu, bahkan amplas ini juga sangat membantu dalam menghaluskan cat agar mendapatkan tampilan yang lebih indah, mengkilap, dan mewah. Sedangkan tujuan yang kedua dari peng-amplasan, yakni untuk menghapus noda nat lantai. 

2. Proses Pengecatan & Coating

proses coating

Seperti yang anda lihat, gambar diatas merupakan pengerjaan pada tahap pengacatan dan coating. Umumnya, tahap ini akan dilakukan setelah proses peng-amplasan selesai dan kondisinya telah kering serta tidak lembap. 

Pengerjaan pemberian cat bisa dilakukan beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang merata. Sebelum dilakukan pengecatan ulang, maka lantai akan didiamkan selama seharian agar kering sempurna. 

Setelah proses pengecatan yang keduanya selesai dan mengering lagi, baru mulailah ke tahap pemberian lapisan coating. Lantas, apa tujuannya? Ya, pemberian lapisan coating ini bertujuan sebagai pelindung lantai kayu dari goresan. 

Bukan hanya itu, lantai kayu yang sudah diberi lapisan coating pun akan terlihat tampak lebih mengkilap sehingga dapat menonjolkan sisi kemewahan dan elegan. 

3. Perbandingan Lantai kayu Sebelum dan Sesudah di Coating

sebelum dan sesudah di coating

Bisa dilihat bagaimana perbandingan ketika lantai kayu yang sebelum dan sesudah di coating sepeti gambar diatas. Ya, lantai kayu yang belum dicoating tampak terlihat kusam dengan warna pucat. Lain halnya ketika lantai kayu sudah diberi cat dan coating, yang mana tampilannya menjadi mengkilap dan bersih sehingga lebih sedap untuk dipandang. 

4. Lantai Kayu Jati yang Digunakan Pada Lapangan Basket Ciracas Jakarta

hasil pemasangan lantai kayu jati di lapangan basket Ciaracas Jakarta

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kualitas kayu jati merupakan yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Dengan demikian, maka tak heran juga jika harga lantai kayu jati ini lebih mahal dari produk lantai kayu parket lainnya. 

Kendati demikian, produk lantai kayu jati akan dibedakan lagi kedalam kelas berbeda, yaitu grade A, grade B dan grade C. Secara otomatis, tampilan warna dan kualitas pada masing-masing kelas produk lantai kayu jati ini akan berbeda.

Perbedaan tersebut juga berlaku pada sisi harganya, dimana parket jati grade A adalah yang paling mahal diantara grade B dan grade C. Lantas, tipe lantai kayu jati manakah yang dipasang di lapangan basket Ciracas Jakarta tersebut? 

Nah, lantai kayu jati yang diaplikasikan pada lapangan basket Ciracas Jakarta tadi menggunakan kelas grade A. Mengapa harus grade A? Ya, mengingat yang objeknya adalah lapangan basket, tentu saja lantai kayu jati yang digunakannya pun harus bagus seperti grade A. 

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kriteria lantai kayu jati grade A memang telah memenuhi standarisasi lapangan basket yang bertaraf internasional. 

Adapun mengenai perbedaan spesifikasi lantai kayu jati yang berdasarkan kelasnya seperti berikut :

parket jati berdasarkan kelasnya

  • Spesifikasi Parket Jati Grade A

Parket jati grade A tampil dengan warna cokelat tua, pola serat yang beraturan, dan memiliki kandungan minyak pelumas yang berfungsi untuk melindunginya dari serangan rayap, sehingga tingkat keawetannya tetap terjaga dengan baik. 

Kualitas parket jati masuk kedalam kategori bagus, sehingga dari sergi harganya pun ini memang lebih mahal ketimbang grade B dan C. 

  • Spesifikasi Parket Jati Grade B

Tampilan parket jati grade B cenderung cokelat cerah, pola serat tidak beraturan, kandungan minyak pelumasnya tidaklah sebanyak parket jati grade A. Untuk tingkat kualitasnya, parket jati grade B termasuk kategori sedang.  

  • Spesifikasi Parket Jati Grade C

Kualitas pada Parket jati grade C termasuk kedalam kategori standar, karena tingkat kekuatan dan kepadatannya tidaklah sebagus grade A dan grade B. Tak hanya itu, jati grade C juga sama sekali tidak memiliki kandungan minyak pelumas, serta tampilan warnanya yang cenderung putih. 

Demikianlah ulasan singkat seputar pemasangan lantai kayu di lapangan basket Ciracas Jakarta.