Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Pilih Tangga Besi Atau Tangga Kayu, Mana yang Lebih Baik?

 

tangga besi vs kayu

Tangga merupakan salah satu elemen penting yang tidak bisa dipisahkan pada sebuah bangunan bertingkat. Ya, terang saja demikian, sebab tangga menjadi akses agar kita bisa menuju ke lantai atasnya.

Terdapat berbagai jenis material tangga yang tersedia dipasaran, sehingga bisa kita pilih sesuai dengan konsep rumah. Mulai dari tangga berbahan baja, besi, kaca, beton, higga kayu.

Akan tetapi, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas tangga yang berbahan besi dan kayu saja. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai perbedaan antara tangga kayu dan tangga besi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Keunggulan dan Kekurangan Tangga Besi

tangga besi
foto@canva.com


Keunggulan Tangga Besi

1. Menghadirkan Kesan Elegan

Tangga besi mengusung desain yang bervariasi serta konsep minimalis, sehingga dapat menonjolkan ke-orsinilan desain interior maupun eksterior terlihat lebih elegan. Bahkan desain tangga besi juga semain kontemporer, yang tentu saja akan memberikan kesan luwes.

2. Menyuguhkan Model yang Bervariasi

Tak hanya menghadirkan kesan elegan, tangga besi pun menghadirkan model yang cukup bervariasi lho. Model tangga besi yang tersedia mulai dari bentuk L, U, dan lurus. Hasilnya, beragam model tangga besi tersebut bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan ruang di dalam rumah.

3. Mudah Dibentuk

Meski bertekstur keras, namun material besi ini bisa dikatakan cukup mudah saat proses pembentukan, bahkan untuk yang rumit sekalipun. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan bentuk atau desain tangga besi sesuai keinginan.

4. Kuat dan tahan Lama

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa tangga berbahan besi jauh lebih awet ketimbang jenis material lainnya. Bukan hanya itu, bahkan tangga besi juga sama sekali tidak membutuhkan perawatan khusus.

Mengenai cara perawatannya, anda hanya tinggal mengecatnya saja untuk mempertahankan kondisi tampilan tangga besi tersebut. Selain itu, bersihkan tangga besi dari kotoran dan debu agar tidak merusak lapisan catnya.

5. Anti Rayap

Dinilai dari tingkat keawetannya, tentu saja tangga yang berbahan besi ini adalah juaranya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat material besi yang memiliki sifat anti serangan rayap. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, tingkat penyusutan dan pemuaian tangga besi sangat rendah sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

6. Tidak Mengeluarkan Suara Berdecit dan Tidak Llicin

Suara berdecit yang berasal dari tangga ketika seseorang berjalan diatasnya, tentu saja cukup mengganggu bagi penghuni yang ada dibawahnya. Namun, masalah tersebut tidak akan berlaku bagi tangga besi.   

Bukan hanya itu, tangga berbahan besi juga memiliki tekstur yang tidak licin sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat anda berpijak diatasnya.

Kekurangan Tangga Besi

  • Proses pengerjaan yang terbilang sulit
  • Nilai estetika yang tidak memuaskan
  • Ancaman korosi
  • Mengeluarkan suara bising
  • Harga yang cenderung mahal

Keunggulan dan Kekurangan Tangga Kayu

tangga kayu
foto@canva.com

Keunggulan Tangga Kayu

1. Dapat Menghadirkan Nilai Estetika Tinggi

tangga kayu
foto@pinterest
Keunggulan pertama yang akan anda dapatkan dari penggunaan tangga berbahan kayu, yakni bisa menghadirkan nilai estetika tinggi. Ya, terang saja demikian, sebab material kayu memiliki warna khas kayu dengan motif seratnya yang begitu indah.

Alhasil, penggunaan tangga kayu ini akan menonjolkan sisi mewah, elegan, hangat, dan natural. Terlebih jika tangga kayu yang anda gunakan itu adalah jenis kayu jati, yang dijamin akan membuat rumah tampak lebih indah dari sebelumnya.

2. Proses Pemasangan yang Lebih Mudah

Tak seperti jenis tangga besi, yang mana pemasangan tangga kayu ini jauh lebih mudah lho. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, pada setiap lempengan papan kayunya sudah diberi profile alur dan lidah sehingga dapat memudahkan proses pemasangan.  

3. Tekstur yang Tidak Licin

tangga kayu
foto@canva.com
Guna menghadirkan keselamatan dan keamanan, maka penggunaan tangga kayu ini merupakan pilihan yang paling tepat. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tekstur permukaan tangga kayu yang terasa kesat dan tidak licin meski terkena air.

4. Awet dan Tahan Lama

foto@canva.com
Siapa bilang bahwa tangga yang berbahan kayu itu mudah rusak? Buktinya, tangga kayu memiliki daya tahan yang begitu baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika diberi perawatan dengan baik dan benar, yang mana usia pemakaiannya bisa mencapai hingga ribuan tahun lho.

5. Bagus Untuk Penderita Rematik

Ini dia salah satu keunggulan dari tangga berbahan kayu yang tidak dimiliki oleh tangga besi maupun material lainnya. Berdasarkan dari hasil penelitian, tangga kayu memiliki kemampuan yang dapat menciptakan suhu hangat sehingga akan berdampak bagus untuk penderita rematik.

Kekurangan Tangga Kayu

  • Harga relatif mahal
  • Apabila tidak diberi perawatan khusus, maka tangga kayu berpotensi rusak. 

Itulah perbandingan antara tangga besi dan kayu, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Untuk anda yang ingin tahu kelengkapan informasi tentang produk tangga kayu, silahkan Klik Disini