Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Apa yang Dimaksud Dengan Pergola Kayu?

 

Apa yang Dimaksud Dengan Pergola Kayu?

Pergola Kayu – Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mempercantikan area taman depan maupun belakang rumah. Ya, mulai dari merapikan rerumputan yang panjang, penataan tanaman hias, memasang pagar, hingga membangun pergola.

Lalu, apa yang dimaksud dengan pergola? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai pengertian beserta fungsi pergola, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Pergola Kayu

Istilah Pergola diambil dari bahasa Latin yakni Pergula, dimana ia merupakan sebuah bangunan tambahan yang dililit tanaman rambat. Sebenarnya Pergola adalah jenis furniture taman yang mempunyai atap dengan fungsi sebagai pembatas area taman.

Sebagai media penutupnya terdapat banyak sekali jenis tamanan rambat yang bisa digunakan, sehingga bisa kita pilih sesuai selera. Selain itu, kita juga bisa menggunakan tanaman rambat sayur-sayuran atau buah agar pergola menjadi lahan untuk meningkatkan produktivitas di rumah.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini pergola pun kerap digunakan untuk berbagai kegiatan santai. Ya, seperti tempat makan outdoor, tempat untuk bercengkrama bersama keluarga, tempat untuk mengadakan pesta barbeque, dan lain sebagainya.

Material pergola itu sendiri bisa dibuat dari beragam jenis bahan, seperti kayu, pipa logam, besi hollow, dan lain sebagainya. Namun, kebanyakan pergola dibuat dari bahan kayu karena dinilai kesannya yang lebih alami dan sudah terbukti tahan lama.

perbedaan pergola dan kanopi

Akan tetapi, masih banyak yang beranggapan bahwa pergola dengan kanopi itu adalah sama saja. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Pergola merupakan sebuah konstruksi sederhana yang dapat dibuat dari material kayu atau pipa logam sehingga tampilannya sekilas mirip dengan kanopi.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Desain Kamar Tidur Mezzanine

Padahal, baik itu pergola maupun kanopi memiliki perbedaan masing-masing. Adapun mengenai perbedaan yang paling menonjol diantara Pergola dengan kanopi, yaitu terdapat pada bagian atapnya. Biasanya atap kanopi menggunakan bahan plastik polimer atau yang lebih dikenal dengan istilah polycarbonate, serta struktur atapnya yang bisa melengkung.

Sementara atap Pergola menggunakan tanaman rambat, yang mana strukturnya pun berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling. Apabila dilihat dari segi fungsinya, kanopi ini cenderug berfungsi sebagai media penghalang cuaca, entah itu dari sinar matahari maupun air hujan.

Sedangkan Pergola merupakan media peneduh dari cahaya matahari yang mengandalkan tanaman rambat. Dikarenakan atap yang digunakannya terbuat dari tanaman rambat, tentu Pergola ini tidak dapat melindungi dari air hujan. Dengan kata lain, Pergola hanya berfungsi untuk melindungi dari paparan sinar matahari saja.

Apa Bedanya Pergola Dengan Gazebo...???

Selain kanopi, ternyata bangunan pergola juga memiliki kemiripan dengan gazebo. Itu sebabnya, mengapa banyak masyarakat awam yang tidak tahu mengenai perbedaan mana pergola, kanopi, dan gazebo.

Gazebo itu sendiri merupakan sebuah bangunan outdoor yang biasanya menggunakan material kayu dan bambu. Bukan hanya itu, biasanya gazebo tampil dengan bentuk bundar atau heksagonal yang bagian lantai dan atapnya dibuat permanen.

perbedaan pergola dan gazebo

Kendati demikian, tak jarang juga ada gazebo yang mengusung bentuk kotak sehingga tampilannya mirip dengan pergola maupun kanopi. Dinilai secara umum, Pergola memiliki struktur yang lebih simpel dan kurang permanen.

Apabila pada umumnya gazebo selalu menggunakan material kayu, maka Pergola bisa dibuat dengan material selain kayu. Disamping itu, Pergola juga tidak harus selalu dilengkapi dengan atap. Pasalnya, fungsi dasar dari Pergola ini memang hanya difungsikan sebagai pembatas taman saja.  

Jenis-jenis Kayu Terbaik Untuk Membangun Pergola

1. Kayu Merbau

Jenis-jenis Kayu Terbaik Untuk Membangun Pergola - kayu merbau

Jenis kayu terbaik pertama yang direkomendasikan sebagai bahan untuk membuat pergola, yakni berupa kayu merbau. Pohon kayu merbau dengan kualitas terbaik itu banyak dijumpai di daerah Kalimantan dan Papua. Namun, kualitas kayu merbau Papua dinilai lebih bagus ketimbang kayu merbau Kalimantan.

Mengenai ciri khasnya, Kayu Merbau ini tampil mengusung warna merah kecokelatan yang berpadu dengan pola serat berbentuk lurus. Tentu saja Kayu Merbau sangat ideal digunakan untuk membangun pergola karena dapat menghadirkan kesan yang lebih mewah, elegan, namun masih tetap natural.

Selain tampilannya yang indah, Kayu Merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap maupun perubahan cuaca ekstrim. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tingkat kekerasan dan tingkat keawetan kayu merbau ini termasuk ke dalam kelas I dan kelas II.

Namun, terdapat satu kekurangan dari Kayu Merbau yang harus anda diketahui. Ya, kekurangan dari Kayu Merbau ini akan mengeluarkan getah saat terkena air, sehingga tekstur permukaannya akan terasa lengket saat diraba dengan tangan.

Tapi anda tidak perlu cemas, karena getah tersebut sama sekali tidak mengurangi kualitas dari kayu merbau dan akan hilang dengan sendirinya paling cepat dalam waktu 2 minggu, atau paling lambatnya sekitar 1 – 2 bulanan.

Baca Juga : Mengenal Lantai Kayu Merbau

2. Kayu Ulin

Jenis-jenis Kayu Terbaik Untuk Membangun Pergola - kayu ulin

Selain merbau, ulin juga merupakan salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik di dunia. Sehingga tak heran jika jenis kayu yang satu ini kerap dipilih untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi, termasuk dalam pembuatan pergola.

Dinilai segi teksturnya, kayu ulin ini tampak terasa kasar dan sangat keras. Saking kerasnya, bahkan kayu ulin sering dijuluki dengan nama “kayu besi“ sehingga proses pemotongannya pun tergolong cukup sulit. Untuk tingkat kekuatannya, kayu ulin ini termasuk kedalam kelas I.

Begitu pun dengan tingkat keawetannya yang juga masuk ke dalam kelas I. Dengan teksturnya yang sekeras besi, secara otomatis bangunan pergola yang berbahan kayu ulin tidak akan mudah ditembus oleh rayap maupun hama serangga pemakan kayu lainnya. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca ekstrim.

Baca Juga : Harga Lantai Outdoor Dari Kayu Ulin Kalimantan

3. Kayu Bengkirai

Jenis-jenis Kayu Terbaik Untuk Membangun Pergola - kayu bengkirai

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kawasan hutan tropis Kalimantan menjadi gudangnya kayu-kayu dengan kualitas nomor satu. Kayu bengkirai mempunyai ciri khas dari segi tampilannya, yaitu mengusung warna kuning kecoklatan. Dengan demikian, maka tak heran juga jika kayu bengkirai sering disebut dengan istilah yellow balau.

Kayu bengkirai juga memiliki tekstur padat, yang mana ia dapat kering dalam waktu mulai dari 12 hari sampai 1 bulan pada suhu normal untuk kemudian diolah lagi menjadi berbagai kebutuhan properti dan konstruksi. 

Bukan hanya itu, bahkan kayu bengkirai juga mempunyai tekstur yang agak kasar dengan bobotnya yang lebih berat ketimbang kayu jati maupun kayu lainnya sehingga membuatnya sering digunakan untuk pondasi rangka atap.

Berdasarkan pernyataan dari Departemen Kehutanan RI, yang menyebutkan bahwa bengkirai merupakan jenis kayu dengan tingkat kekuatan kelas l dan ll yang kualitasnya hampir setara dengan kekuatan kayu jati.

Nah, itulah beberapa jenis kayu terbaik yang kerap digunakan sebagai bahan baku untuk membangun pergola.

Bagaimana, apakah anda juga tertarik untuk membangun pergola di halaman rumah...???