Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Mengenal Jenis Pagar BRC Beserta Plus Minusnya

Jenis pagar BRC

Jenis pagar BRC – Sebenarnya istilah pagar BRC memang belum terlalu familiar dikalangan masyarakat luas. Lantas, apa itu pagar BRC?

Perlu diketahui, BRC itu sendiri merupakan singkatan dari British Reinforced Concrete atau sering juga disebut dengan nama pagar roll top.

Secara umum, pagar BRC masih sejenis pagar wire mesh khusus yang dilas dengan bentuk segitiga gulung pada bagian atas dan bawahnya.

Pada dasarnya, jenis pagar BRC memang sudah bukan hal yang asing lagi dalam bidang konstruksi bangunan.

Adapun mengenai salah satu keunikan dari pagar BRC terdapat pada lengkungan di bagian atas dan bawah, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang maksimal.

Untuk materialnya, pagar BRC terbuat dari stainless steel atau baja ringan. Seiring dengan perkembangan zaman, kini pagar BRC hadir dengan warna tertentu agar tampilannya tidak terlalu monoton.

Pagar BRC tampil dengan tekstur yang cukup keras, sehingga dapat mengoptimalkan tingkat keamanan. Pagar ini sering digunakan untuk berbagai fasilitas, mulai dari sekolahan, taman bermain anak, lapangan olahraga, perkantoran, hingga perumahan.

2 Jenis Pagar BRC

1. Pagar BRC Hot Dip

Pada proses pembuatannya, pagar BRC jenis Hot Dip diolah melalui proses pencelupan besi baja u-50 yang akan diproduksi ke dalam lapisan galvanis.

Pagar BRC Hot Dip

Melalui proses tersebut, maka pagarnya memiliki tingkat ketahanan yang mumpuni karena telah diberi lapisan coating untuk melindunginya dari faktor cuaca.

Namun, salah satu kekurangan dari proses ini adalah tidak semua permukaan pagarnya terlapisi secara merata. Bahkan, terkadang masih ada beberapa bagiannya yang bertekstur kasar dan bergelombang.

Nah, kondisi tersebutlah yang menjadi penentu terhadap kualias pagar BRC Hot Dip. Semakin halus permukaan pagarnya, maka akan semakin bagus pula kualitas yang dimilikinya.

Pagar BRC jenis Hot Dip terdiri dari berbagai macam ukuran, mulai dari diameter 5 mm hingga 8 mm, sementara ukuran tinggi panelnya berkisar 90 cm hingga 240 cm.

Baca juga: Review Plafon GRC Beserta Daftar Harga Terbarunya

2. Pagar BRC Electroplating

Perbedaan hot dip dengan Electroplating terdapat pada proses akhir. Jika pembuatan hot dip diproses melalui cara pencelupan, maka pagar BRC Electroplating akan menggunakan tenaga listrik dan zat elektrokimia.

Pagar BRC Electroplating

Dengan proses yang satu ini, maka kandungan besi maupun zinc yang ada didalam zat elektrokimianya dapat menempel pada permukaan besi u-50.

Akan tetapi, terdapat kekurangan dari pagar Electroplating ini adalah lapisannya yang lebih tipis. Meski demikian, pagar BRC Electroplating memiliki tekstur yang jauh lebih halus ketimbang hot dip.

Tak hanya unggul dari segi tekstur, pagar BRC Electroplating juga memiliki tampilan yang lebih elegan dan mengkilap dibanding pagar BRC hot dip.

Nilai Plus Pagar BRC:

  • Kuat dan tahan lama
  • Tahan terhadap karat
  • Mudah dipasang dan berbobot ringan
  • Memiliki tampilan yang lebih ringkas
  • Harganya yang relatif murah

Nilai Minus Pagar BRC:

  • Tampilan desainnya yang kurang menarik
  • Sifatnya yang transparan
  • Ketinggalan zaman

Daftar Harga Pagar BRC Berdasarkan Jenis & Ukuran

Daftar Harga Pagar BRC Berdasarkan Jenis & Ukuran

  1. Electroplating Galvanized ukuran 90 cm x 240 cm: Rp 300 ribu
  2. Electroplating Galvanized ukuran 120 cm x 240 cm: Rp 360 ribu
  3. Electroplating Galvanized ukuran 150 cm x 240 cm: Rp 540 ribu
  4. Electroplating Galvanized ukuran 175 cm x 240 cm: Rp 600 ribu
  5. Electroplating Galvanized ukuran 190 cm x 240 cm: Rp 620 ribu
  6. Hot Dip Galvanized ukuran 90 cm x 240 cm: Rp 370 ribu
  7. Hot Dip Galvanized ukuran 120 cm x 240 cm: Rp 480 ribu
  8. Hot Dip Galvanized ukuran 150 cm x 240 cm: Rp 710 ribu
  9. Hot Dip Galvanized ukuran 175 cm x 240 cmRp 780 ribu
  10. Hot Dip Galvanized ukuran 190 cm x 240 cmRp 800 ribu

Penutup:

Menurut informasi yang didapat, jenis pagar BRC hot dip memiliki sifat yang tahan terhadap karat sehingga membuatnya mampu bertahan selama 10 tahun.

Tak seperti jenis pagar BRC electroplating, yang mana ketahanannya terhadap karat hanya mampu mencapai 2 tahun saja.

Kendati demikian, kedua jenis pagar BRC tersebut sama-sama mudah diaplikasikan bahkan oleh orang awam sekalipun.

Itu dia penjelasan singkat mengenai jenis-jenis pagar BRC beserta nilai plus minusnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.