Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Alternatif Lantai Selain Keramik

 Lantai kayu- Ada beberapa jenis lantai yang bisa merubah tampilan sebuah rumah menjadi mewah dan elegan, karena pada jaman seperti ini semua orang selalu ingin memiliki hunian yang mewah dan memiliki value tersendiri.

Lantai merupakan bagian terpenting pada sebuah bangunan, tak heran jika banyak orang yang selalu menggunakan jenis penutup lantai yang di anggap memiliki keistimewaan. salahsatu lantai yang benar-benar memiliki keunggulan dan keistimewaan tersendiri adalah lantai kayu, atau yang biasa kita dengar lantai kayu parquet.

Lantai kayu



Lantai kayu merupakan jenis penutup lantai yang terbuat dari kayu asli, potongan kayu yang di olah menyerupai papan dan digunakan untuk penutup lantai. lantai kayu parquet memang bisa digunakan untuk keperluan lainnya. tergantung jenis parquet yang digunakan, namun untuk saat ini saya akan menjelaskan kayu parquet sebagai pengganti lantai keramik.

Mengapa harus menggunakan lantai kayu? 

Mungkin sebagian orang masih belum tahu apa si keunggulan lantai kayu, sehingga banyak yang merekomendasikan lantai kayu sebagai jenis penutup lantai pengganti lantai keramik.

Lantai kayu bukanlah hanya sekedar papan kayu biasa pada umumnya, lantai kayu parquet memiliki keunggulan yang tidak akan anda temukan pada lantai lainnya, sehingga lantai kayu di jual dengan harga yang lebih tinggi dari harga lantai keramik.

Apakah lantai kayu ada jenis lainnya?

Jelas ada, lantai kayu memiliki jenis lain yang memiliki fungsi yang sama. pada dasarnya ada jenis lantai kayu yang di produksi menggunakan kayu utuh, dan ada yang di produksi menggunakan serbuk kayu.

Untuk lantai kayu yang menggunakan sepenuhnya kayu biasa disebut lantai kayu solid.
proses pembuatan lantai kayu solid di ambil dari kayu yang sudah di potong dan dibentuk menjadi potongan setandar lantai kayu, kemudian kayu tersebut di oven dan kemudian kayu tersebut sudah siap untuk di jual.

Negara kita sudah di kenal sebagai salahsatu negara penghasil kayu di dunia, bahkan kayu di negara kita sangat beraneka ragam. namun sayangnya tidak semua kayu yang ada di negara kita bisa di olah menjadi lantai kayu. karena syarat kayu yang bisa digunakan untuk lantai kayu parquet harus memiliki tingkat keawetan, tingkat kepadatan, tingkat kekerasan, dan tingkat kuat yang tinggi. 

Jenis-jenis kayu yang di olah menjadi lantai kayu

  1. Kayu merbau
  2. Kayu jati
  3. Kayu bengkirai
  4. Kayu ulin
  5. Kayu kruing
  6. Dll

Kayu merbau merupakan kayu yang banyak tumbuh di papua, kayu ini sudah terkenal dengan keras dan padatnya. tak heran jika orang papua sendiri menyebutnya kayu besi.

Kayu jati, kayu ini merupakan kayu yang tumbuh dimana-mana. hampir setiap daerah sudah pasti menghasilkan beberapa kayu jati, di negara kita mungkin yang lebih terkenal adalah kayu jati jepara.

Kayu jati sudah sejak dulu sebagai kayu kuat,padat dan anti rayap. sehingga kayu ini dianggap kayu yang bagus untuk dijadikan lantai kayu.

Kayu bengkirai memiliki tingkat kekuatan kelas I dan II, nyaris sama dengan kayu jati. kayu ini sering ditemukan di kalimantan. dan kayu ini sering di olah menjadi lantai kayu karena kekuatannya yang baik.

Kemudian ada kayu ulin, kayu ini sering disebut kayu besi juga, karena tingkat kuat dan keawetannya masuk ke dalam kelas 1 kategori kuat, dan awet kelas 1. bahkan kayu ini kuat terhadap rayap, serangga, dan tahan terhadap perubahan kelembaban.

Baca juga informasi harga lantai kayu klik disini

Dan yang terakhir kayu kruing. kayu ini memang kayu yang memiliki tingkat keawetan dan kekuatan yang bagus.
karena kayu ini sering digunakan untuk bahan kontruksi berat di luar ruangan, seperti bantalan rel kereta api, tiang listrik, dan yang lainnya. sehingga kayu ini sangat bagus ketika di olah menjadi kayu parquet. 

Setelah lantai kayu, ada jenis lantai sebagai alternatif lantai selain keramik. yaitu karpet.

Karpet


Karpet merupakan penutup lantai yang bisa anda gunakan untuk keperluan interior maupun exterior. karpet memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda tergantung sesuai kebutuhan anda.

Karpet memiliki keunggulan tersendiri, yaitu bisa menambah keindahan sebuah rumah dan kenyamanan penggunanya.
tidak ada salahnya jika anda menggunakan jenis karpet sebagai alternatif selain keramik.

Tak hanya karpet dan lantai kayu, ada alternatif lainnya yang bisa anda gunakan untuk mempercantik rumah anda. yaitu lantai vinyl.
apa yang di maksud dengan lantai vinyl.

Lantai vinyl



Lantai vinyl merupakan penutup lantai yang bisa anda gunakan sebagai alternatif lantai selain keramik.
harga jual lantai vinyl sangat terjangkau, karena harga lantai vinyl di bawah lantai kayu solid. maka tak heran jika ada orang yang mencari lantai kayu dengan harga murah kami tawarkan lantai vinyl.

Jenis lantai ini merupakan penutup lantai dengan perawatan yang sangat mudah, berbeda dengan lantai kayu yang sangat sensitif terhadap air dalam jumlah yang banyak, karena lantai kayu apabila terkena air dalam jumlah banyak maka kayu tersebut akan menjadi lapuk dan tumbuh jamur.
sedangkan lantai vinyl tidak akan terjadi pelapukan, namun penggunaan air tetap dibatasi untuk perawatan lantai vinyl.

Lantai vinyl memiliki banyak corak yang tak kalah unik dengan lantai kayu, corak khas yang menyerupai kayu membuat lantai vinyl laris dipasaran.
tekstur lantai vinyl berbeda dengan lantai kayu, lantai vinyl memiliki tekstur yang agak lentur. 
lantai vinyl di produksi dari bahan-bahan kimia yang di proses sedemikian rupa sehingga menghasilkan lembaran-lembaran karet keras tebal.

Perbandingan lantai kayu, karpet, dan lantai vinyl

Perbandingan kekuatan

Dari tiga jenis lantai selain lantai keramik di atas yaitu lantai kayu, karpet, dan lantai vinyl, kita bandingkan dari segi kekuatannya.
kalau ngomongin dari segi kekuatan, semuanya merupakan lantai yang tahan terhadap serangan hama dan rayap.
akan tetapi jika di urutkan berdasarkan fakta di lapangan, sudah sangat jelas lantai kayu solid berada di urutan nomer satu.

Lantai kayu merupakan kayu yang sudah jelas sangat kuat,padat, dan keras. maka dari itu lantai kayu bisa bertahan lama.

Perbandingan Dari segi harga

Harga jual lantai kayu, lantai vinyl, dan karpet memang berbeda-beda. lantai kayu di nobatkan sebagai lantai dengan harga jual yang sangat tinggi.
sedangkan harga jual lantai vinyl dan karpet bisa dikatakan seimbang, jelas kedua jenis ini harganya di bawah lantai kayu.
meskipun lantai vinyl dan karpet murah, bukan berarti kualitas jenis ini rendah atau jelek. akan tetapi kualitasnya hampir sama dengan lantai kayu.