Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Lantai Untuk Lapangan Futsal


lantai lapangan futsal

Lantai Lapangan Futsal
– Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan olahraga futsal. Ya jelas demikian, sebab futsal merupakan salah satu jenis olahraga yang paling populer didunia. Bahkan jenis olahraga yang satu ini juga diminati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, baik itu laki-laki maupun wanita.

Dari segi permainan, olahraga futsal memang tidak berbeda jauh dengan sepak bola. Namun, yang membedakannya terdapat pada jumlah pemain serta ukuran lapangan. Bukan hanya itu, olahraga futsal juga bisa dilakukan di lapangan indoor.

Dalam membangun sebuah lapangan futsal, tentunya ada banyak sekali hal-hal yang harus dipertimbangkan. Terlebih untuk jenis lantai yang akan digunakan, karena tidak semua jenis lantai cocok diaplikasikan pada lapangan futsal.

Tips Memilih Lantai Terbaik Untuk Lapangan Futsal

1. Perhatikan Tingkat Keamanan dan Kenyamanan

Tips Memilih Lantai Terbaik Untuk Lapangan Futsal - perhatikan tingkat keamanan dan kenyamanan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih lantai terbaik untuk lapangan futsal, yakni memperhatikan tingkat keamanan dan kenyamanan lantainya. Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tidak semua jenis lantai cocok diaplikasikan pada lapangan futsal.

Dalam hal ini, sebaiknya anda memilih jenis lantai yang tekstur permukaannya tidak licin. Apabila teksturnya licin, tentu saja hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpeleset sehingga berpotensi mencederai para pemainnya.

2. Sesuaikan Dengan Ukuran Lapangan

Tips Memilih Lantai Terbaik Untuk Lapangan Futsal - sesuaikan dengan ukuran lapangan

Selain tingkat keamanan dan kenyamanan, penting juga bagi anda untuk memilih lantai yang sesuai dengan ukuran lapangan. Pada intinya, jangan sampai anda membeli lantai futsal dalam jumlah yang terlalu banyak dan terlalu sedikit.

3. Sesuaikan Dengan Budget

Tips Memilih Lantai Terbaik Untuk Lapangan Futsal - sesuaikan dengan budget

Pada dasarnya, setiap produk yang dibanderol dengan harga mahal sudah pasti memiliki kualitas tinggi. Begitu pun dengan produk lantai. Jika anda tidak memiliki masalah finansial, sebaiknya pilih lantai yang berkualitas tinggi.

Sebaliknya apabila budget anda terbatas, maka pilihlah jenis lantai yang memang sesuai dengan isi dompet. Dengan kata lain, jangan sampai anda memaksakan diri untuk membeli jenis lantai yang harganya diluar jangkauan isi dompet.

4. Perhatikan Material Lantai

Tips Memilih Lantai Terbaik Untuk Lapangan Futsal - perhatikan material lantai

Tips berikutnya yang harus anda lakukan dalam memilih lantai terbaik untuk lapangan futsal, yakni perhatikan materialnya. Namun, hal ini kembali lagi pada tipe lapangan futsalnya.

Untuk lapangan futsal outdoor biasanya menggunakan jenis lantai rumput sintetis dan lantai semen (lantai plester). Lalu, bagaimana dengan lantai lapangan futsal indoor…???

Baca juga : Tips Memilih Lantai Kayu yang Tepat Untuk Hunian

Jenis Lantai Untuk Lapangan Futsal Indoor

1. Rumput Sintetis

Jenis Lantai Untuk Lapangan Futsal Indoor - rumput sintetis

Tak hanya untuk lapangan futsal outdoor, rumput sintetis juga kerap dijadikan sebagai material lantai pada lapangan futsal. Selain dapat memberikan kenyamanan bagi para atlet, penggunaan lantai rumput sintetis juga tentunya dapat menghadirkan nuansa yang lebih natural dan alami.

2. Lantai Vinyl

Jenis Lantai Untuk Lapangan Futsal Indoor - lantai vinyl

Masih banyak yang beranggapan bahwa lantai vinyl merupakan parket kayu solid. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai vinyl tampil dengan motif yang menyerupai parket kayu solid (kayu asli). Padahal, lantai vinyl ini bukanlah bagian dari jenis parket solid.

Dari segi material, vinyl terbuat dari pahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan paralon atau pipa air. Itu sebabnya, mengapa lantai vinyl tampil dengan tekstur yang lebih elastis dan fleksibel.

Meski lentur, bukan berarti juga bahwa lantai vinyl sama sekali tidak memiliki kekuatan. Dari sisi kekuatan, lantai vinyl tergolong cukup awet, tahan kelembapan, tahan korosi dan serangan rayap.

Untuk keterangan lengkapnya silahkan klik : Rekomendasi Lantai Vinyl Terbaik

3. Lantai Interlock

Jenis Lantai Untuk Lapangan Futsal Indoor - lantai interlock

Biasanya jenis lantai interlock ini sering diaplikasikan pada lapangan futsal indoor. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat materialnya terbuat dari baha polypropylene sehingga memiliki daya tahan yang tinggi.

Selain awet, lantai yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap serangan hama serangga, anti jamur, hingga anti bakteri. Adapun mengenai beragam varian warna yang tersedia, mulai dari yang gelap, terang, dan netral.

Dari segi pemasangan, lantai interlock ini terbilang cukup mudah. Pasalnya, lantai interlock sudah dilengkapi dengan fitur knock down sehingga anda hanya tinggal membongkar pasang saja. Menariknya lagi, pada setiap sudutnya terdapat kuncian yang akan mempermudah kita saat memindahkan atau memasangnya kembali.

Akan tetapi, cara perawatan lantai interlock tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Saat hendak mengepelnya, sebaiknya anda menggunakan pel yang bertekstur lembut agar terhindar dari goresan.

4. Lantai Semen Dengan Finishing Pengecatan Diatasnya

Jenis Lantai Untuk Lapangan Futsal Indoor - lantai semen dengan pengecatan diatasnya

Biasanya desain lantai semen ini sering kita temui pada rumah-rumah di daerah pedesaan. Seiring dengan berjalannya waktu, kini penggunaan lantai semen pun sudah mulai banyak diaplikasikan pada lapangan futsal indoor.

Pasalnya, proses pengerjaan desain lantai semen ini dianggap lebih praktis dan ekonomis lho. Kendati demikian, ternyata penggunaan lantai semen dapat menghadirkan nuansa yang lebih elegan dan modern pada lapangan futsal.

Terlebih jika cara pengerjaannya dilakukan dengan benar dan tepat, yang dijamin akan membuat tampilan lapangan futsal tampak lebiih berestetika. Untuk mendapatkan hal tersebut, maka proses finishing yang artistic harus diberi perhatian ekstra.

Dalam hal ini, anda harus memastikan permukaan finishing tidak bergelombang serta material semen yang digunakan harus terdiri carai campuran yang sama presisi. Ya, hal itu bertujuan agar tidak terjadi perbedaan warna lantai dan juga tidak timbul retak-retak di hasil akhirnya.

5. Lantai Parquet

Jenis Lantai Untuk Lapangan Futsal Indoor - lantai parquet

Jenis lantai terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk lapangan futsal, yakni berupa lantai parquet alias parket kayu. Berbeda dengan lantai vinyl, yang mana lantai parquet terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan asing lainnya.

Dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan kayu asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetan lantai parquet sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Tak hanya kokoh dan kuat, penggunaan lantai parquet juga tentunya dapat meningkatkan nilai estetika pada lapangan futsal itu sendiri.

Terlebih untuk jenis parquet jati yang memang terkenal dengan keindahan dan keawetannya. Bukan hanya itu, lantai parquet memiliki permukaan dengan tekstur kesat sehingga tidak akan licin. Tentunya hal tersebut akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemain, karena dapat meminimalisir risiko terpeleset.

Seandainya terjatuh, kita pun tidak akan terlalu merasa sakit karena tekstur lantai parquet yang tergolong cukup empuk. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai parquet memiliki kemampuan yang dapat menghantarkan suhu hangat sehingga akan berdampak bagus untuk kesehatan.  

Baca juga : Lantai Untuk Lapangan Basket

Nah, itulah beberapa jenis lantai terbaik untuk lapangan futsal sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.