Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Tips Memilih Lantai kayu yang Tepat Untuk Hunian Rumah



tips memilih lantai kayu


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa memiliki sebuah hunian yang nyaman dan indah itu menjadi dambaan bagi setiap orang. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu saja membutuhkan beragam cara yang harus dilakukan, mulai dari pemilihan furniture, pemilihan jenis lantai, penataan perabotan, warna cat dinding, dan masih banyak lagi. 

Dari sekian banyaknya faktor yang ada, pemilihan jenis lantai memang memiliki peranan penting dalam menunjang tampilan sebuah hunian. 

Ya, tak hanya berfungsi untuk memberi kenyamanan pijakan kaki, penggunaan jenis lantai yang tepat juga pastinya akan memperindah tampilan rumah kita. 

Lantai kayu pun menjadi salah satu pilihan paling tepat untuk memperindah tampilan rumah. 

Hal itu bukan tanpa alasan, megingat lantai kayu atau yang sering disebut dengan istilah parket ini memang dapat menyuguhkan nuansa yang lebih elegan, mewah, dan natural. 

Seperti jenis lantai pada umumnya, dimana lantai kayu parket juga terbagi lagi kedalam beberapa jenis berbeda. 

Tentu saja masing-masing dari jenis lantai kayu tersebut memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari warna, pola serat, tingkat keawetan, tingkat kekerasan, hingga harganya. 

Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui seluk beluk dan tips memilih lantai kayu yang tepat untuk sebuah hunian. 

Lantas, bagaimanakah cara memilih lantai kayu yang tepat untuk hunian rumah? 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips memilih lantai kayu yang tepat untuk hunian. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Lantai Kayu 

1. Perhatikan Tingkat Kekuatan, Kekerasan, dan Keawetannya

berbagai macam produk lantai kayu parket

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih lantai kayu yang tepat, yakni memperhatikan tingkat kekuatan, kekerasan, dan keawetannya. Menurut informasi yang didapat dari dunia perkayuan, jenis-jenis lantai kayu yang memiliki kualitas bagus itu diantaranya adalah kayu jati, merbau, bengkirai, ulin, dan kruing (keruing).

Artikel Terkait -> Perbandingan Lantai Kayu Jati Vs Merbau

contoh penggunaan lantai kayu laminasi

Pada jenis lantai kayu yang non-solid, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kualitasnya, Lantas, seperti apakah contoh lantai kayu non solid? 

Perlu anda ketahui, jenis lantai kayu non solid itu seperti laminated flooring atau yang sering juga disebut dengan nama lantai laminasi. Adapun mengenai beberapa poin pentingnya yang harus anda perhatikan seperti berikut :

  • Laminated flooring harus menggunakan bahan HDF kelas 4
  • Laminated flooring harus meggunakan aluminium oxide kelas 4
  • Laminated flooring harus memiliki sistem WAX
  • Laminated flooring yang sudah dilengkapi dengan sistem double click

2. Pemilihan Motif Atau Corak Lantai Kayu yang Sesuai

aneka motif lantai kayu parket

Bagi anda yang ingin menggunakan lantai kayu dengan nuansa natural dan elegan, maka lantai kayu jatilah yang paling recommended. Mengapa demikian? 

Ya, hal itu dikarenakan lantai kayu jati memiliki corak random dan menyuguhkan nuansa lebih natural, elegan, serta mewah. 

Dengan menggunakan lantai kayu jati, secara otomatis tampilan rumah anda akan lebih sedap dipandang. 

Jika ingin menggunakan lantai kayu dengan nuansa yang unik dan berbeda dari yang lain, disarankan bagi anda untuk memilih jenis lantai kayu sonokeling. 

Pasalnya, lantai kayu sonokeling ini tampil dengan perpaduan warna hitam pekat dan cokelat. 

lantai kayu sonokeling

Sedangkan untuk area outdoor, sebaiknya anda memilih jenis laminated flooring (lantai laminasi). Soalnya jenis lantai kayu solid tidak cocok digunakan untuk area outdoor, karena ia memang tidak tahan terhadap perubahan iklim khas Indonesia. 

Atau, anda juga bisa menggunakan jenis decking seperti decking bengkirai, decking merbau, decking kruing, decking ulin, dan lain sebagainya. 

Untuk informasi lebih lengkapnya lagi seputar decking, silahkan klik: Jenis-jenis Decking Kayu Terbaik

3. Pilih Lantai Kayu yang Sesuai Dengan Kondisi Hunian

penggunaan lantai laminasi di kantor

Jika anda ingin memasang lantai kayu di area perkantoran, maka flooring laminated ini lebih cocok jika dibandingkan dengan jenis lantai kayu solid. Apa alasannya? 

Sebab proses pemasangan lantai kayu solid membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbeda dengan flooring laminated, dimana proses pemasangannya sudah terbukti lebih simple dan hemat waktu. 

Baca Juga: Harga Lantai Kayu Terbaru 2024

Selain cocok diaplikasikan pada area perkantoran, Laminated flooring juga bisa digunakan untuk kebutuhan di tempat-tempat festival. 

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat Laminated flooring mudah dibongkar pasang. Dengan kata lain, Laminated flooring lebih cocok digunakan untuk tempat-tempat yang sifatnya tidak bertahan lama. 

parket solid untuk area indoor

Namun untuk kebutuhan hunian pribadi, maka anda harus menggunakan jenis lantai kayu solid seperti kayu jati, merbau, dan lain sebagainya. 

Terutama di area ruang tamu dan area indoor lainnya, yang mana penggunaan lantai kayu solid ini dapat menyuguhkan nuansa yang lebih hangat dan bersahabat. 

4. Memilih Lantai Kayu yang Sesuai Dengan Budget

menyesuaikan budget

Selain harus meyesuaikan dengan kondisi hunian, tentu saja pemilihan lantai kayu juga harus disesuaikan dengan kondisi dompet anda ya. 

Dalam hal ini, pastinya anda ingin mendapatkan lantai kayu yang murah namun berkualitas bagus bukan? Perlu diketahui, bahwa harga tidak akan pernah membohongi soal kualitas.

Semakin mahal harga yang ditawarkannya, tentu akan semakin bagus pula kualitas yang dimilikinya. 

Hal tersebut meliputi beberapa faktor, mulai dari tingkat daya tahan, kekuatan, keawetan, pola serat, dan warnanya. Menurut informasi yang didapat, jenis lantai kayu solid jati adalah yang paling mahal. 

Meski demikian, ada juga lantai kayu solid jati yang menawarkan harga lebih murah. Ya, biasanya perbandingan harga lantai kayu jati akan dibedakan berdasarkan kelasnya, yaitu grade A, B, dan C. Namun, ada juga produk lantai kayu jati yang menggabungkan grade A dengan grade B. 

Nah, untuk anda yang ingin memesan atau sekedar berkonsultasi seputar lantai kayu, silahkan hubungi team marketing kami di nomor (021) 539-7273 / WhatsApp 0812-2042-004 (respon cepat)

5. Belanja Lantai Kayu di Toko yang Sudah Berpengalaman

toko lantai kayu terpercaya

Hal penting berikutnya yag harus anda perhatikan dalam memilih lantai kayu yang tepat, yakni berbelanja di ktoko yang memang sudah berpengalaman. Mengapa demikian? 

Pasalnya, produk lantai kayu tersebut bisa dikatakan cukup unik, terlebih saat proses pemasangannya. Dengan kata lain, pemasangan lantai kayu tidak bisa dilakukan sembarangan, melainkan harus oleh yang benar-benar ahli dibidangnya. 

Mengingat akan hal itu, tentunya sangat penting bagi anda berbelanja lantai kayu di toko yang sudah berpengalaman. 

Sebab, toko lantai kayu yang sudah berpengalaman pastinya sudah menyediakan jasa-jasa yang profesional juga. 

Berbicara soal toko lantai kayu yang sudah berpengalaman, kami Rumah Parquet siap melayani kebutuhan lantai kayu anda, baik secara online maupun offline. 

Selain respon yang cepat, kami juga sudah menyediakan jasa-jasa pemasangan lantai kayu yang sudah profesional serta biayanya yang bersahabat. 

Cabang Rumah Parquet yang Bisa Anda Kunjungi

1. Jakarta

Alamat : Jl. Raya Serpong, Km 10, No 18d BSD, Tangerang

Telepon : (021) 539-7273

2. Bandung

Alamat : Jl. Rajawali Barat, No. 39 Bandung 40213

Telepon : (022) 607-8505

3. Surabaya

Alamat : Jl. raya Mayend Bambang Juwono No. 37, Ds Sduri, Balong Bendo, Sidoarjo

Telepon : 0812-2224-4419

4. Bali

Alamat : Jl. Imam onjol No. 382T Banjar Pamecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Kota

Telepon : (0361) 4717-994