Fashion Blog

Seberapa Penting Penggunaan Aksesoris Untuk Lantai Parket?

 

Aksesoris lantai parket

Aksesoris lantai parket – Akhir-akhir ini penggunaan lantai parket kayu memang mulai banyak diminati oleh masyarakat. Pasalnya, penggunaan lantai parket dapat meningkatkan nilai estetika dalam hunian.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai parket kayu memiliki pola corak serta warna yang begitu serasi. Tak hanya meningkatkan nilai estetika, bahkan penggunaan lantai parket juga mampu meningkatkan rasa nyaman lho.

Secara umum, produk lantai parket tersedia kedalam dua tipe yang berbeda. Ya, ada parket tipe solid dan parket tipe sintetis. Dinilai dari segi kualitasnya, lantai parket solid tentu jauh lebih unggul dibanding parket sintetis.

Sebab parket solid terbuat dari bahan kayu asli, sementara parket sintetis terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan bahan-bahan kimia.

Meski demikian, dalam pemasangan lantai parket solid maupun sintetis harus dilengkapi dengan aksesoris. Lalu, apa fungsi dari penggunaan aksesoris tersebut?

Fungsi Aksesoris Lantai Parket

Dari segi fungsi, penggunaan aksesoris untuk lantai parket kayu bertujuan untuk membuat tampilannya terkesan lebih berestetika. Selain itu, aksesoris juga berfungsi untuk menutupi kekurangan yang terjadi selama proses pembangunan maupun pemasangan lantai parket.

Fungsi Aksesoris Lantai Parket

Misalkan seperti tumpahan cat, plamir yang tidak rata, dan lain sebagainya. Dengan adanya aksesoris, tentu saja hasil pemasangan lantai kayu akan terlihat lebih rapi dan indah.

Umumnya, aksesoris lantai kayu yang paling umum digunakan itu berupa lis berbahan PVC (polyvinyl chloride) dan MDF (medium high density). Namun, lis MDF tidak terlalu tahan terhadap serangan rayap.

Adapun mengenai ketebalan lis yang tersedia dipasaran, mulai dari 2 mm hingga 1 cm karena tergantung ketebalan lantainya.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis aksesoris lantai parket, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Jenis Aksesoris Lantai Parket

1. Plint (Skirting)

Plint atau skirting memiliki ukuran yang cukup bervariasi, yakni mulai dari 6 cm sampai 10 cm. Adapun mengenai penggunaan plint lantai yang biasa di pasang di pinggiran dinding.

jenis Aksesoris Lantai Parket - plint skirting

Soal fungsinya, Plint Skirting berfungsi untuk menutupi jarak antara ujung lantai dengan tembok. Guna meminimalisir risiko pemuaian saat pemasangan lantai kayu, biasanya akan diberi sedikit jarak antara lantai dengan tembok.

Ya, Plint tersebutlah yang bertugas untuk menutupinya sehingga tampilan lantai telihat lebih rapi. Selain itu, Plint juga akan memberikan perlindungan terhadap tembok dari kotoran saat kamu mengepel atau menyapu lantai.

Baca selengkapnya: Mengenal Plint Skirting Untuk Lantai dan Jenis-jenisnya

2. Lis Ending (Lis Siku)

Dari namanya saja sudah sangat jelas, jenis aksesoris lantai parket yang satu ini memiliki bentuk menyerupai huruf “L” atau berbentuk siku-siku.

Lis Ending (Lis Siku)

Adapun Lis Siku yang biasanya digunakan sebagai pengganti plint skirting. Terutama di area yang memang tidak bisa dijangkau oleh plint skirting, seperti kaca yang ada dibagian jendela dengan lekukan tajam.

Selain itu, Lis Siku juga dapat dipasang pada pinggiran tembok serta sebagai pembatas antara lantai dengan tangga.

3. Lis Adaptasi

Lis Adaptasi

Dilihat dari segi fungsinya, Lis Adaptasi memang memiliki fungsi yang hampir mirip dengan jenis lis siku. Meski demikian, Lis Adaptasi memiliki ukuran yang lebih lebar dan agak sedikit melengkung.

Untuk penempatannya, Lis Adaptasi biasa di pasang di area pintu atau berperan sebagai pemisah antara dia lantai dengan beda ketinggian, seperti lantai kayu dan lantai keramik.

4. Lis Transisi

Lis Transisi

Lis Transisi hadir dengan bentuk menyerupai huruf T, yang mana fungsinya seperti jenis lis adaptasi tadi, yakni dipasang di area pintu atau berperan sebagai pemisah lantai.

Namun, terdapat satu hal yang menjadi ciri khas dari Lis Transisi. Dengan menggunakan Lis Transisi, maka ia bisa mempertegas perbedaan antara dua ruang dengan ketinggian yang sama.

5. Lis Nosing (Lis Oval)

Lis Nosing (Lis Oval)

Untuk tampilan bentuknya, jenis aksesoris lantai yang satu ini memang tampak seperti hidung. Sehingga tak heran jika ia dinamai dengan lis nosing. Namun, banyak juga orang yang menyebutnya dengan istilah Lis Oval.

Berbicara soal fungsinya, Lis Oval biasa digunakan untuk pemasangan papan tangga kayu yang ditempatkan di setiap siku atau sesuai kebutuhan. Dengan bentuknya yang oval, tentu saja hal ini akan membuat bagian siku tangga menjadi lebih nyaman.

6. Underlayer Foam

Jenis aksesoris lantai parket berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa Underlayer Foam. Ya, biasanya Underlayer Foam diguanakan pada proses pemasangan lantai parket, yang berfungsi untuk membantu meratakan permukaan lantai dasarnya.

Underlayer Foam

Selain itu, penggunaan underlayer foam juga mampu mencegah keringat dari permukaan lantai agar tidak mengenai lantai parket. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, ia dapat mengurangi bunyi decitan pada lantai parket saat kakimu berjalan diatasnya.

Produk Aksesoris Lantai Parket yang Kami Sediakan

Tak hanya menyediakan beragam jenis lantai kayu, toko RumahParket juga menyediakan berbagai aksesoris lantai yang berkualitas tinggi dengan harga terjangkau seperti berikut:

Aksesoris Untuk Parket Sintetis (Vinyl dan Laminated):

  • Plin profile (ada beragam ukuran)
  • End profile
  • Aluminium end profle
  • Lis adaptasi
  • Lis transisi
  • Lis nosing (lis oval)
  • Aluminium nosing
  • Aluminium transition
  • Aluminium adaption vinyl
  • Foam underlayer

Aksesoris Untuk Lantai Parket Solid:

  • List profile
  • Lis adaptasi
  • Lis transisi
  • Plint skirting
  • Step nosing.

Untuk info pemesanan lantai parket dan aksesorisnya, segera hubungi marketing kami pada nomor yang sudah tertera di website ini.

Itu dia penjelasan singkat mengenai jenis-jenis aksesoris lantai parket beserta fungsinya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak menggunakannya.