Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Cara Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Mengkilap

cara merawat lantai kayu


Rumahparket.net - Cara mudah merawat lantai kayu parket agar tetap mengkilap sepanjang masa.

Keindahan lantai kayu parket terletak pada perawatannya. Berbeda dengan lantai keramik,lantai kayu parket harus diberi perhatian khusus untuk masalah perawatannya,agar tetap mengkilap,awet dan tahan lama. Cara merawat lantai kayu

Keunggulan klasik dari lantai kayu 

Kayu adalah bahan yang alami. Dengan berbagai warna, pola, serat yang berbeda satu dengan yang lainnya. Itu menjadikan lantai kayu lebih menarik untuk dipandang dan menimbulkan kesan alami pada hunian yang memakai lantai kayu tersebut.

Kayu menawarkan corak yang banyak macamnya, karena proses tersebut 100% alami terjadi tanpa campur tangan manusia dan bahan ilmiah lain.

Dari segi fungsional yang luar biasa, bahan baku kayu juga lebih banyak menawarkan hal tersebut karena bisa di pola sedemikian rupa untuk mencapai segi fungsional tersebut.

Lantai kayu dari jaman dulu hingga sekarang menjadi pilihan terbaik untuk urusan hunian atau tepatnya lantai tempat kita berpijak dirumah.
BACA : Harga Material Lantai Kayu Parket/Parquet

Mengapa anda harus Merawat Lantai Kayu

cara merawat lantai kayu


Perlu anda ketahui lantai kayu atau parket membutuhkan perawatan yang baik agar tetap dalam kondisi baik untuk jangka waktu yang lama.

Setelah selesai proses pemasangan, lantai kayu atau parket dilapisi dengan pernis atau cat pelindung. Bahan tersebut memang ampuh untuk melindungi lantai kayu, tetapi jika umur pemakaian sudah mencapai bertahun-tahun, bahan tersebat akan mulai luntur.

Seiring waktu tanda-tanda lantai kayu sudah tua akan muncul, seperti :
1. Mulai kusam (lapisan finishingnya luntur)
2. Bintik-bintik putih muncul
3. Retak kecil dan penyok

Jika anda tidak segera memberikan perbaikan/perawatan, lantai kayu akan menjadi kusam, gelap dan membusuk.

Kami yakin semua orang tidak menginginkan hal buruk itu terjadi pada lantai rumahnya, maka dari itu kami membuat artikel ini untuk memeberikan informasi yang kami punya tentang cara merawat lantai kayu dengan benar.

Aturan dasar untuk merawat lantai kayu

Agar lantai kayu terlihat bagus,maka harus dibersihkan secara berkala dan rutin. Yang terpenting, lantai kayu "tidak suka" pasir ata partikel batu yang jatuh diatasnya.

Jika anda mengetahui secara pasti apa saja aturan dasar untuk merawat lantai kayu, anda tidak akan kehilangan keindahan alami pada lantai kayu selama bertahun-tahun.
cara merawat lantai kayu

Lindungi lantai kayu dari kotoran

Untuk menjaga keindahan lantai kayu , letakan keset di pintu masuk sehingga anda bisa membersihkan kotoran yang terbawa dari luar saat akan masuk ruangan. 

Idealnya, letakan dua atau lebih di beberapa akses masuk atau keluar antar ruangan.

Lantai parket atau kayu harus dibersihkan secara berkala dengan menyapunya dengan sapu biasa, dan untuk lebih bersih anda perlu menggunakan penyedot debu.

Hal ini diperlukan untuk menyedot noda/debu yang tidak bisa dibersihkan dengan sapu biasa, debu sendiri akan merusak lantai kayu dengan goresan goresan kecil yang kalau didiamkan secara lama akan menimbulkan kerusakan yang berarti. 

Perawatan sederhana tersebut bisa anda lakukan setiap harinya.

Gunakan pelindung furniture

Lindungi lantai kayu dari furniture dengan kaki/sudut yang tajam. Jika anda menggunakan furniture dengan kaki tajam alangkah baiknya diberi alas halus agar mencegah goresan yang ditimbulkan oleh sudut tajam tersebut.

Ada pula sepatu hak yang tajam dan kaku yang lebih baik tidak digunakan di area lantai kayu , gunakanlah sandal lembut atau kaus kaki.

Hewan peliharaan juga dianggap sebagai musuh lantai kayu

cara merawat lantai kayu


Mereka menggores permukaan lantai dengan kukunya dan meninggalkan berbagai kotoran diatasnya. Permukaan lantai kayu yang dilaminasi memang tahan terhadap berbagai kerusakan, namun hal tersebut juga tidak mentolelir cakar dan giginya.

Memastikan kadar air yang optimal untuk lantai kayu

Udara yang terlalu kering bisa sangat berbahaya untuk lantai parket, dalam beberapa kasus yang terjadi, udara yang terlalu kering menyebabkan retakan pada kayu, pembentukan retakan itu terlihat tidak menarik dilantai. 


Diruangan yang kering kami sarankan anda untuk menggunakan pelembab udara yang memberikan kelembaban yang tepat agar lantai kayu tidak retak.

Sebaliknya, kelembaban yang terlalu tinggi mempengaruhi pertumbuhan jamur dan lumut pada lantai kayu, utamanya terlihat pada ruangan yang sistem ventilasinya buruk.

Untuk menghindari hal itu pastikan sirkulasi udara yang baik dirumah anda.

Jika dalam bencana yang tak terduga seperti banjir, alangkah baiknya untuk menghilangkan genangan tersebut secepat mungkin.

Jika lantai kayu telah berada di dalam air untuk waktu tertentu, maka perlu untuk menghilangkan lapisan pernis dari parket dan membiarkan lantai kayu mengering untuk waktu yang lama (1 bulan lebih).

Untuk mengurangi waktu pengeringan anda dapat menggunakan pemanas ruangan, tetapi dalam hal ini anda harus memperhitungkan kadar air parket, agar tidak timbul masalah lain yang muncul.


Tips Pembersihan dalam Merawat Lantai Kayu langsung dari ahlinya

Beberapa tips berikut ini mungkin sangat berguna bagi Anda yang ingin tetap menjaga agar lantai kayu dirumah tetap terawat dan mengkilap.

Simak langkah demi langkah yang akan dijelaskan dibawah ini. 

Tips ini didapatkan langsung dari Team Kami yang khusus mengurusi bagian pemasangan lantai kayu dan perawatannya.

Mereka menyarankan untuk membersihkan lantai kayu setiap seminggu sekali dan mengkilapkan lantai kayu setiap dua hingga empat bulan sekali.

Step by step dalam membersihkan lantai kayu :
  1. Pindahkan furnitur atau benda yang ada diatas lantai kayu yang akan dibersihkan.
  2. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu. Penggunaan vacuum cleaner sangat tepat ketimbang menggunakan sapu atau kain pel,karena vacuum cleaner bisa mengangkat kotoran hingga ke sela-sela kayu yang sengaja dipasang agak renggang untuk mengatasi penyusutan dan pemuaian kayu.
  3. Harus mengetahui jenis kayu dan finishing yang digunakan pada saat awal pemasangan (bisa ditanyakan langsung kepada perusahaan lantai kayu tempat Anda memesan). Lantai poliuritan memiliki finishing yang kasar dan cukup dibersihkan dengan air saja. Sedangkan lantai kayu dengan lak atau pernis tidak dapat terkena air dan harus digosok secara teratur.
  4. Untuk membersihkan lantai kayu poliuritan,cukup campurkan cairan pencuci piring kedalam air secukupnya,kemudian pel seluruh permukaan lantai kayu dengan gerakan halus,jika terdapat genangan air segera lap kering jangan biarkan merembes yang dapat berakibat lantai kayu rusak dan melengkung.
  5. Gosok lantai kayu dengan kain mikrofiber menggunakan tangan dengan cara memutar sampai lantai kayu terlihat agak mengkilap.


Step by step dalam mengkilapkan lantai kayu :
  1. Pastikan dulu lantai kayu yang Anda gunakan. Apakah menggunakan finifhing poliuritane atau finishing jenis lain.
  2. Gunakan bahan pengkilap kayu rekomendasi dari perusahaan lantai kayu dan ikuti petunjuk pemakaian. Cobalah pada satu area dulu dan lihat hasilnya,jika berhasil teruskan pada area lainnya.
  3. Semprotkan bahan pengkila kayu pada kain atau langsung pada lantai kayu sesuai dengan petunjuk pada kemasan.
  4. Gosok lantai kayu secara lembut dan gerakan setengah putaran.
  5. Biarkan kering
  6. Selesai
Perabotan dan barang-barang interior lainnya dapat ditempatkan kembali di lantai tersebut satu hingga dua jam setelah proses pengkilapan. 

Perawatan yang tepat dilakukan untuk lantai kayu atau parket anda akan secara signifikan memperpanjang umur perbaikannya. 

Dan anda tidak perlu melakukan perbaikan yang mahal serta melelahkan lebih dari sekali setiap 4-6 tahun.