Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Harga Lantai Outdoor Dari Kayu Ulin Kalimantan

Rumahparket.net - Harga lantai kayu outdoor kali ini terbuat dari kayu Ulin. Kayu Ulin memiliki keunggulan dibanding kayu lainnya terutama untuk lantai kayu outdoor.

Kayu Ulin banyak tumbuh di daerah Kalimantan dan merupakan daerah endemik dari kayu Ulin. Ada banyak manfaat dari kayu Ulin untuk kehidupan Kita. Didaerah asalnya yaitu Kalimantan,kayu Ulin biasa digunakan untuk tiang utama sebuah bangunan atau dijadikan tiang jembatan.

Ciri-ciri kayu Ulin :

  • Tekstur kayu kuat dan keras
  • Tahan lama
  • Tidak mudah membusuk
  • Tahan air
  • Dan masih banyak lagi keunggulan dari kayu Ulin
Harga lantai kayu Ulin terbaru untuk outdoor

Dengan melihat ciri-ciri diatas maka kayu Ulin sangat cocok digunakan untuk lantai kayu outdoor. Seperti kita ketahui bahwa outdoor adalah area terbuka yang bisa terkena air hujan atau sinar matahari langsung.

Untuk harga lantai kayu Ulin ukuran 1,9cm x 9cm x 180cm - 570cm = Rp 380.000/m2.
Jenis lantai kayu outdoor lainnya yang tersedia adalah Decking kayu Bengkirai,decking kayyu Merbau dan Decking kayu Kruing yang memiliki karakteristik dan kekuatan yang hampir sama.

Mengenal Pohon Kayu Ulin

pohon kayu ulin

Pohon kayu ulin tumbuh dengan ukuran yang sangat besar, dimana ketinggiannya bisa mencapai 50 m, dengan diameter bisa di atas 1 m. Disamping itu, ia juga memiliki usia pertumbuhan yang cukup lama, yakni hingga ratusan tahun. 


Jenis pohon kayu yang satu ini memang tumbuh subur di kawasan hutan tropis Kalimantan, yang mana batang pohonnya sering digunakan oleh masyarakat Suku Dayak untuk berbagai keperluan konstruksi maupun property. 

Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan kayu ulin memiliki tekstur yang sangat keras dibanding dengan jenis kayu lainnya. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat kayu ulin sering dijuluki dengan nama "Kayu Besi".   

Jika pohon tersebut di tebang atau roboh, namun selama akarnya masih tertanam, maka ia tetap bisa tumbuh tunas baru (coppice). Nah, tunas tersebutlah yang dapat di budidayakan ulang ke tempat baru, atau dibiarkan di tempat awal menjadi pohon yang baru. 

Menurut informasi yang didapat, proses pembudidayaan pohon kayu ulin ini tergolong cukup mudah. Hal itu terbukti, dimana dalam 1 biji kayu Ulin saja mampu tumbuh beberapa bibit pohon kayu Ulin. Adapun mengenai beberapa keunggulan dan kekurangan dari kayu ulin seperti dibawah ini :

Keunggulan Kayu Ulin

  • Merupakan jenis kayu  yang mempunyai tingkat awet dan kuat  kelas 1, sehingga durasi penggunaan Kayu ulin bisa dipakai seumur hidup masa pemakaiannya.
  • Kayu Ulin yang sudah dewasa mempunyai tingkat kerapatan yang baik.
  • Kayu ulin sudah terbukti kuat terhadap api.
  • Mempunyai tingkat stabilitas yang sangat baik terhadap perubahan cuaca.
  • Mempunyai tingkat kekerasan yang begitu tinggi, sehingga penggunaan untuk Bahan tiang rumah, bantalan kereta, kayu akan tetap kokoh.

Kekurangan Kayu Ulin 

  • Durasi pertumbuhan yang cukup lama, sehingga penebangan dan pemanfaatan kayu Ulin harus di imbangi dengan regenerasi agar keberadaannya tidak punah.
  • Kayu ulin tidak cocok digunakan untuk bahan produk furniture, karena tingkat kekerasan kayu yang menyulitkan dalam hal produksi. 
  • Harganya yang relatif mahal, dikarenakan kayu ulin cukup sulit dijumpai dipasaran alias langka. 
Nah, setelah mengetahui seluk beluk dari pohon kayu ulin, mari kita ke pembahasan selanjutnya mengenai pemanfaatan kayu ulin untuk berbagai produk property rumah. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

Pemanfaatan Kayu Ulin Untuk Produk Property

Memang sudah sejak dari dulu kayu ulin kerap digunakan oleh masyarakat Suku Dayak untuk beragam kebutuhan, mulai dari bahan bangunan rumah, atap sirap (atap rumah), ukiran kerajinan, ornamen, patung, turap untuk pinggiran sungai, jembatan, pembuatan dermaga, dan lain sebagainya. 

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini kayu ulin di oleh dengan cara yang lebih modern lagi. Ya, salah satunya untuk bidang property rumah. Adapun mengenai beragam pemanfaatan kayu ulin untuk berbagai produk property seperti berikut :

1. Decking Kayu Ulin

decking kayu ulin

Istilah decking merujuk pada produk lantai kayu outdoor, karena pemasangannya memang cocok ditempatkan di area-area luar ruangan, seperti taman, halaman, balkon, rooftop, hingga pinggiran kolam renang. Bukan hanya itu, bahkan decking ulin sering dijadikan untuk pembuatan dermaga maupun jembatan.

Pasalnya decking kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca, tahan air & api, anti rayap, anti jamur, serta tingkat pemuaian dan penyusutannya yang cukup rendah. Bukan hanya itu, dengan menggunakan decking kayu ulin ini juga tentunya dapat mempermanis tampilan hunian rumah anda. 

2. Plafon Kayu Ulin

plafon kayu ulin


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa plafon alias langit-langit merupakan salah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah hunian. Ya, dengan menggunakan plafon, maka kabel-kabel dan kerangka atap yang tadinya berantakkan akan tertutupi sehingga menjadi terlihat lebih rapi. 

Menarik juga untuk disimak : Plafon PVC Vs Plafon Lambersering

Dari sekian banyaknya jenis plafon kayu yang tersedia, plafon kayu ulin ini memang yang paling laris dipasaran. Mengapa demikian? Tentunya hal tersebut dikarenakan karakteristik kayu ulin yang begitu kokoh dan kuat, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, plafon kayu ulin ini diklaim mampu meredam suara berisik dari arah luar. Itu sebabnya, mengapa plafon kayu ulin sangat cocok digunakan bagi mereka yang rumahnya berada di pinggir-pinggir jalan atau pusat keramaian. 

Bukan hanya itu, bahkan plafon kayu ulin juga berperan sebagai pengatur suhu didalam ruangan lho. Ketika musim panas tiba, plafon kayu ulin dapat menyerap panas sehingga suhu dalam rumah anda akan tetap terasa adem. 

Begitupun ketika musim dingin tiba, yang mana plafon kayu ulin ini memiliki kemampuan yang dapat menciptakan suhu hangat di dalam rumah. 

3. Pagar & Papan Tangga Kayu Ulin

pagar & tangga kayu ulin

Tentunya anda sudah terbiasa dengan pagar rumah yang terbuat dari bahan logam ataupun aluminium bukan? Pagar rumah yang berbahan logam dan aluminium memang bukan hal yang asing lagi, karena sebagian besar pagar-pagar rumah di Indonesia banyak yang menggunakan jenis pagar tersebut.

Nah, untuk anda yang ingin mendapatkan desain pagar yang berbeda dari biasanya, maka penggunaan pagar kayu ulin ini merupakan pilihan yang paling tepat. Pasalnya, pagar kayu ulin dapat mempertegas kesan yang lebih mewah dan elegan, namun masih tetap menonjolkan sisi naturalnya. 

Selain dijadikan bahan pembuatan pagar, kayu ulin juga kerap digunakan untuk pembuatan trap atau papan tangga. Tentunya penggunaan papan tangga kayu ulin ini dapat menghadirkan nuansa yang berbeda dari biasanya, serta tekstur permukaannya yang kesat dan tidak licin. 

Untuk info harga lantai kayu terbaru buka : Daftar Harga Lantai Kayu 2021
 
Bagi yang berada di Banten dan sekitarnya, Anda bisa mendapatkan harga lantai kayu Ulin murah dengan datang langsung ke showroom Kami di Jl.Raya Serpong Km.10 No.18D Tangerang - Selatan.