Fashion Blog

Intip Cara Memasang Decking Kayu Dengan Benar

cara memasang decking kayu

Decking kayu atau wooden deck merupakan material penutup lantai yang biasanya diaplikasikan di area outdoor, seperti taman, halaman, balkon, rooftop, hingga tepian kolam renang. 

Sebenarnya proses pemasangan decking kayu hampir sama dengan memasang lantai kayu parket, namun ada sedikit perbedaan.

Ya, terutama untuk kemiringan area yang akan dipasang decking kayu.

Tidak seperti lantai kayu parket dimana permukaannya harus rata, untuk pemasangan decking kayu (wooden deck) harus memiliki kemiringan minimal 15° agar aliran air bisa lancar.
BACA : Project Pemasangan Tangga Kayu Jati
Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai tahapan memasang decking kayu, yuk simak langsung ulasannya di bawah ini. 

Tahapan Memasang Decking Kayu

Tahapan Memasang Decking Kayu
  1. Pada tahapan pertama, maka lokasi yang akan di tutupi Decking kayu ini harus di Plester terlebih dahulu dan di rapikan dengan Acian (mortar).
  2. Kemudian siapkan Balok kayu atau kayu Kaso yang akan digunakan sebagai Bantalan Decking (Bisa ukuran Kaso 2x4cm, bisa 4x6cm, bisa juga ukuran 5x7cm, atau bisa juga dengan bahan Decking itu sendiri yang ukuran standarnya 1,9x9cm).
  3. Langkah selanjutnya, yaitu membentangkan Bantalan kaso diatas permukaan lantai yang akan dipasangi Decking dengan Jarak Standar yaitu 50cm atau 60cm. Atau tergantung ketebalan Decking yang akan digunakan.
  4. Setelah Bantalan Kayu dibentangkan satu persatu, jangan lupa untuk memperkuat bentangan itu dengan cara di sekrup menggunakan Fischer agar Bantalan yang terpasang tidak bergeser.
  5. Berikutnya lakukan pengukuran decking kayu yang akan dipasang satu per satu, kemudian tempatkan di atas bantalan dengan cara di sekrup pada bagian atasnya.
  6. Decking ini harus dipasang secara zig-zag, sebagaimana memasang bata, kemudian diberi jarak sekitar 3 – 5 cm.
  7. Untuk tahap terakhir, maka permukaan decking akan diberi lapisan coating agar tampilannya mengkilap serta tahan terhadap perubahan cuaca.
Itu dia tahapan yang benar dalam memasang decking kayu, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan penambah wawasan. 

Berbagai Hasil Pemasangan Decking

1. Decking Kayu Pada Pinggiran Kolam Renang

Decking Kayu Pada Pinggiran Kolam Renang

2. Decking Kayu Pada Teras Rumah

Decking Kayu Pada Teras Rumah

3. Decking Kayu Pada Balkon dan Rooftop

Decking Kayu Pada Balkon dan Rooftop

Nah, bagi anda yang ingin tahu kelengkapan informasi seputar produk lantai kayu, silahkan klik tautan berikut: Daftar Harga Lantai Kayu dan Biaya Pasang 2024

Atau, anda juga bisa langsung menghubungi marketing kami pada nomor 0812-2042-004 (Rohimat).