Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Jenis-jenis Material Pintu yang Paling Populer

Jenis material pintu

Jenis material pintu – Setiap bagian elemen interior maupun exterior dalam sebuah hunian itu tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Begitu pun dengan pintu, dimana ia memiliki fungsi utama sebagai akses keluar masuk bagi penghuninya.

Dengan adanya pintu, tentu saja rumah kita akan merasa lebih aman dari berbagai aksi kejahatan seperti pencurian, dan yang pasti keberadaan pintu itu sendiri akan mempermanis tampilan rumah.

Namun, hal tersebut tergntung pada jenis material pintu yang digunakan. Pasalnya, pada masing-masing jenis material pintu tampil dengan ciri khas tersendiri.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis material pintu yang paling umum digunakan. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

9 Jenis Material Pintu Terbaik 2022

1. Pintu Kayu

Jenis Material Pintu Terbaik - pintu kayu

Jenis material pintu paling populer pertama yang akan dibahas, yakni berupa pintu kayu. 

Hal itu pun terbukti, dimana hampir semua bangunan rumah yang ada di dunia ini menggunakan material pintu kayu. Sehingga tak heran jika material pintu kayu sangat mudah dijumpai di pasaran.

Selain dapat digunakan di berbagai ruangan, bahkan pintu kayu juga mampu meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. 

Adapun mengenai pintu kayu yang akan dibedakan kedalam dua tipe berbeda, yakni pintu kayu solid dan pintu kayu engineering.

Biasanya pintu solid cocok diaplikasikan untuk pintu utama maupun eksterior, sedangkan pintu kayu engineering sering digunakan sebagai pintu dalam atau interior.

Artikel Terkait : Ini Dia 3 Jenis Kusen Kayu yang Paling Banyak Diminati Beserta Daftar Harganya

2. Pintu Panel

Jenis Material Pintu Terbaik - pintu panel

Pada umumnya, pintu panel merupakan salah satu jenis pintu yang kerap diaplikasikan pada tipe-tipe rumah klasik. 

Tak berbeda jauh dengan jenis pintu kayu, dimana pintu panel juga selalu menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sebab harga pintu panel yang cenderung lebih murah, serta mengusung desain yang cukup fleksibel. 

Kamu pun dapat membuat variasi dari segi bentuk, desain, ukuran, hingga menambahkan kaca pada pintu panel tersebut.

3. Pintu Fiberglass

Jenis Material Pintu Terbaik - pintu fiberglass

Sesuai dengan namanya, dimana Fiberglass ini merupakan anyaman dari bahan kaca yang mempunyai bobot ringan, aman, serta kokoh. 

Bukan hanya itu, jenis pintu yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan tingkat insulasi tinggi sehingga membuatnya kuat terhadap perubahan cuaca ekstrim sekalipun.

Untuk mempertegas nuansa keindahannya, kamu dapat menggabungkan pintu Fiberglass dengan pintu panel. 

Tak hanya cocok dijadikan sebagai eksterior, bahkan pintu Fiberglass juga sangat ideal dijadikan untuk interior.

4. Pintu Baja

Jenis Material Pintu Terbaik - pintu baja

Bagi anda yang ingin mendapatkan pintu yang benar-benar kokoh dan kuat, maka pintu baja ini merupakan pilihan yang paing tepat. 

Tak hanya kokoh dan kuat, proses pemasangan pintu baja pun tergolong cukup mudah karena sifatnya yang efisien untuk konstruksi.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, jenis pintu baja tidak akan mampu ditembus oleh rayap lho. Dengan begitu, kamu tidak perlu memberinya perawatan khusus. 

Untuk pengaplikasiannya, pintu baja ini lebih cocok dijadikan sebagai pintu utama.

Baca Juga : Yuk, Kita Ketahui Jenis-jenis Lantai Kayu

5. Pintu Kaca

Jenis Material Pintu Terbaik - pintu kaca

Penggunaan pintu yang berbahan kaca mampu menghadirkan nuansa yang lebih mewah dan elegan. Itu sebabnya, mengapa pintu kaca sering kita jumpai pada perumahan-perumahan modern.

Agar orang dari luar tidak bisa melihat kedalam rumah, maka kamu bisa menambahkan sandblast sehingga tidak tembus pandang. 

Biasanya pintu kaca sering diaplikasikan untuk pintu utama maupun pintu menuju taman.

6. Pintu PVC

Jenis Material Pintu Terbaik - pintu pvc

Saat mendengar istilah PVC, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada pipa saluran air yang berbahan plastik bukan? 

Ya, hal itu memang benar adanya, yang mana PVC kerap digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan pipa paralon.

Istilah PVC itu sendiri merupakan singkatan dari poly vinyl chloride yang terbuat dari material olahan plastik. 

Seiring dengan berjalannya waktu, kini bahan PVC juga bisa diaplikasikan untuk material konstruksi lainnya, termasuk pintu PVC.

Disamping harganya yang relative terjangkau, pintu PVC pun memiliki daya tahan yang cukup mumpuni. 

Seperti halnya jenis pintu Aluminium, yang mana pintu PVC juga sering diaplikasikan untuk pintu kamar mandi.

Dari segi spesifikasinya, pintu PVC ini memang tidak terlalu tahan terhadap perubahan cuaca. Tak hanya itu, tampilan pintu PVC pun terkesan monoton sehingga kurang cocok digunakan sebagai pintu utama.

Baca Juga : Review Harga Plafon PVC Per Meter Terbaru

7. Pintu uPVC

Jenis Material Pintu Terbaik - pintu upvc

Pada dasarnya, material uPVC ini adalah bentuk pengembangan dari bahan PVC. Hal itu pun terbukti, yang mana tingkat kekuatan pintu uPVC jauh lebih bagus ketimbang pintu PVC. 

Dinilai dari segi teksturnya, pintu uPVC ini tampak terasa lebih kaku dan keras. Biasanya pintu uPVC sering diaplikasikan untuk pintu depan rumah, karena karakteristiknya yang tahan terhadap air dan perubahan cuaca. 

Selain dijadikan sebagai pintu rumah, bahkan material uPVC juga kerap digunakan untuk bodi pesawat terbang.

8. Pintu Plipit

Jenis Material Pintu Terbaik - pintu plipit

Jenis material pintu selanjutnya yang akan dibahas, yakni berupa pintu plipit. Sebenarnya jenis pintu yang satu ini memang jarang sekali digunakan di dalam rumah. Megapa demikian…???

Menurut informasi yang didapat, pintu plipit lebih sering digunakan untuk kebutuhan berternak. Meski demikian, bukan berarti juga bahwa pintu plipit tidak cocok digunakan untuk kebutuhan dalam rumah. 

Melalui sentuhan para ahlinya, pintu plipit mampu menciptakan keindahan yang tidak dimiliki oleh jenis material pintu lainnya.

9. Pintu Aluminium

Jenis Material Pintu Terbaik - pintu aluminium

Berbicara soal material pintu yang tahan terhadap serangan rayap, maka bahan Aluminium ini merupakan pilihan paling tepat. 

Selain tahan serangan rayap, jenis material pintu yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan iklim di Indonesia lho.

Mengenai fungsinya, pintu Aluminium ini sering digunakan untuk pintu gudang atau kamar mandi. Mengapa demikian? 

Pasalnya, tampilan pada pintu Aluminium ini terkesan sangat sederhana sehingga dinilai kurang cocok dijadikan sebagai pintu utama (eksterior).

Nah, itulah deretan jenis-jenis material pintu yang paling populer, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum merenovasi atau membangun rumah.