Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Rekomendasi Desain Villa Ala Bali yang Memukau dan Menakjubkan

Villa Terbaik Menggunakan Lantai Kayu

Pada mulanya desain rumah lantai kayu selalu diidentikan dengan bangunan-bangunan kuno. Seiring dengan berjalannya waktu, kini lantai kayu menjadi sebuah property yang mewah dan memiliki nilai tinggi. Ya, terang saja demikian, sebab penggunaan lantai kayu dapat memberikan nuansa yang lebih nyaman, hangat, dan elegan pada sebuah hunian. Dengan demikian, maka tak heran juga jika permintaan lantai kayu di pasaran terus mengalami peningkatan.

Hasilnya, perpaduan konsep tersebut akan menciptakan sebuah hunian yang benar-benar berkelas dan sedap untuk dipandang. Nah, berbicara soal villa Bali, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan inspirasi desain villa terbaik yang memikat pengunjung. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.





Contoh-contoh gambar diatas merupakan penggunaan lantai kayu berbahan kayu merbau di Sahyang Bay Nusa Lembongan yang disediakan oleh PT. Rajawali Parquet di Denpasar 

Ingin mendapatkan desain villa ala Bali? Jika iya, maka anda wajib mencoba desain yang satu ini. Pada desain villa kayu, anda bisa memulainya dari area balkon dan teras. Pasalnya, penggunaan lantai kayu di area balkon dan teras ini dapat menciptakan kesan yang lebih artistic dan elegan. Untuk ruangan tamu desain villa kayu, anda bisa mendapatkan sensasi yang lebih nyaman dan segar dengan menghadapkan ruang tamu ke arah luar. 

Lantai Kayu Indoor

Untuk area indoor terdapat beberapa jenis lantai kayu parket yang tersedia. Namun, jenis kayu jati dan kayu merbau inilah yang paling direkomendasikan. Mengapa demikian? Pasalnya, kedua jenis kayu tersebut sudah terbukti kuat, tahan lama, dan dapat mempermanis tampilan hunian rumah.

1. Lantai Kayu Jati

Lantai kayu jati terbagi lagi kedalam tiga kelas, yakni grade A, grade B, dan grade C. Adapun mengenai perbedaannya seperti berikut :

Spesifikasi Kayu Jati Grade A



  • Memiliki serat kayu yang padat
  • Memiliki warna coklat gelap
  • Memiliki daya tahan yang sangat mumpuni
  • Tahan terhadap serangan rayap dan anti jamur
  • Jati grade A terletak di bagian inti batang pohon dan hanya tersedia 20%
  • Menawarkan harga yang lebih mahal

Spesifikasi Kayu Jati Grade B



  • Memiliki serat yang tidak terlalu padat
  • Pola serat yang tidak beraturan
  • Memiliki warna terang
  • Tahan terhadap serangan rayap
  • Harga lebih murah dibanding jati grade A

Spesifikasi Kayu Jati Grade C



  • Tampil dengan warna yang lebih cerah (cenderung putih)
  • Kualitasnya tidak sebagus grade A dan B
  • Pola serat yang tidak beraturan
  • Menawarkan harga yang lebih murah

2. Lantai Kayu Merbau


Gambar diatas tersebut adalah proses pemasangan lantai kayu merbau Papua pada area indoor di Sahyang Bay Nusa Lembongan, yang disediakan oleh penyedia lantai kayu Denpasar yakni Rajawali Parquet Denpasar.



Spesifikasi Kayu Merbau

  • Memiliki warna coklat gelap, kuning coklat, coklat kemerahan atau bahkan kehitaman
  • Bagian gubalnya memiliki warna kuning pucat hingga kuning muda
  • Memiliki tekstur yang keras, kasar, dan agak licin saat diraba
  • Tidak memiliki arah serat lurus
  • Daya tahan yang sangat bagus dan durabilitas tinggi
  • Tahan terhadap rayap dan anti lapuk
  • Tingkat penyusutan yang rendah dan proses pengerjaan yang cukup sulit

Untuk informasi lebih lengkapnya lagi seputar harga lantai kayu terbaru 2021 Baca Selengkapnya

Akan tetapi, semua itu juga harus berpadu dengan frame tiang kayu yang ada pada desain villa kayunya. Sedangkan untuk bagian lain desain villa kayu, anda dapat menempatkannya pada lantai dua yang menjadi akses untuk dapur dan meja. Masih disekitar area lantai dua, dimana sebuah ruang untuk bersantai harus mendapatkan pencahayaan yang cukup namun tidak membuat silau.



Dengan begitu, maka area tersebut bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan santai. Beralih ke area kamar tidur yang dapat anda tempati beserta loteng, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. 

Lantai Kayu Outdoor



Foto diatas tadi adalah contoh penggunaan lantai kayu decking ulin untuk outdoor di Fairmont Sanur Beach, Bali yang langsung disediakan oleh Rajawali Parquet Denpasar.

Berbicara soal lantai kayu untuk area outdoor, maka jenis kayu ulin dan bengkirai merupakan pilihan yang paling tepat. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kayu ulin dan bengkirai sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca, tahan air, dan anti rayap. Itu sebabnya, mengapa kayu decking ulin dan bengkirai kerap dipasang pada tepian kolam renang, halaman, dan area outdoor lainnya.

1. Spesifikasi Decking Kayu Ulin



  • Tingkat kekerasannya tergolong kelas l
  • Tahan terhadap perubahan cuaca dan anti rayap
  • Tahan terhadap air
  • Risiko melengkung dan pemuaian yang rendah

2. Spesifikasi Decking Kayu Bengkirai




  • Memiliki tingkat kekerasan kelas I
  • Tingkat melengkung yang rendah
  • Dapat memberikan nilai estetika yang tinggi
  • Mempunyai sifat yang tahan terhadap perubahan cuaca dananti rayap
  • Menawarkan harga yang relatif terjangkau

Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi seputar harga lantai kayu outdoor terbaru 2021, silahkan cek tautan ini

Berikut  Inspirasi Beberapa Desain Villa Bali 

1. Desain Villa Bali Tingkat Satu



Jika anda pernah menginap di beberapa villa yang ada di Bali, tentu saja anda sudah tidak asing lagi dengan penataan konsep bangunan yang terpisah. Ya, seperti halnya pada bangunan untuk ruang tidur utama, bangunan ruang tamu, dan area dining room yang menggunakan lantai kayu parket.

Apabila anda memiliki lahan tanah yang luas, maka tidak ada salahnya membangun villa bertingkat satu ala Bali ini. Disamping itu, anda juga jangan lupa untuk membuat sebuah kolam renang pada bagian tengah halaman agar terkesan lebih nyaman dan mewah.

2. Desain Villa Bali Dengan Atap Alang-alang



Penggunaan atap alang-alang pada sebuah villa tentunya sudah bukan pemandangan yang aneh di Bali. Pasalnya, villa dengan atap alang-alang ini memang dapat menyuguhkan nuansa yang lebih berbeda. Pastinya anda juga bisa menggunakan atap alang-alang untuk mendapatkan tampilan seperti villa-villa yang ada di Bali.

Namun, perawatan pada villa dengan atap alang-alang ini membutuhkan perawatan yang lebih ekstra dibanding atap biasa. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat atap alang-alang rentan terhadap berbagai permasalahan.

3. Desain Villa Bali Bertingkat Tiga



Berikutnya ada desain rumah bertingkat tiga yang modern dengan nuansa khas Bali. Hal ini meliputi dinding yang berukir, penerapan elemen batu alam, pondasi yang kokoh, dan keseimbangannya dengan nuansa alam. Dengan begitu, maka rumah anda akan tampak seperti villa-villa khas Bali yang berestetika tinggi.

4. Desain Villa Bali Semi Outdoor



Sebagian besar villa di Bali mengusung bangunan semi outdoor yang dapat memudahkan akses ke area luar. Anda bisa mencoba membuat rumah dengan konsep villa Bali semi outdoor tersebut, mulai dari penggunaan pintu berbukaan lebar, atau dapur dan area dining room pada ruangan terbuka.

Hasilnya, maka tampilan rumah anda akan tampak terlihat semakin mempesona dengan menempatkan kolam ikan pada bagian depan bangunan utama serta penataan halamannya menjadi lebih rapi dan indah.

5. Desain Villa Bali Dengan Kolam Renang



Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa villa di Bali tidak pernah lepas dari keberadaan sebuah kolam renang. Seandainya anda memiliki lahan tanah yang luas, tentu tidak ada salahnya menambahkan kolam renang pada bangunan rumah bertingkat satu.

Apalagi dengan penambahan jendela dan pintu kaca yang terkesan lebih modern. Agar tampilan kolam renangnya lebih indah, anda bisa memberinya kayu decking pada pinggiran-pinggiran kolam renang tersebut. 

6. Desain Villa Bali Dengan Atap Jineng



Atap limas dan alang-alang memang sudah biasa di villa Bali. Maka dari itu, anda bisa mencoba penggunaan atap jineng agar tampilannya lebih berbeda. Jenis atap yang satu ini memiliki bentuk melengkung dan unik, sehingga dapat menciptakan nuansa ekotis. 

Dalam pemasangan atap jinang tentunya membutuhkan plafon dan lambersering (lumber ceilling). Dengan demikian, maka material kayu yang mendominasi dapat  mengoptimalkan nuansa rumah yang menyenangkan seperti halnya private villa di Bali.

Nah, bagi anda yang ingin tahu lokasi penjual lantai kayu yang murah di Bali dan terpercaya, silahkan klik disini