Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Keunggulan dan Kekurangan Lantai Kayu yang Harus Kalian Ketahui

Keunggulan dan Kekurangan Lantai Kayu

Sebuah hunian tentunya tidak bisa lepas dari keberadaan sebuah lantai. Ya, selain fungsinya untuk memberikan rasa nyaman dalam pijakan, penggunaan lantai juga tentunya dapat memperindah tampilan hunian tersebut.

Pada umumnya, hunian di Indonesia banyak yang menggunakan jenis lantai keramik. Mengapa demikian? Pasalnya, lantai keramik menawarkan harga yang lebih murah diantara jenis material lantai lainnya.

Bukan hanya itu, lantai keramik juga menyediakan beragam corak dan ukuran sehingga dapat disesuaikan dengan konsep rumah.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini jenis lantai kayu mulai diminati oleh berbagai kalangan konsumen. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai kayu memiliki beragam keistimewaan yang tidak dimiliki oleh jenis material lantai lainnya.

Nah, untuk mengetahui tentang seluk beluk lantai kayu tersebut, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Lantai Kayu

pengertian lantai kayu

Lantai kayu atau yang biasa disebut dengan nama parket merupakan kumpulan lembaran kayu, yang dapat berupa kayu solid atau kayu olahan. Jenis lantai kayu tersebut menjadi salah satu unsur dekoratif yang diaplikasikan pada berbagai bangunan, seperti villa, hotel, restoran, cafe, hingga rumah pribadi.

Meski terdengar sama, ternyata antara lantai kayu dan parket itu memiliki arti yang berbeda lho. Lantai parket adalah kepingan kayu yang memiliki profil di bagian sisinya agar saling mengunci satu sama lain ketika dipasangkan, kemudian akan diperkuat lagi dengan paku tembak.

Bukan hanya itu, produk parket juga akan dibedakan lagi kedalam dua tipe berbeda, yakni parket solid dan parket engineered. Sedangkan lantai kayu adalah satuan kayu utuh yang dipasang satu sama lain dengan bantuan skrup. 

Lantas, seperti apakah keunggulan dan kekurangan lantai kayu?

Keunggulan Lantai Kayu

1. Dapat Meningkatkan Nilai Etstetika

Dapat Meningkatkan Nilai Etstetika

Keunggulan pertama dari lantai kayu yang akan dibahas, yaitu dapat meningkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Hal itu bisa kita lihat pada tingkat keindahan warna dan pola seratnya yang begitu serasi, sehingga akan menghadirkan nuansa natural, elegan, mewah, dan nyaman.

Apalagi untuk jenis lantai kayu jati, yang mana ia memiliki kualitas mumpuni pada setiap komponennya, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat keawetan, hingga tingkat keindahan warna dan pola seratnya.

2. Memiliki Nilai Ekonomis yang Menggiurkan

Memiliki Nilai Ekonomis yang Menggiurkan

Siapa bilang bahwa penggunaan lantai kayu hanya berlaku untuk kalangan sultan saja?

Padahal, kamu juga bisa mendapatkan produk lantai kayu dengan harga yang ramah dikantong lho. Pastinya hal tersebut dapat kamu jadikan sebagai investasi jangka panjang. Sebab, penggunaan lantai kayu ini dapat meningkatkan harga jual pada sebuah properti.

3. Mudah Dibersihkan

Mudah Dibersihkan

Sejatinya lantai kayu ini bisa dengan mudah kita bersihkan melalui alat-alat sederhana, seperti sapu, kain kering, atau mesin penyedot debu (vacuum cleaner).

Ketika ada noda tumpahan cairan dari makanan maupun minuman, kamu pun bisa langsung membersihkannya dengan menggunakan kain lembap. Bahkan yang lebih menariknya lagi, kamu juga tidak perlu mengepelnya secara rutin.

4. Harum dan Higienis

Harum dan Higienis

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa lantai kayu parket sangat mudah dibersihkan. Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu keunggulan lantai kayu daripada jenis material lantai lainnya.

Terlebih dengan aroma harum natural khas kayu, sehingga penggunaan lantai parket ini dapat mengadirkan nuansa yang lebih rileks dan bersahabat.

5. Kokoh dan Tahan Lama

Produk lantai kayu sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap maupun jamur, sehingga bisa digunakan dlam jangka waktu yang lama. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, produk lantai kayu juga tahan terhadap perubahan cuaca.

Apalagi jika diberi perawatan yang tepat dan benar, dimana daya tahan lantai kayu ini bisa mencapai hingga ratusan tahun lho.

6. Berdampak Bagus Untuk Kesehatan Tubuh

Keunggulan berikutnya dari lantai kayu yang harus kalian ketahui, yakni bisa berdampak bagus untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa lantai kayu memiliki sifat menyerap energy panas untuk kemudian dialirkan kedalam ruangan rumah.

Dengan begitu, maka suhu ruangan di dalam rumah pun akan tetap terasa hangat meski ditengah musim dingin. Tentu saja hal ini sangat bagus bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu, seperti halnya penyakit rematik.

Kekurangan Lantai Kayu

1. Rentan Terhadap Kerusakan

Sekuat apapun material kayu, namun tetap saja ia tidak bisa terhindar dari berbagai kerusakan. Apabila tidak diberi perawatan yang tepat, maka jangan harap lantai kayu bisa berumur panjang. Itu sebabnya, mengapa produk lantai kayu harus diberi perawatan dengan baik dan benar.

2. Rentan Terhadap Goresan

Permukaan lantai kayu bisa saja terjadi kerusakan akibat adanya goresan dari benda-benda yang ujungnya tajam, seperti meja, kursi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, saat akan memindahkan barang-barang tersebut harus diangkat dan bukan dengan cara digeser atau diseret.

Selain itu, untuk kamu yang suka memakai sepatu hak tinggi sebaiknya dilepas dulu saat akan menginjak lantai kayu.

Tipe-tipe Lantai Kayu Solid

1. Flooring Kayu

flooring kayu

Tipe yang pertama ini memang lebih cocok diaplikasikan di area indoor alias dalam ruangan, sehingga ideal dijadikan sebagai pengganti jenis lantai marmer maupun keramik. Menurut informasi yang didapat, flooring kayu memiliki kemampuan yang dapat menciptakan sensasi hangat. 

Umumnya bahan baku pada flooring kayu ini menggunakan jenis kayu jati, karena kualitasnya memang lebih bagus dibanding jenis kayu lainnya. 

Artikel Terkait : Mengenal Lantai Kayu Jati dan Informasi Harganya

2. Decking Kayu

decking kayu

Apabila flooring kayu diaplikasikan pada area indoor, maka produk decking kayu ini akan diaplikasikan pada area outdoor. Ya, umumnya decking kayu tersebut dipasang pada area taman, halaman, pagar, hingga pinggiran kolam renang. 

Dalam industri perkayuan, biasanya jenis decking kayu yang berkualitas itu adalah yang bahannya terbuat dari kayu bengkirai dan kayu keruing. Adapun mengenai karaktersitik decking kayu, seperti tahan air, tahan terhadap perubahan cuaca, anti rayap, dan jamur. 

Baca Juga : Decking Bengkirai dan Harga Jualnya

3. Parket Kayu

parket kayu

Perlu anda ketahui, bahwa sebenarnya parket kayu ini hampir mirip dengan tipe flooring kayu tadi. Begitu pun dengan fugsinya yang dapat diaplikasikan pada area indoor. Lalu, apa yang menjadi pembedanya?

Nah, yang menjadi pembeda antara parket kayu dengan flooring kayu terdapat pada ukurannya, dimana parket kayu tampil dengan ukuran yang lebih kecil. 

4. Plafon Kayu (Lambersering)

lambersering

Material plafon yang tersedia dipasaran terdiri dari banyak jenis, dimana plafon kayu merupakan salah satu yang terbaiknya. Penggunaan plafon kayu pun dapat menghadirkan nuansa yang lebih mewah, elegan, dan natural. Adapun bahan baku plafon kayu yang idealnya, yakni kayu keruing, merbau, dan bengkirai. 

Baca Juga : Keistimewaan Kayu Keruing Pada Lambersering

Sebenarnya masih banyak lagi tipe-tipe lantai kayu yang belum dibahas. Nah, untuk anda yang ingin bertanya-tanya seputar produk lantai kayu, silahkan hubungi marketing kami di nomor (021) 539 7273 / 0812 2042 004