Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Keistimewaan Kayu Keruing Pada Produk Lantai Kayu dan Plafon Lambersering

lantai kayu dan plafon keruing

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa material kayu memiliki peranan yang sangat penting untuk berbagai kebutuhan. Ya, mulai dari kebutuhan furniture, property, konstruksi, interior, eksterior, kerajinan, dan masih banyak lagi. 

Mengingat perannya yang begitu penting, tentu saja keberadaan material kayu ini cukup mudah untuk kita jumpai dipasaran. Harga yang ditawarkannya pun sangat bervariasi, karena tergantung dari jenis kayu itu sendiri. 

Jika semakin mahal harga yang ditawarkan, biasanya kualitas dari kayu tersebut juga dijamin sangat bagus. Tak hanya bagus dari tingkat kekerasan dan kekuatan, bahkan jenis-jenis kayu yang mahal ini juga unggul dari segi tampilannya lho. 

Seperti halnya kayu keruing yang memang selalu diandalkan dalam berbagai industri perkayuan. 

Mengenal Pohon Kayu Keruing

pohon kayu keruing

Pohon keruing atau kruing memiliki nama latin "Dipterocarpus", yang keberadaannya banyak dijumpai di kawasan hutan tropis Kalimantan. Batang pohon keruing ini sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan produk furniture seperti lantai kayu, plafon kayu (lambersering), dan lain sebagainya.  

Dilihat dari segi tampilan, pohon keruing ini mempunyai cabang bebas dan tidak beraturan dengan ketinggiannya yang mencapai 50 meter. Sedangkan cabang pohonnya berukuran 35 cm dengan diameter sekitar 120 cm. 

Selain di Kalimantan, pohon keruing juga tubuh subur di beberapa daerah Indonesia lainnya, seperti Sumatera, Jawa, Bali, Sumbawa, dan Lombok. 

Karakteristik Kayu Keruing

Umumnya kayu keruing tampil dengan berbagai varian warna, yakni cokelat, kelabu tua, dan cokelat kemerahan. Bahkan, terkadang kayu keruing tampil dengan perpaduan ketiga warna tersebut. Untuk tingkat kekerasannya, kayu keruing ini termasuk kedalam kayu kelas I dan kelas II. 

Baca Juga : Perbandingan Kayu keruing dan Kayu Jati

Dengan demikian, maka tak heran juga jika jenis kayu yang satu ini selalu dilibatkan dalam industri perkayuan. Mengingat permintaan kayu keruing yang terus mengalami peningkatan pada setiap tahun, tentu saja keberadaannya pun kian mengkhawatirkan. 

Berbagai Produk Kayu Keruing

RumahParket menyediakan berbagai jenis produk-produk interior dan eksterior berbahan kayu keruing, yang langsung didapat dari PT Rajawali Parquet Indonesia. Adapun mengenai berbagai produk kayu keruing yang tersedia seperti berikut :

1. Flooring Kayu Keruing

flooring kayu keruing

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan flooring kayu jati dan merbau? Nah, untuk anda yang sudah bosan dengan tampilan flooring jati dan merbau, maka flooring kayu keruing ini merupakan pilihan paling tepat. 

Baca Juga : Rekomendasi Jenis Lantai Terbaik Untuk Teras Rumah

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kayu keruing memiliki tampilan warna yang lebih cerah dari kayu merbau. Hasilnya, penggunaan flooring kayu keruing tentunya akan membuat tampilan rumah anda tampak lebih menarik dan berestetika. 

Apalagi saat diberi sentuhan coating metalik, yang mana tampilan lantai kayu keruing ini benar-benar sangat sedap dipandang mata lho. 

Adapun mengenai ukuran flooring kayu keruing yang tersedia, yakni 1,5 x 14,5 , 45 - 65 cm. 

2. Decking Kayu Keruing

decking kayu keruing

Selain dijadikan produk lantai kayu untuk kebutuhan indoor, RumahParket juga menyediakan kayu keruing untuk kebutuhan outdoor (luar ruangan). Ya, sesuai dengan namanya, dimana decking keruing bisa anda aplikasikan pada berbagai area luar ruangan seperti :

  • Taman
  • Halaman
  • Rooftop
  • Balkon dan pinggiran kolam renang

Kayu keruing memang sangat ideal dijadikan bahan baku decking, karena karakteristiknya yang tahan terhadap air dan perubahan cuaca. Itu artinya, tingkat pemuaian dan penyusutan pada kayu keruing tergolong cukup rendah. 

Nah, karena keunggulannya tersebutlah yang membuat decking kayu keruing kerap diaplikasikan pada pinggiran atau tepian kolam renang. Secara otomatis, kehadiran decking kayu keruing ini tentunya akan menambahkan nilai estetika pada sebuah kolam renang.  

Belum lagi dengan teksturnya yang terasa lebih kesat, sehingga tidak akan licin meski terkena air. Pastinya hal tersebut sangat membantu dalam mengurangi atau meminimalisir risiko bahaya terpeleset.

Artikel Menarik Lainnya : Decking Bengkirai dan Harga Jualnya

Keunggulannya tak hanya sampai disitu saja, yang mana decking kayu keruing ini sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan jamur lho. Pada intinya, anda tidak perlu meragukan lagi kualitas decking kayu kering. 

3. Plafon Lambersering Keruing

plafon kayu keruing

Seperti yang sudah kita ketahui, bawa keberadaan plafon akan menutupi bagian rangka atap dan kabel-kabel berantakkan, sehingga tampilan langit-langit rumah tampak lebih rapi lagi. Bukan hanya itu, bahkan plafon juga bertindak sebagai pengatur suhu dalam rumah yang masuk melalui atap. 

plafon kayu keruing
contoh penggunaan plafon kayu keruing


Lambersering kayu keruing pun menjadi salah satu material yang cocok untuk produk plafon kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan bobot kayu keruing yang jauh lebih ringan dibanding jenis-jenis kayu lainnya. 

Artikel Terkait : Jual Plafon Kayu Murah Berkualitas Mewah

Tak hanya sebagai plafon, bahkan kayu keruing juga menjadi primadona untuk produk dinding kayu. Apalagi harga yang ditawarkannya cenderung bersahabat dengan isi dompet, sehingga tak heran jika produk lambersering kayu keruing lebih laris dibanding produk lambersering kayu lainnya. 

Itulah beberapa produk interior dan eksterior berbahan kayu keruing yang tersedia di RumahParket, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi. 

Beragam Keunggulan Menggunakan Lantai Kayu Keruing

Tentu setiap produk yang laris dipasaran itu pasti ada beberapa faktor alasannya. Begitu pun dengan produk lantai kayu keruing yang memiliki berbagai alasan, sehingga membuatnya lebih laris dipasaran ketimbang produk lantai kayu lainnya. 

Adapun mengenai berbagai keunggulan dari penggunaan lantai kayu keruing seperti berikut :

  • Menghadirkan Nilai Estetika Tinggi
Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kayu keruing tampil dengan berbagai macam warna dan berpola serat lurus. Hasilnya, penggunaan lantai kayu keruing akan menonjolkan sisi mewah, elegan, indah, dan natural. 
  • Kokoh dan Tahan Lama
Tingkat kekerasan kayu keruing termasuk kedalam kelas I dan II. Dengan kata lain, tingkat kekerasan kayu keruing ini adalah kelas menengah. Meski demikian, lantai kayu keruing sudah terbukti kokoh dan tahan lama. 
Terlebih jika diberi perawatan yang benar dan tepat, sehingga daya tahannya bisa mencapai ratusan atau bahkan hingga ribuan tahun lho. 
  • Bobot yang Lebih Ringan
Walaupun tingkat kekerasannya termasuk kelas menengah, namun bobot kayu keruing ini jauh lebih ringn dibanding dengan jenis kayu lainnya. Tentu saja hal tersebut dapat memudahkan proses pengerjaan. 
  • Menawarkan Harga yang Lebih Murah
Keunggulan berikutnya dari lantai kayu keruing, yakni menawarkan harga yang lebih murah namun tidak murahan. Hal itu pun terbukti, yang mana tingkat kekuatan dan keindahan kayu keruing ini hampir setara dengan kayu merbau. 

Itulah berbagai keunggulan yang akan anda dapatkan dari penggunaan lantai kayu keruing. 

Nah, untuk anda yang ingin memesan atau sekedar bertanya-tanya tentang lantai kayu keruing maupun produk parket lainnya, silahkan hubungi team marketing RumahParket di nomor (021) 539 7273 / 0812 2042 004.