Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ini Dia Langkah Mudah Untuk Menciptakan Rumah yang Sehat

cara membuat rumah yang sehat - menggunakan lantai kayu

Dalam membangun sebuah hunian, tentu saja ada banyak hal penting yang harus kita pertimbangkan. Dengan kata lain, sebuah hunian yang nyaman itu tidak selalu diukur pada seberapa mewah dan besarnya ukuran rumah tersebut.

Pasalnya, masih ada lagi beberapa hal penting yang harus diperhitungkan dalam membangun sebuah hunian yang nyaman. Salah satunya, yakni pada factor kesehatan. Maka dari itu, sudah semestinya bagi anda untuk membangun sebuah hunian yang aman dan sehat bagi keluarga tercinta.

Lantas, bagaimanakah cara membuat rumah yang sehat..???

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa langkah untuk membuat hunian yang sehat dan nyaman. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan dibawah ini.

Langkah-langkah Menciptakan Rumah yang Sehat

1. Menggunakan Lantai Kayu Parket

cara membuat rumah yang sehat - menggunakan lantai kayu parket

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam membuat rumah sehat, yaitu dengan menggunakan lantai kayu. Mengapa demikian? Pasalnya, lantai kayu memiliki kemampuan untuk mengeluarkan ion negatif dalam ruangan.

Selain itu, lantai kayu juga mempunyai kemampuan yang dapat menyerap energy panas, dan kemudian akan dialirkan ke dalam ruangan. Alhasil, suhu di dalam ruangan akan tetap terasa hangat meski berada di tengah musim dingin.

Pastinya hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit rematik. Namun, produk lantai kayu ini akan dibedakan lagi berdasarkan materialnya, yaitu lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis. 

Lantai kayu solid terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan apapun. Sedangkan lantai kayu sintetis terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan berbagai bahan kimia lainnya. Dinilai dari tingkat kesehatan, tentu saja lantai kayu solid ini sangat direkomendasikan karena bahannya yang terbuat dari kayu asli.

Selain berdampak bagus untuk kesehatan tubuh, penggunaan lantai kayu solid juga tentunya dapat menciptakan nuansa mewah, elegan, dan natural pada sebuah hunian.

Terdapat banyak sekali jenis lantai kayu yang tersedia dipasaran, sehingga bisa anda pilih sesuai selera dan budget.

Untuk kelengkapan informasi produk lantai kayu, silahkan klik : Daftar Harga Lantai Kayu & Biaya Pemasangan 2021

2. Jangan Menggunakan Material yang Mengandung Bahan Kimia

cara membuat rumah yang sehat - jangan menggunakan material yang berbahan kimia

Selain langkah pertama tadi, disarankan juga bagi anda untuk tidak menggunakan material yang mengandung bahan kimia. Terdapat beberapa jenis material yang dianggap berbahaya untuk kesehatan, seperti penggunaan asbes untuk atap.

Disamping itu, penggunaan plafon yang berbahan PVC juga dinilai kurang bagus untuk kesehatan tubuh. Agar mendapatkan hunian yang sehat, sebaiknya anda menggunakan plafon lambersering yang berbahan kayu.

Artikel Terkait : 5 Jenis Plafon Kayu Terbaik Dengan Harga Murah

Tak hanya itu, usahakan juga untuk menghindari cat sintetik dan thinner. Karena cat sintetik dan thinner memiliki kandungan kimia yang cukup tinggi sehingga tidak bagus untuk kesehatan tubuh, terutama untuk saluran penafasan.

3. Sediakan Sirkulasi Udara dan Ventilasi Terbaik

cara membuat rumah yang sehat - sediakan ventilasi

Ketika bernafas tidak hanya oksigen saja yang akan terhirup, namun juga berbagai partikel kecil dan zat yang mungkin mengkontaminasi udara. Sedari itu, kehadiran ventilasi merupakan pilihan paling tepat untuk menciptakan sirkulasi udara yang sehat di dalam rumah.

Dalam hal ini, anda harus merancang dengan jumlah bukaan dan ventilasi yang sesuai kebutuhan, dan pastikan juga ventilasi di rumah harus bersifat cross ventilatian agar udara di dalam ruangan bisa ber-regenerasi dengan udara yang ada diluar.

Walaupun dirumah sudah terpasang air conditioner (AC), namun sirkulasi udara yang alami jauh lebih bagus untuk kesehatan tubuh.

4. Perhatikan Area Taman

cara membuat rumah yang sehat - perhatikan area taman

Penting bagi anda untuk memaksimalkan rumah sehat dengan memperhatikan area taman, salah satunya seperti menempatkan berbagai jenis tanaman hias. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tanaman hias tersebut dapat membantu dalam mengontrol sirkulasi udara, temperatur, hingga tingkat kelembapan udara.

Tak hanya secara fisik, bahkan tanaman hias ini dapat memberikan efek relaksasi sehingga akan menghilangkan rasa jenuh. Pastinya hal tersebut akan berdampak bagus untuk kesehatan mental dan psikologis anda.

Menurut kabar yang beredar, bahwa ada beberapa jenis tanaman hias yang bagus untuk kesehatan tubuh. Seperti tanaman lavender yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk, serta dapat memberikan nuansa kesegaran.

Selain bunga lavender, tanaman sanseviera atau lidah mertua juga memiliki kemampuan yang dapat menyerap radiasi dari perangkat eletronik lho. Atau, anda bisa menggunakn tanaman bambu yang berfungsi untuk menyerap karbon dioksida 4 x lebih banyak ketimbang tanaman umumnya.

Nah, agar tampilan taman anda semakin sedap dipandang, maka penggunaan decking kayu merupakan pilihan yang paling tepat.

Baca juga : Memilih Lantai Kayu Untuk Taman dan Kolam 

5. Harus Ada Pencahayaan Alami

cara membuat rumah yang sehat - sediakan pencahayaan alami

Pencahayaan juga merupakan hal penting yang jangan sampai anda lewatkan dalam menciptakan sebuah hunian yang sehat. Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa pencahayaan alami mampu mengurangi tingkat kelembapan berlebihan serta membunuh bakteri di dalam ruangan.

Disamping itu, pencahayaan juga mempunyai peran penting dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah. Untuk faktor pencahayaan buatan seperti lampu, disarankan bagi anda untuk memilih jenis lampu yang ramah mata.

Namun, kamar tidur yang terlalu banyak terpapar sinar matahari juga tentunya tidak bagus karena dapat mengganggu istirahat. Oleh karena itu, anda harus mengatur pencahayaan alami secukup yang sesuai dengan kebutuhan kamar.

6. Perhatikan Pengaturan Limbah Dalam Rumah

cara membuat rumah yang sehat - perhatikan pengaturan limbah

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa limbah sampah merupakan salah satu sumber yang bisa menciptakan berbagai penyakit. Oleh karena itu, pastikan rumah anda mempunyai pengolahan sampah dan limbah yang baik.

Pastikan anda menggunakan septic tank yang sesuai standar dan kebutuhan, sehingga tidak akan mencemari tanah maupun air yang terkandung di dalamnya.  Selain itu, pastikan juga anda mempunyai pemisah antara sampah organik dan sampah anorganik yang dihasilkan dari rumah.

Usahakan juga agar tempat sampah harus selalu dalam keadaan tertutup dan dikosongkan secara berkala. Untuk urusan sampah organik, anda dapat mengolahnya kembali untuk dijadikan pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sebuah barang seperti kerajinan tangan.

7. Menyediakan Sistem Air Bersih

cara membuat rumah yang sehat - menyediakan sistem air bersih

Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan dalam menciptakan rumah sehat, yakni dengan menyediakan system air bersih. Perlu anda ketahui, kebanyakan air ledeng sudah mengandung krolin. Tapi anda tidak perlu takut, karena kandungan klorin ini sebenarnya bertugas untuk membunuh jamur dan parasite lainnya di dalam air.

Kendati demikian, penggunaan klorin yang berlebihan bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Oleh karena itu, usahakan setiap saluran air bersih di rumah sudah dilengkapi dengan sistem penyaringan yang baik.

Adapun mengenai saluran air bersih untuk dikonsumsi, sebaiknya anda menambahkan penyaring air dengan karbon aktif untuk membunuh semua zat-zat yang bersifat racun.

Nah, itulah beberapa langkah mudah untuk membuat rumah sehat. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencobanya?