Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ternyata Ini Kelebihan & Kekurangan Atap Asbes yang Wajib Diketahui

 

Kelebihan & Kekurangan Atap Asbes

Kelebihan & Kekurangan Atap Asbes – Setiap hunian pastinya sudah dilengkapi dengan atap. Ya, sebab fungsi utama atap berperan sebagai pelindung dari berbagai faktor alam, seperti guyuran hujan, paparan sinar matahari, terpaan angin, dan lain sebagainya.

Tak cuma itu, keberadaan atap juga bertugas untuk mengatur sirkulasi udara serta dapat meningkatkan nilai keindahan pada hunian. Namun, hal tersebut tergantung lagi pada jenis material atap yang digunanakan.

Berbicara soal jenis material atap, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar kelebihan dan kekurangan asbes. Maka dari itu, yuk kita cek langsung ulasan berikut:

Kelebihan Atap Asbes

1. Harga yang Relatif Murah

Harga asbes yang Relatif Murah

Inilah yang menjadi alasan, mengapa material asbes kerap diaplikasikan untuk atap pada hunian kelas menengah ke bawah. Ya jelas demikian, sebab harga genteng asbes ini adalah yang paling murah dibanding jenis-jenis genteng yang lainnya.

Baca Juga : Jenis-jenis Bata Bangunan yang Harus Kamu Tahu

2. Berbobot Ringan

atap asbes Berbobot Ringan

Selain harganya yang realtif murah, bahkan genteng asbes juga memiliki bobot yang lebih ringan dibanding jenis genteng lainnya. Dengan begitu, proses pemasangan genteng asbes pun tidak membutuhkan tenaga ekstra. Bahkan, pada pemasangan asbes juga tidak membutuhkan banyak material pendukung sehingga dapat menghemat biaya operasional.

3. Cara Pemasangan yang Lebih Praktis

Cara Pemasangan yang Lebih Praktis

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa genteng asbes mempunyai bobot yang lebih ringan. Bukan hanya itu, genteng asbes juga tampil dalam bentuk lembaran-lembaran panjang dengan tekstur halus dan berserat.

Tentu saja hal tersebut dapat memudahkan kita saat proses pemasangan genteng asbes. Bahkan, kita pun tidak harus menggunakan jasa profesional untuk memasang genteng asbes.

Kekurangan Atap Asbes

1. Tampilan Warna dan Desain yang Membosankan

Tampilan Warna dan Desain yang Membosankan

Kekurangan pertama dari material asbes yang akan dibahas, yakni tampilan warnanya yang terkesan monoton.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena genteng asbes hanya menyediakan warna putih keabu-abuan saja. Tak hanya segi warna, bahkan tampilan monoton genteng asbes juga terdapat pada desainnya dengan bentuk gelombang saja.  

2. Tidak Tahan Terhadap Benturan

Tidak Tahan Terhadap Benturan

Material asbes tampil dengan ukuran yang tidak terlalu tebal dan bertekstur renyah. Nah, karena hal tersebutlah yang membuat asbes rentan terhadap benturan sehingga mudah mengalami keretakan dan patah. Oleh karena itu, proses pemasangan genteng asbes harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai terinjak.

3. Tidak Mampu Menyerap Panas

Tidak Mampu Menyerap Panas

Meski diklaim tahan terhadap panas dan api, ternyata material asbes tidak mampu menyerap panas. Alhasil, penggunaan genteng asbes ini dapat membuat suhu didalam ruangan rumah menjadi panas, sehingga kamu akan merasa gerah. 

Itu sebabnya, mengapa material atap yang satu ini tidak cocok diaplikasikan pada daerah bersuhu panas. Agar suhu panas tidak turun ke dalam ruangan rumah, maka kamu bisa memberi lapisan aluminium foil pada kerangka atapnya.

4. Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan

Berdampak Buruk Terhadap Kesehatan

Kekurangan berikutnya dari material asbes yang harus kamu ketahui, yakni tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Menurut kabar yang beredar, material asbes memiliki zat partikel bersifat racun yang tentunya dapat membahayakan saat terhirup oleh manusia. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, partikel racun dari asbes ini bisa meningkatkan risiko infeksi paru-paru lho!

Tips Memasang Atap Asbes:

  • Menggunakan Masker

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa material asbes memiliki partikel bersifat racun yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, wajib bagi kamu untuk menggunakan masker saat akan memasang genteng asbes.

  • Lakukan Secara Hati-hati & Teliti

Dikarenakan material asbes memiliki tekstur yang tidak terlalu kuat, tentu saja pada proses pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai terinjak oleh kaki. Agar genteng asbes bisa menempel dengan sempurna, maka harus dipaku menggunakan paku payung. Selain itu, cek kembali antar bagian dan pastikan tidak ada rongga pada asbes.

  • Pastikan Pemasangannya Benar-benar Sudah Rapat

Hal penting berikutnya yang akan dibahas, yakni memastikan setiap pemasangan sambungan tumpukan akhir dan sampingnya telah rapat. Ya, hal ini bertujuan agar terhindar dari kebocoran.

Daftar Harga Asbes Per Lembar

Harga Asbes Merk Harvlex

  • Ukuran 150 x 80 x 0.35 cm : Rp 28.500
  • Ukuran 180 x 80 x 0.35 cm : Rp 33.500
  • Ukuran 210 x 80 x 0.35 cm : Rp 37.500
  • Ukuran 240 x 80 x 0.35 cm : Rp 42.500
  • Ukuran 270 x 80 x 0.35 cm : Rp 50.000
  • Ukuran300 x 80 x 0.35 cm : Rp 55.500
  • Ukuran 150 x 105 x 0.4 cm : Rp 45.000

Baca Juga : Review Harga Plafon PVC Per Meter Terbaru

Harga Asbes Merk Jabesmen

  • Ukuran 150 x 105 mm : Rp 42.500
  • Ukuran 180 x 105 mm : Rp 52.500
  • Ukuran 210 x 105 mm : Rp 57.000
  • Ukuran 240 x 105 mm : Rp 65.000
  • Ukuran 270 x 105 mm : Rp 75.000
  • Ukuran 300 x 105 mm : Rp 82.500.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai plus minus beserta daftar harga asbes yang terbarunya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.