Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Mari Kita Bahas Spesifikasi Lantai Granit Mulai Dari Keunggulan dan kekurangannya

 

Spesifikasi lantai granit

Spesifikasi lantai granit – Lantai menjadi salah satu elemen yang memiliki peranan sangat penting dalam sebuah hunian. Selain dapat meningkatkan rasa nyaman untuk beraktivitas, kehadiran lantai juga tentunya mampu meningkatkan nilai estetika pada hunian tersebut.

Namun, hal tersebut dipengaruhi oleh jenis material lantai yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis material lantai memiliki karakteristiknya tersendiri. Ya, seperti halnya material granit yang tampil dengan ciri khasnya tersendiri.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan mengupas tuntas seputar material lantai granit. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan berikut.

Mengenal Material Granit

Sebenarnya material granit terbuat dari batuan alam yang pada umumnya kerap digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi. Batu granit diproses melalui pembekuan magma yang berlangsung secara bertahap dan perlahan di dalam bumi.

Mengenal Material Granit

Adapun mengenai tampilan fisiknya yang tampil dengan warna abu-abu, putih, hingga gabungan dari keduanya. Akan tetapi, ada pula batu granit yang tampil dengan warna merah muda, ungu, coklat, kuning, dan lain sebagainya.

Perbedaan warna batu granit ini tergantung pada proses kimiawi yang terjadi serta kandungan mineral yang ada didalamnya. Selain memiliki tampilan yang indah, batu granit juga mempunyai kilauan yang alami.

Pada proses pembuatannya, batu granit yang berukuran besar akan dipecah atau dipotong-potong hingga menghasilkan ukuran yang sesuai kebutuhan. Lantas, bagaimana dengan keunguglan dan kekurangan lantai granit?

Keunggulan Lantai Granit

1. Daya Tahannya yang Sangat Baik

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tingkat ketahanan pada lantai granit ini berada diatas rata-rata. Sehingga tak heran jika lantai granit dapat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Daya Tahan lantai granit yang Sangat Baik

Tak hanya daya tahannya yang baik, ternyata lantai granit juga tidak mudah lecet meski tergores oleh berbagai benda tajam. Mengingat akan hal itu, maka sudah sepantasnya material yang satu ini sangat ideal dijadikan sebagai bahan pelapis lantai.

Selain memiliki daya tahan yang mumpuni, lantai granit juga menyediakan berbagai macam corak sehingga dapat dipilih sesuai selera. Bahkan, ada pula lantai granit yang tampil dengan motif kayu.

Baca Juga : Berbagai Tipe Stiker Lantai Motif Kayu Untuk Rumah

2. Memiliki Kemampuan Mengurangi Alergi

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa lantai granit memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala alergi didalam rumah.

lantai granit Memiliki Kemampuan Mengurangi Alergi

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, maka kondisi kebersihan lantainya harus terjaga dengan baik. Cara membersihkan lantai granit pun terbilang cukup mudah, dimana kamu hanya perlu menyapunya setiap hari agar terbebas dari berbagai kotoran.

Disamping itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk mengepel lantai granit minimalnya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Dapat Diaplikasikan di Ruangan yang Basah

lantai granit Dapat Diaplikasikan di Ruangan yang Basah

Ternyata lantai granit juga bisa diaplikasikan di area yang basah lho. Seperti halnya dapur, teras kamar mandi, garasi dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan lantai granit, kamu pun tidak perlu cemas mengenai kelembapan yang merusak bagian subfloor. Hal itu bukan tanpa sebab, karena lantai granit mampu menciptakan permukaan yang praktis serta tidak mudah ditembus oleh cairan.

Kekurangan Lantai Granit

1. Memiliki Permukaan yang Licin

lantai granit Memiliki Permukaan yang Licin

Meski bisa diaplikasikan di area yang basah, namun bukan berarti bahwa lantai granit ini bisa diaplikasikan didalam kamar mandi. Ya, lantai granit akan terasa sangat licin saat terkena air, sehingga dapat meningkatkan risiko terpeleset. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan decking kayu.

Tak cuma itu, lantai granit juga akan berubah menjadi sangat dingin Ketika memasuki musim penghujan. Oleh karenanya, lantai granit tidak direkomendasikan bagi mereka yang tinggal didaerah dengan tingkat curah hujan tinggi.

2. Proses Pemasangan yang Sulit

Proses Pemasangan lantai granit yang Sulit

Selain memiliki tekstur permukaan yang licin, proses pemasangan lantai granit juga terbilang sulit. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, granit memiliki bobot yang lebih berat dibanding material lainnya sehingga membutuhkan tenaga ekstra saat proses pemasangan.

Itu sebabnya, mengapa proses pemasangan lantai granit bisa memakan waktu lama dan biaya operasional yang cukup mahal. Maka dari itu, jangan pernah coba-coba untuk memasang lantai granit seorang diri!

3. Harga Lantai Granit yang Cenderung Mahal

Mengingat lantai granit terbuat dari 100% batuan alam, maka sudah sepantasnya ia dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

Harga Lantai Granit yang Cenderung Mahal

Harga lantai granit cukup bervariasi karena akan dibedakan berdasarkan ukuran, model, hingga motifnya. Adapun mengenai daftar harga lantai granit yang berdasarkan ukuran dan merknya seperti di bawah ini.

Lantai Granit Merk Indogress:

  • Indogress Granit Foresta Satin (ukuran 60×60) : Rp 478.000
  • Indogress Granit Uni Color Polished (ukuran 60×60) : Rp 410.000
  • Indogress Granit Salt & Pepper Polished (ukuran 60×60) : Rp 406.000
  • Indogress Granit Cristallo Polished (ukuran 60×60) : Rp 517.000
  • Indogress Granit Marmo Polished (ukuran 60×60) : Rp 526.000

Lantai Granit Merk Garuda:

  • Garuda Tile Broken White (Ukuran 60×60) : Rp 115.000
  • Garuda Motif Kayu (ukuran 60×60) : Rp 213.000
  • Garuda GS62001 Madrid (ukuran 60×60) : Rp 118.500
  • Garuda R6515S Huelva (ukuran 60×60) : Rp 193.000.

Baca Juga : Review Harga Plafon PVC Per Meter Terbaru

Nah, seperti itulah pembahasan singkat mengenai seluk beluk seputar lantai granit, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak membangun maupun merenovasi rumah.