Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Kupas Tuntas Seputar Kayu Kempas

 

spesifikasi & manfaat kayu kempas

Kayu kempas – Sebagai salah satu negara penghasil kayu terbesar di dunia, tentu saja di Indonesia ini ada banyak sekali jenis-jenis kayu yang bisa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Harga kayu dipasaran sangatlah bervariasi, mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Dalam industry perkayuan, jenis kayu yang dibanderol dengan harga mahal pastinya memiliki kualitas terbaik. Ya, entah itu dari tingkat kekuatan, keawetan, keindahan, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana dengan kayu kempas? Nah, untuk kamu yang ingin mengenal lebih jauh lagi seputar kayu kempas, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Penyebaran Pohon Kayu Kempas

Pohon kayu kempas tumbuh subur di beberapa kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan sekitarnya. Untuk keberadaannya di Indonesia, pohon kempas ini bisa kita jumpai di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Bangka Belitung.

Dengan kata lain, pohon kayu kempas jarang ada di kawasan Pulau Jawa dan Sulawesi. Itu sebabnya, mengapa kayu kempas kerap disebut dengan istilah kayu Kalimantan dan Sumatera.

Pohon kempas pada umumnya tumbuh dengan ketinggian mencapai sekitar 30 – 40 meter, sementara ukuran panjang batangnya bisa mencapai 25 meter dengan diameter sekitar 120 cm.

Ciri Khas Kayu Kempas

Kulit bagian luar kayu kempas tampil dengan warna kelabu atau putih kekuningan, namun ada sebagian lagi yang tampil dengan warna merah kecoklatan. Menurut informasi yang didapat, tingkat kekerasan pada kayu kempas ini tergolong sangat tinggi dan memiliki struktur terpadu.

Ciri Khas Kayu Kempas

Nah, karena hal itulah yang membuat proses pengolahan kayu kempas tergolong sulit, sehingga membutuhkan bantuan alat khusus seperti gergaji pita. Meski demikian, kayu kempas ini sangat baik saat di serut menggunakan mesin.

Namun, hasil serutannya memang tidak sehalus kayu pada umumnya. Setelah melalui proses penyerutan, biasanya permukaan kayu kempas akan di dempul terlebih dulu sebelum di plitur dan di hamplas.

Manfaat Kayu Kempas Untuk Berbagai Kebutuhan

1. Lantai Parket Dari Kayu Kempas

Lantai Parket Dari Kayu Kempas

Manfaat pertama dari kayu kempas yang akan dibahas, yakni dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan lantai parket. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan lantai parket kayu kempas ini dapat menghadirkan nuansa yang lebih mewah, elegan, dan natural.

Selain dapat memperindah tampilan rumah, ternyata penggunaan lantai parket kayu kempas juga sudah terbukti memiliki dampak yang bagus untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, lantai parket kayu memiliki kemampuan yang dapat menyerap energy panas untuk kemudian dialirkan ke dalam ruangan.

Hasilnya, ruangan di dalam rumah akan tetap terasa hangat meski ditengah-tengah musim dingin. Tentu saja hal tersebut sangat bagus bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti penyakit rematik. Itu sebabnya, mengapa lantai kayu banyak di aplikasikan pada hunian-hunian yang berada di dataran tinggi seperti puncak.

Artikel Serupa : Daftar Harga Lantai Kayu & Biaya Pasang

2. Furniture Dari Kayu Kempas

Furniture Dari Kayu Kempas

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Industri futniture tidak bisa lepas dari peranan material kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis material lainnya.

Kayu kempas tak hanya terkenal dengan tingkat kekerasan dan kekuatannya yang begitu baik, namun juga memiliki pola serat dan warna yang benar-benar indah. Itu sebabnya, mengapa kayu kempas selalu menjadi primadona di kalangan para produsen furniture.

Adapun mengenai berbagai produk furniture yang berbahan kayu kempas seperti kursi, rak, meja, lemari dan lain sebagainya.

3. Rangka Atap Dari Kayu Kempas

Rangka Atap Dari Kayu Kempas

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tingkat keawetan pada kayu kempas ini tidaklah terlalu diandalkan. Kendati demikian, kayu kempas ini lebih unggul dari tingkat kekerasan dan kekuatannya.

Selain tampil dengan teksturnya yang keras dan padat, kayu kempas juga tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, ternyata tingkat penyusutan dan pemuaian pada kayu kempas ini tergolong minim.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu kempas sangat cocok dijadikan bahan untuk pembuatan rangka atap rumah.

4. Konstruksi Berat Dari Kayu Kempas

Konstruksi Berat Dari Kayu Kempas

Menurut kabar yang beredar, konon daya tahan kayu kempas ini bisa mencapai puluhan tahun lamanya. Sehingga tak heran jika kayu rengas sangat ideal digunakan untuk kebutuhan konstruksi berat seperti jembatan.

Terlebih jika diberi perawatan yang tepat dan intens, yang mana daya tahan kayu kempas mampu mencapai ratusan tahun. Tak hanya kokoh dan kuat, jembatan yang berbahan kayu kempas juga memiliki tampilan yang begitu indah.

Selain dijadikan bahan baku untuk pembuatan jembatan, kayu kempas juga sering digunakan untuk pembuatan bantalan rel kereta api. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tingkat penyusutan dan pemuaian pada kayu kempas ini tergolong cukup rendah.

Sehingga tak heran, jika kayu kempas pun kerap dipilih sebagai salah satu jenis kayu untuk dijadikan bantalan rel kereta. Disamping tingkat pemuaian dan penyusutannya yang rendah, kayu kempas juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca maupun serangan rayap.

5. Kusen Pintu Dari Kayu Kempas

Kusen Pintu Dari Kayu Kempas

Semua kusen pintu yang terbuat dari bahan kayu kempas memang menyuguhkan tampilan yang lebih mewah, elegan, dan natural. Itu seabnya, mengapa harga kusen pintu kayu kempas selalu dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

Tak hanya indah dilihat, kusen pintu dari kayu kempas juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap. Itu sebabnya, mengapa jenis kayu yang satu ini sangat ideal dijadikan bahan baku untuk pembuatan kusen jendela dan pintu.

Artikel Serupa : Daftar Jenis Serangga Perusak Kayu yang Wajib Diwaspadai

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai seluk beluk seputar kayu kempas sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.