Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Daftar Jenis Serangga Perusak Kayu yang Wajib Diwaspadai

 

Jenis serangga perusak kayu

Jenis serangga perusak kayu – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa kayu menjadi salah satu jenis material yang kerap digunakan untuk kebutuhan konstruksi. Tak hanya konstruksi, bahkan kayu juga selalu menjadi andalan dalam bidang mebel maupun furniture.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu memiliki sifat yang fleksibel sehingga membuatnya mudah diolah dan dibentuk. Namun, material kayu mempunyai musuh abadi yang berupa hama serangga perusak kayu.

Jika sudah terkena serangan dari hama-hama tersebut, pastinya kualitas kayu tidak akan sebagus seperti semula. Bahkan, tak jarang serangannya itu benar-benar membuat struktur kayu hancur secara total lho!

Lantas, jenis-jenis serangga perusak kayu itu seperti apa saja sih? Nah, biar kamu gak penasaran mending simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Jenis Serangga Perusak Kayu

1. Rayap

Ini dia salah satu jenis hama kayu yang memang menjadi musuh paling menakutkan bagi semua furniture berbahan kayu. Meski ukurannya terbilang sangat kecil, namun jenis serangga yang satu ini tampil begitu garang dalam menggerogoti material kayu.

5 Jenis Serangga Perusak Kayu - rayap

Sehingga tak heran jika keberadaan kawanan rayap kerap membuat kerusakan yang sangat serius terhadap material kayu. Pada umumnya, rayap hidup secara berkoloni yang akan menyerang material kayu secara bersamaan selama 24 jam penuh.

Semua benda yang berbahan kayu, maka sudah dipastikan akan menjadi santapan empuk bagi kawanan rayap. Kendati demikian, rayap tidak suka terhadap paparan sinar matahari. Itu sebabnya, mengapa material kayu yang terkena sorotan sinar matahari jarang diserang oleh rayap.

Baca Selengkapnya : Beberapa Langkah Mudah Untuk Mengusir dan Mencegah Rayap

2. Lebah Kayu

Carpenter bee atau Lebah Kayu ini termasuk kedalam spesies hymenoptera di keluarga apidae. Menurut informasi yang didapat, lebah tersebut terdiri lebih dari 500 spesies dengan 33 subgens yang tersebar di seluruh dunia.

5 Jenis Serangga Perusak Kayu - lebah kayu

Dijuluki dengan nama lebah kayu, dikarenakan ia memang sering melubangi material kayu untuk dijadikan sarangnya. Salah satu bekas serangan dari lebah kayu ini, yakni adanya lubang pada permukaan kayu dengan ukuran sekitar 7 mm sampai 10 mm.

Pada umumnya, Lebah Kayu kerap menyerang kerangka atap rumah yang berbahan kayu. Jika sudah mendapatkan serangannya, maka kayu-kayu tersebut akan dipenuhi lubang hingga ke bagian dalamnya. Tentu saja kondisi ini akan membuat struktur kekuatan kayunya semakin menurun.

Untuk mencegah serangan Lebah Kayu, maka kerangka atap rumah harus diberi serbuk intektisida yang dimasukkan kedalam lubang sarang lebahnya. Kemudian tutup lubang tersebut agar lebah didalamnya tidak bisa kabur dan mati.

3. Kutu Kayu

Meski bernama kutu kayu, namun keberadaan jenis serangga yang satu ini juga tidak selalu berada di material kayu. Pada umumnya kutu kayu kerap dijumpai di area dengan kelembaban tinggi, tumpukan sampah, di bawah bebatuan, dan tumpukan sampah daun yang sudah membusuk.

5 Jenis Serangga Perusak Kayu - kutu kayu

Sebenarnya kutu kayu ini termasuk kedalam keluarga krustasea atau isopoda, dimana ia memiliki ciri fisik berbeda dengan rayap. Kutu kayu tampil dengan rangka luar berukuran panjang seperti kecoa, dan memiliki tekstur keras dengan 14 anggota badan bersendi yang tampak terlihat tersusun rapih.

Pergerakan kutu kayu juga sangatlah lambat, serta lebih aktif dimalam hari ketimbang di siang hari. Saat disentuh dengan tangan manusia, maka kutu kayu ini akan menggulungkan badan dengan bentuk bulat seperti bola.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melindungi diri karena bagian punggungnya mempunyai tekstur yang lebih keras. Keberadaan kutu kayu tentunya tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, kawanan kutu kayu tersebut akan membuat berbagai permasalahan.

4. Kumbang Pengebor Kayu

Seperti julukannya, yang mana jenis kumbang ini kerap menyerang kayu dengan cara mengebornya melalui moncong. Menurut kabar yang beredar, biasanya kumbang dewasa memiliki ukuran sekitar 2,5 cm hingga 5 cm.

5 Jenis Serangga Perusak Kayu - kumbang pengebor kayu

Adapun tampilan kumbangnya yang mengusung warna cokelat kemerahan, hijau kekuningan, dan cokelat kehitaman. Setelah si kumbang membuat lubang di permukaan kayu, maka ia akan langsung menempatkan telur di dalamnya.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 16 hari, telur-telur tersebut akan menetas dan berubah menjadi larva. Nantinya para larva ini akan memakan sari pati yang terdapat di dalam kayu selama fase hidupnya, hngga ia mencapai usia 6 sampai 12 bulan.

Semakin dewasa usianya, maka akan semakin besar pula dampak kerusakan yang akan dibuatnya terhadap kayu. Biasanya kumbang pengebor kayu kerap menyerang material kayu dalam kondisi suhu lembap.

Tak cuma itu, serangga tersebut juga tak jarang menyerang kayu yang sudah membusuk akibat mengalami pelapukan oleh jamur. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, kawanan kumbang ini akan menyerang kayu lain disekitarnya ketika populasinya sudah teralu banyak.

Agar terhindar dari serangan kumbang pengebor kayu, maka kondisi material kayu harus selalu kering dan bersih. Tak hanya itu, lakukan juga proses pengawetan kayu agar daya tahannya tetap terjaga dengan baik hingga proses pengolahan. 

5. Teter

Sebenarnya masih banyak masyarkat yang belum terlalu familiar dengan jenis serangga perusak kayu bernama teter. Pada dasarnya, teter (Lyctus brunneus) ini masih sejenis kumbang. Akan tetapi, bentuk teter ini jauh lebih kecil dan tipis dengan panjang sekitar 1 hingga 7 mm.

5 Jenis Serangga Perusak Kayu - teter kayu

Teter tampil dengan warna cokelat kemerahan yang juga memiliki hobi memakan material kayu. Konon, serangan teter terhadap kayu itu lebih mengerikan dari pada rayap lho!

Dampak yang dihasilkan dari serangan teter, yakni kayu akan mengalami keropos dan berlubang. Apabila sudah diserang oleh teter, sudah pasti tampilan material kayu menjadi tidak indah dan tidak layak lagi untuk digunakan. Tak seperti rayap, teter ini menyerang kayu secara individu.

Namun, serangan dari teter akan dilakukan secara terus menerus sehingga dampak kerusakan yang ditimbulkannya menjadi semakin besar. Guna mencegah serangan teter, kamu pun bisa menggunakan obat pengawet kayu sejak awal sebelum kayunya diolah menjadi furniture.

Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan intektisida khusus untuk mencegah serangan teter. Adapun cara penggunaan intetiksida tersebut dengan mengoleskannya ke permukaan kayu, lalu lapisi dengan plitur di atasnya.

Artikel Serupa : Perbedaan Plitur dengan Pernis Kayu

Nah, itulah beberapa jenis serangga perusak kayu yang harus kamu waspadai.