Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Review 4 Jenis Furniture Rotan yang Paling Populer

Jenis furniture rotan

Jenis furniture rotan – Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan sebuah material yang bernama rotan. Ya, material alami yang satu ini memang sejak dari dulu kerap diandalkan untuk berbagai kebutuhah, terlebih dalam bidang furniture.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini telah hadir beragam jenis furniture rotan sehingga bisa kita pilih sesuai selera.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi seputar jenis-jenis furniture rotan, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

4 Jenis Furniture Rotan

1. Furniture Rotan Vinyl

Furniture Rotan Vinyl

Saat diraba dengan tangan, sekilas Furniture Rotan Vinyl ini memang tampak terasa seperti plastik. Pasalnya, material vinyl memiliki sifat yang lentur dan elastis seperti halnya plastik. Padahal, antara vinyl dengan plastik dua material yang berbeda.

Material vinyl terbuat dari radikal etena yang cenderung pada berbagai senyawa berbasis etilen, sedangkan plastik termasuk kedalam jenis PVC (polyvinyl chloride). Ya karena faktor inilah yang membuat masyarakat sering beranggapan bahwa vinyl adalah sejenis plastik.

Terlepas dari hal itu, Furniture Rotan Vinyl sangat cocok diaplikasikan sebagai furniture outdoor karena tahan terhadap faktor cuaca.

Artikel serupa: Mau Beli Lantai Vinyl? Berikut Rekomendasi Vinyl Motif Kayu Terbaik

2. Furniture Rotan Aluminium

Furniture Alumunium

Ada salah satu keunggulan dari Furniture Rotan Aluminium yang tidak dimiliki oleh material lainnya, yakni sifatnya yang tahan terhadap korosi. Penggabungan rotan dengan aluminium dinilai sebagai perpaduan yang sangat pas untuk pembuatan furniture.

Selain tingkat ketahanannya yang mumpuni, Furniture Rotan Aluminium juga masih tetap menonjolkan kesan naturalnya. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika Furniture Rotan Aluminium cocok digunakan untuk area indoor maupun outdoor.

3. Furniture Anyaman Rotan

Furniture Anyaman Rotan

Pada dasarnya kebanyakan rotan akan dibuat dengan cara dianyam. Namun, ada satu varian khusus yang mengikuti alur atau pola tertentu guna meningkatkan nilai seninya.

Itu artinya, pola anyaman rotan mampu menghasilkan karakteristik dari para pengrajinnya. Sehingga tak heran jika Furniture Rotan anyaman masih banyak diminati meskipun saat ini telah hadir berbagai jenis rotan sintetis.

4. Furniture Rotan Sintetis (Plastik)

Furniture Rotan Sintetis (Plastik)

Jika dibandingkan dengan rotan asli, ternyata Furniture Rotan sintetis memiliki tingkat kekuatan yang lebih baik. Itu sebabnya, mengapa Furniture Rotan Plastik selalu diaplikasikan sebagai furniture outdoor.

Bukan hanya itu saja, bahkan Furniture Rotan Plastik sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap. Meski tidak diberi perawatan secara berkala, Furniture Rotan Plastik pun mampu bertahan hingga 10-20 tahun lamanya.

Lain halnya dengan furniture rotan asli yang lebih cocok ditempatkan di area indoor, karena tingkat kekuatannya terhadap faktor cuaca tidaklah terlalu baik.

Berbagai Kelebihan Furniture Rotan

- Mempunyai Bobot Ringan

Dibandingkan dengan furniture kayu, bobot furniture rotan pastinya memiliki bobot yang lebih ringan. Tentu saja hal tersebut dapat memudahkan kita saat hendak mengangkat atau memindahkan furniture rotan tersebut dari satu tempat ke tempat lainnya.

- Daya Tahan yang Bagus

Dibalik bobotnya ringan, ternyata daya tahan pada furniture yang berbahan rotan ini terbilang cukup bagus. Sehingga tak heran jika rotan sangat ideal dijadikan sebagai bahan dasar untuk pembuatan sofa maupun tempat tidur.

- Harga yang Lebih Murah

Berbicara soal jenis furniture yang harganya murah tapi tidak murahan, maka furniture berbahan rotan ini merupakan pilihan yang paling tepat.

- Teksturnya yang Lentur

Keunggulan berikutnya dari furniture rotan, yakni memiliki tekstur lentur. Nah, karena hal inilah yang membuat para pengrajin rotan bisa lebih leluasa lagi dalam melakukan kreasinya secara maksimal.

Berbeda dengan karakteristik material kayu yang cenderung kaku, sehingga bahan rotan lebih fleksibel ketika diolah dan dibentuk yang sesuai keinginan.

- Cara Perawatan yang Mudah

Mengenai cara perawatannya, kamu hanya perlu menggunakan kuas saja untuk membersihkan debu di sela-selanya secara rutin. Selain itu, usahakan agar furniture rotan tidak langsung terpapar oleh sinar matahari.

Pasalnya, furniture rotan yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung akan membuat strukturnya semakin melemah.

- Dapat Menciptakan Nuansa Natural

Guna menciptakan kesan natural dalam hunian, kamu hanya perlu menggunakan beberapa jenis furniture rotan saja. Hal itu bukan tanpa alasan, karena furniture rotan tampil dengan warna alami.

Sehingga penggunaan furniture rotan sangat ideal dipadukan dengan interior yang bergaya rustic maupun etnic clasic. Agar tampilannya lebih sempurna, disarankan untuk menggunakan furniture rotan yang warnanya serasi dengan interior rumah.

- Kuat dan Awet

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa furniture berbahan rotan memiliki daya tahan yang cukup bagus. Kabarnya, furniture rotan mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

- Bisa Dipadukan Dengan Berbagai Warna

Keunggulan berikutnya dari furniture rotan yang harus kamu ketahui, yakni bisa di variasikan dengan berbagai warna. Ya, mulai dari warna gelap, warna netral, hingga warna terang pun sangat cocok dipadukan dengan furniture berbahan rotan.

Nah, seperti itulah berbagai jenis furniture rotan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan di rumah.