Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ini Dia Beberapa Material Lantai Terbaik Untuk Lapangan Basket

 

lantai untuk lapangan basket

Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan olahraga basket bukan? Ya, terang saja demikian, sebab basket itu merupakan salah satu jenis olahraga terpopuler di dunia. Di negara Indonesia, basket menempati urutan keempat sebagai jenis olahraga terpopuler setelah sepak bola, badminton, dan volley ball.

Seperti halnya lapangan futsal, yang mana olahraga basket juga memanfaatkan memanfaatkan ruang indoor sebagai sarana lapangannya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena ukuran lapangan basket tidaklah seluas lapangan sepak bola. Dengan demikian, maka tak heran jika pembuatan lapangan basket dilakukan dalam ruangan.

Pada pembangunan lapangan basket, tentu saja akan ada banyak hal yang harus diperhatikan guna menunjang pergerakan serta kenyamanan para atletnya.

Tak hanya dipengaruhi oleh penggunaan sepatu, material lantai yang digunakan juga sangatlah berpengaruh terhadap kenyamanan olahraga basket. Dengan kata lain, tidak semua material lantai itu cocok diaplikasikan pada lapangan basket lho.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa material lantai terbaik untuk lapangan basket. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasan di bawah ini.

Jenis-jenis Material Lantai Terbaik Untuk Lapangan Basket

1. Lantai Kayu Solid

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa lapangan basket yang bertaraf internasional selalu menggunakan material lantai berbahan kayu solid. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lantai kayu solid memiliki kualitas yang sangat mumpuni, mulai dari tingkat kekuatan dan keawetannya.

Tak hanya itu, lantai kayu solid juga tampil dengan tekstur yang kesat dan cukup empuk sehingga dapat menunjang aktivitas bagi para pebasket.

Baca juga : Mengintip Project Pemasangan Lantai Kayu Jati di Lapangan Basket Ciracas Jakarta

Ditambah lagi dengan tampilan warna dan pola seratnya yang begitu indah, sehingga penggunaan lantai kayu solid ini akan membuat lapangan basket memiliki nilai estetika tinggi.

Menariknya lagi, ternyta lantai kayu solid ini diklaim memiliki dampak bagus untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, lantai kayu solid dapat menyerap energy panas yang kemudian menghantarkan suhu hangat ke dalam ruangan.

Nah, karena hal itulah yang membuat lapangan basket bertaraf internasional selalu menggunakan lantai kayu solid.

Terdapat jenis-jenis lantai kayu solid untuk lapangan basket yang tersedia di showroom kami seperti berikut :

  • Lantai Kayu Solid Jati

lantai untuk lapangan basket - lantai kayu solid jati

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa kayu jati merupakan salah satu jenis kayu terbaik di dunia. Sehingga tak heran, jika semua produk furniture maupun property yang berbahan kayu jati selalu dibanderol dengan harga mahal.

Begitu juga dengan lantai kayu solid jati, yang harganya memang lebih mahal ketimbang jenis lantai kayu solid lainnya.

Walaupun harganya mahal, namun kualitas lantai kayu solid jati sudah terbukti bagus mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Akan tetapi, produk lantai kayu solid jati ini akan dibedakan lagi berdasarkan kelasnya, yaitu grade A, grade B, dan grade C. Tentu saja pada masing-masing kelas lantai kayu jati tersebut menawarkan kualitas dan harga yang berbeda pula. 

Untuk tingkat keawetannya, daya tahan parket solid jati ini bisa mencapai hingga puluhan tahun lamanya. 

  • Lantai Kayu Solid Merbau

lantai untuk lapangan basket - lantai kayu solid merbau

Mengenai kualitasnya, kayu merbau memiliki tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II.

Bukan hanya itu, bahkan parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca. Ditinjau dari harga, lantai kayu solid merbau ini menawarkan harga yang lebih murah dibanding lantai kayu solid jati lho.

Baca juga : Daftar Harga Lantai Kayu dan Biaya Pasang 2021

Keunggulan dan Kekurangan Lantai Kayu Solid

Perlu diketahui, bahwa setiap jenis material lantai yang ada itu memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Begitu juga dengan material lantai kayu solid yang memiliki berbagai keunggulan dan kekurangan seperti berikut :

Keunggulan Lantai Kayu Solid

  • Kuat dan tahan lama (dapat digunakan hingga puluhan tahun)
  • Dapat menghadirkan nuansa mewah, elegan, dan natural
  • Bisa dijadikan investasi jangka panjang, karena memiliki nilai ekonomis tinggi
  • Memiliki tekstur permukaan yang empuk dan kesat, sehingga tidak akan licin saat terkena air
  • Mempunyai kemampuan menyerap panas yang dapat menciptakan suhu hangat
  • Mampu mengeluarkan ion negatif dalam ruangan

Kekurangan Lantai Kayu Solid

  • Proses pemasangan yang bisa memakan waktu lama
  • Membutuhkan perawatan khusus
  • Menawarkan harga mahal

2. Lantai Kayu Sintetis

Untuk mendapatkan proses pengerjaan yang lebih cepat, maka penggunaan lantai kayu sintetis ini adalah jawabannya. Tak hanya mudah dipasang, bahkan harga lantai kayu sintetis ini lebih murah dibanding lantai kayu solid.

Meski lebih murah, namun kualitas pada lantai kayu sintetis ini tidaklah murahan lho. Terdapat berbagai jenis lantai kayu sintetis terbaik yang tersedia di showroom kami untuk lapangan basket seperti berikut :

  • Lantai Vinyl

lantai untuk lapangan basket - lantai vinyl motif kayu

Vinyl merupakan material lantai sintetis yang berbahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis dan mudah dipasang. Tersedia berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif bebatuan, keramik, granit, sampai motif kayu.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Itu sebabnya, mengapa lantai vinyl banyak dipilih sebagai alternatif pengganti parket solid untuk lapangan basket.

Artikel Terkait : Rekomendasi Lantai Vinyl Motif Kayu Terbaik

  • Lantai SPC

lantai untuk lapangan basket - lantai spc

Lantai SPC adalah singkatan dari Stone Plastic Composite, yang mana materialnya terdiri dari gabungan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Itu artinya, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Untuk kualitasnya, tentu saja kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, dimana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok, sehingga sangat cocok diaplikasikan pada lapangan basket. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

Untuk keterangan lebih lanjut seputar lantai SPC, silahkan hubungi marketing kami di nomor 0812 2042 004

  • Laminated Flooring

lantai untuk lapangan basket - lantai laminated

Berbeda dengan vinyl, dimana material lantai laminate terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin. Umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Selain menghadirkan motif kayu, masih ada lagi motif lantai laminate yang tersedia, seperti motif bebatuan, keramik, pecahan kaca, granit, dan lain sebagainya.

Baca Selengkapnya : Lantai Laminated Sebagai Pilihan Alternatif

Keunggulan Lantai Kayu Sintetis

  • Menawarkan harga lebih murah
  • Kuat dan tahan lama
  • Proses pemasangan yang lebih mudah

Kekurangan Lantai Kayu Sintetis

  • Kurang bagus untuk kesehatan tubuh karena mengandung bahannya senyawa VOC
  • Saat terjadi sedikit kerusakan, maka harus diperbaiki secara keseluruhan
  • Tidak seindah dan sekuat lantai kayu solid.  

Nah, itulah jenis-jenis lantai terbaik yang direkomendasikan untuk lapangan basket, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.