Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

cara memasang lantai kayu parquet bisa dengan menggunakan lapisan pelindung

Cara Memasang Lantai Kayu Parquet

Jenis lantai kayu Parquet laminate terbuat dari lapisan yang terdiri dari 4 lapis. Lapisan paling bawah merupakan lapisan pelindung yang akan melindungi kayu dari kelembaban yang ditimbulkan dari lantai yang sudah ada sebelumnya. Lapisan selanjutnya ialah bahan utama yang terbuat dari medium density fiberboard dan high density fiberboard.
Lapisan di atas lapisan ini adalah lapisan material yang bersifat dekoratif dimana lapisan di bawahnya yang merupakan lapisan polos akan tertutupi dan menjadikan motif kayu lebih menonjol. Lapisan yang seperti kayu tersebut terbuat dari bahan yang dinamakan resin.
lantai kayu parquet
Lantai kayu Parquet terdiri dari berbagai jenis dan material, masing masing memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda. Dalam pemasangannya pun perlu diperhatikan hal hal yang sesuai dengan kekhasan masing masing supaya hasilnya bisa lebih rapi dan tidak menimbulkan kegagalan dalam hal pemasangan. Jenis jenis parquet atau lantai kayu ada yang terbuat dari beberapa lapis material dan umumnya dibentuk oleh berbagai macam lapisan yang berbeda.

Lapisan terakhir adalah lapisan paling atas yang merupakan lapisan transparan yang kuat dan memiliki fungsi sebagai pelindung. Adanya lapisan film, maka parket yang berjenis laminate akan lebih tahan gores dan tahan air dibandingkan dengan kayu solid. Pemasangan biasanya menggunakan lapisan lembaran foam terlebih dahulu agar permukaan lantai yang tidak merata bisa dihindari dan tidak akan terjadi bunyi yang berdecit ketika pemasangan sudah selesai.

Parket jenis laminate akan mempunya desain menggunakan sistem interlocking antara lidah dan bagian ceruk. Pada satu kepingnya, ada sebelah kiri yang merupakan lidah dan bagian kanannya ialah ceruk. Sisi atas lidah dan bawahnya merupakan ceruk juga. Untuk memasangnya bisa dengan memasukkan lidah keping ke dalam bagian ceruk keping yang lainnya.

Pemasangan lantai kayu Parquet atau parket laminate ada sedikit perbedaan dari pemasangan lantai keramik yang setiap kepingnya harus direkatkan pada lantai. Perekat sebenarnya dibutuhkan tetapi untuk menempelkan saja keping satu dengan keping lainnya dengan cara mengoleskan pada bagian lidah dan ceruk dari parket itu sendiri. Pemasangan jauh lebih mudah seperti memasang puzzle.