Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Selain Keramik, Inilah Beberapa Jenis Lantai yang Paling Diminati

alternatif lantai pengganti keramik

Keramik merupakan salah satu material yang memang umumnya digunakan sebagai alas atau ubin lantai. Keramik memang selalu menjadi primadona bagi masyarakat, karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. 

Bukan hanya itu, bahkan keramik juga mudah dijumpai serta menyediakan beragam motif dan ukuran. Tentu saja hal tersebut dapat memberikan keleluasaan kita dalam memilih motif dan ukuran keramik yang sesuai dengan kebutuhan hunian rumah. 


Meski keramik selalu menjadi pilihan, namun bukan berarti juga bahwa jenis lantai yang lainnya tidak diminati oleh konsumen lho. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat jenis lantai selain keramik dapat memberikan nuansa yang lebih berbeda dari biasanya. 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa jenis lantai selain keramik. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung paparannya di bawah ini. 

Alternatif Lantai Pengganti Keramik

1. Lantai Kayu

lantai kayu

Di urutan pertama ada lantai kayu atau yang biasa disebut dengan istilah parket (parquete). Ya, belakangan ini tren interior dan eksterior yang berbahan kayu mulai diminati oleh masyarakat, entah itu di daerah perkotaan maupun pedesaan. 

Salah satunya adalah lantai kayu parket, yang memang dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural pada sebuah hunian. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata penggunaan lantai kayu juga sudah terbukti berdampak bagus untuk kesehatan tubuh. Mengapa demikian?

Berdasarkan dari hasil penelitian, lantai kayu memiliki kemampuan yang dapat menyerap energi panas dan kemudian akan disalurkan kedalam ruangan rumah. Hasilnya, suhu dalam ruangan akan tetap terasa hangat meski ditengah musim dingin. Itu artinya, lantai kayu sangat cocok bagi penderita rematik. 

Akan tetapi, produk lantai kayu itu sendiri terbagi lagi kedalam dua tipe berbeda yakni lantai kayu indoor dan lantai kayu outdoor. Adapun mengenai perbedaannya seperti berikut :

Jenis Lantai Kayu Indoor

Parket Solid Jati

parket solid jati

Produk parket yang satu ini terbuat dari 100% kayu jati asli, dengan tingkat kekuatan dan keawetan yang paling bagus dibanding dengan jenis parket lainnya. Bukan hanya itu, parket solid jati juga menempati urutan pertama dari segi keindahan pola serat dan warnanya lho. 

Dengan demikian, maka tak heran juga jika parket solid jati ini dibanderol dengan harga yang mahal. Namun, tidak semua tipe parket solid akan dijual dengan harga dan kualitas yang sama. Pasalnya parket solid jati akan dibedakan lagi berdasarkan kelasnya, yaitu grade A, B, dan C. Baca selengkapnya...

Parket Solid Merbau

parket solid merbau

Kayu merbau banyak didapat dari daerah Papua, karena kualitas kayu merbau Papua memang memenuhi industri perkayuan. Ya, karakteristik kayu yang satu ini memiliki tekstur keras dan berwarna merah kecoklatan, sehingga sangat ideal dijadikan bahan baku untuk lantai kayu parket. 

Mengingat teksturnya yang sangat keras, pastinya parket solid merbau tidak akan mudah dimakan rayap sehingga awet dan tahan lama. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kayu merbau sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca, tahan air, dan anti jamur. 

Nah, karena keunggulan tersebutlah yang membuat kayu merbau tak hanya cocok dijadikan lantai kayu indoor, melainkan juga untuk produk lantai kayu outdoor alias decking. Baca selengkapnya...

Jenis Lantai Kayu Outdoor (Decking)

lantai kayu outdoor

Istilah decking mengacu pada produk lantai kayu outdoor, karena memang pemasangannya dilakukan di area luar ruangan. Mulai dari taman, halaman, balkon, rooftop, hinga pinggiran kolam renang.

Decking sangat cocok diaplikasikan di area outdoor karena karakteristiknya yang tahan air, tahan terhadap perubahan cuaca, dan anti rayap. Itu sebabnya, mengapa tingkat pemuaian dan penyusutan pada decking tergolong cukup rendah. 

Untuk kelengkapan informasi seputar lantai kayu outdoor, silahkan Klik Disini

2. Lantai Laminasi (Laminated Flooring)

lantai laminasi

Sebenarnya lantai laminasi ini masih bagian dari jenis lantai kayu, hanya saja kualitasnya berada di bawah parket solid. Ya, material lantai laminasi terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan beragam jenis bahan lainnya. 

Menurut informasi yang didapat, material lantai laminasi terdiri dari 4 lapis bahan yang berbeda-beda. Untuk bagian bawahnya perfungsi sebagai lapisan pelindung, atau yang biasa disebut melamin dengan fugsinya untuk melindungi kayu dari kelembapan. 

Sedangkan bahan pada bagian atasnya bernama MDF (Medium High Density), atau HDF (High Density Fiberboard). Dari sisi harga, tentu saja harga lantai laminasi ini jauh lebih murah jika dibangdingkan dengan parket solid.

3. Lantai Vinyl

lantai vinyl

Untuk yang awam, mungkin kita akan menganggap bahwa lantai vinyl ini masih sejenis parket maupun lantai laminasi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena motif pada lantai vinyl memang dibuat serupa dengan lantai kayu asli. Padahal, sebenarnya lantai vinyl bukanlah bagian dari jenis lantai kayu lho.

Perlu anda ketahui, lantai vinyl ini terbuat dari bahan PVC (polyvynil cholride) yang memiliki tekstur elastis. Mengenai kualitasnya, tentu saja lantai vnyil ini berada dibawah parket solid dan laminated flooring.

Dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan PVC, lantai vinyl pun dinilai kurang bagus untuk kesehatan karena bisa mengeluarkan zat VOC yang memiliki sifat racun lho!

Menarik juga untuk disimak : Lantai Vinyl Untuk Kamar Tidur

4. Lantai Marmer

lantai marmer

Bagi anda yang ingin mendapatkan nuansa elegan dan mewah pada sebuah hunian, maka penggunaan lantai marmer ini merupakan pilihan yang paling tepat. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat permukaan pada lantai marmer tampak begitu mengkilap sehingga menonojolkan sisi kemewahan. 

Bukan hanya itu, bahkan lantai marmer sudah terbukti kokoh dan tahan lama serta tidak membutuhkan perawatan khusus. Adapun megenai beragam motif atau corak lantai marmer yang tersedia, sehingga bisa anda pilih sesuai dengan konsep rumah. 

Akan tetapi, untuk mendapatkan jenis lantai yang satu ini anda harus merogoh kantong cukup dalam. Sebab harga lantai marmer itu sendiri memang yang paling mahal dibandingkan dengan jenis-jenis lantai lainnya. 

5. Lantai Karpet

lantai karpet

Selain berfungsi sebagai tempat pijakan kaki, lantai juga kerap dijadikan tempat untuk tiduran. Nah, untuk anda yang memang hobi tiduran diatas lantai, maka penggunaan lantai karpet ini wajib dicoba. Lantai karpet memang cocok dipasang pada semua konsep rumah, terlebih bagi yang tinggal di daerah bercuaca dingin.

Pasalnya penggunaan lantai karpet dapat menciptakan sensasi hangat, sehingga akan memberikan kenyamanan yang maksimal didalam rumah anda. Jika anda ingin menggunakan lantai karpet, maka pilihlah yang motifnya sesuai dengan konsep ruma atau furniture yang ada. 

Itulah beberapa alternatif lantai pengganti keramik yang paling recommended, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. 

Nah, untuk anda yang ingin mendapatkan lantai kayu parket berkualitas dengan harga promo, silahkan hubungi marketing kami di nomor (021) 539 7273 / WA 0812 2042 004