Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Jenis-jenis Lantai Terbaik Untuk Kamar Tidur

material terbaik untuk kamar tidur

Berbicara soal memanjakan tubuh di dalam rumah, tentu saja pikiran kita akan langsung tertuju pada kamar tidur bukan...??? Ya, terang saja demikian, sebab kamar tidur merupakan salah satu ruang khusus yang kerap digunakan untuk mengistirahatkan tubuh secara total. 

Sehingga tak heran, jika kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tingkat kenyamanan di dalam kamar tidur juga dapat mempengaruhi suasana hati lho. Bayangkan saja jika sebuah kamar dalam kondisi kotor dan berantakan, yang tentunya akan membuat kita merasa tidak betah. 

Terdapat beragam cara yang bisa kita lakukan untuk membuat kamar menjadi lebih nyaman, mulai dari menjaga kebersihan, penataan furniture, pemilihan warna cat dinding, hingga penggunaan material lantai.

Terlebih untuk lantai yang memang menjadi elemen paling penting dalam meningkatkan kenyaman kamar tidur. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar jenis-jenis lantai terbaik untuk kamar tidur.

5 Rekomendasi Jenis Lantai Terbaik Untuk Kamar Tidur

1. Keramik

material lantai untuk kamar tidur - keramik

Kepopuleran material keramik di pasaran memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal itu terbukti, yang mana material keramik bisa kita jumpai dengan mudahnya di toko bangunan. Bahkan, harga keramik pun relatif murah ketimbang jenis material lantai lainnya.

Dengan demikian, maka tak heran juga jika material keramik ini sangat laris dipasaran. Tak hanya diaplikasikan pada lantai, keramik juga bisa anda aplikasikan pada dinding. Ada banyak sekali motif lantai keramik yang tersedia, mulai dari motif bebatuan, tradisional, hingga motif kayu.

2. Karpet

material lantai untuk kamar tidur - karpet

Selain keramik, pastinya kita semua sudah tidak asing dengan material penutup lantai yang satu ini. Sehingga tak heran, jika karpet juga menjadi salah satu material penutup lantai paling laris dipasaran

Selain dapat mempercantik tampilan ruangan, penggunaan karpet pun dapat menciptakan nuansa hangat sehingga kamar tidurmu akan tampak lebih nyaman. Terlebih harga yang ditawarkannya relatif lebih murah dari material lantai lain, karpet tidak pernah sepi dari pembeli.

Adapun mengenai tipe karpet yang tersedia, seperti karpet permadani, karpet meteran, dan karpet tile. Tersedia pula bahan karpet yang bervariasi, mulai dari bahan kulit hewan, sutra, wol, sintetis (karet, plastik, dan nylon), dan lain sebagainya.

Baca Juga : Membandingkan Kualitas Parket dengan Karpet

Keunggulan Karpet

  • Memberikan nuansa yang hangat
  • Memberikan kenyamanan maksimal
  • Memiliki tekstur yang empuk
  • Tersedia beragam model dan motif
  • Mampu meredam suara berisik
  • Menawarkan harga yang lebih murah dari parket solid maupun parket sintetis

Kekurangan Karpet

  • Membutuhkan perawatan ekstra
  • Sensitif terhadap noda dan rentan pada alergi
  • Jangka waktu pemakaian yang pendek (untuk tipe karpet sintetis)

3. Marmer

material lantai untuk kamar tidur - marmer

Dalam menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada kamar, maka penggunaan lantai marmer ini adalah jawabannya. Bagaimana tidak mewah, sebab lantai marmer tampil dengan kilauan bening yang serasi dengan motifnya.

Selain menyuguhkan nuansa mewah, bahkan cara perawatan lantai marmer tersebut tidaklah seribet lantai karpet.

Namun, anda harus merogoh kantong cukup dalam untuk bisa mendapatkan material lantai yang satu ini.

4. Lantai Kayu Solid

Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis lantai kayu solid yang tersedia dipasaran. Namun, hanya ada dua jenis saja yang paling banyak diminati oleh par konsumen, yaitu lantai kayu jati dan lantai kayu merbau.

Lantas, seperti apakah perbedaannya...????

Lantai Kayu Solid Jati

material lantai untuk kamar tidur - parket solid jati

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa kualitas kayu jati ini adalah yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Kualitas kayu jati dinilai berbagai aspek, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat kepadatan, tingkat keindahan pola serat dan warna.

Namun, tidak tidak semua tipe lantai kayu jati memiliki spesifikasi yang sama lho. Sebab produk lantai kayu solid jati ini akan dibedakan lagi kedalam kelas yang berbeda, yakni grade A, grade B, dan grade C. Tentunya masing-masing kualitas dan harga yang ditawarkan pada setiap kelas parket jati tersebut akan berbeda pula. 

Baca selengkapnya : Mengenal Lantai Kayu Jati dan Informasinya

Lantai Kayu Solid Merbau

material lantai untuk kamar tidur - parket solid merbau

Untuk tampilan fisiknya, kayu merbau cenderung berwarna merah kecoklatan dengan berpola serat yang lurus. Hasilnya, penggunaan lantai kayu solid merbau dapat menciptakan kesan yang lebih natural, elegan, hangat, dan nyaman pada sebuah hunian.

Tak hanya itu, tingkat kekerasan dan keawetan kayu merbau ini termasuk kedalam kelas I dan II.Bahkan yang lebih hebatnya lagi, parket solid merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca.

Baca selengkapnya -> Mengenal lantai Kayu Merbau

Keunggulan Lantai kayu Solid

  • Menyuguhkan motif dan warna yang indah
  • Teksturnya yang cukup empuk
  • Dapat menciptakan suhu hangat dan mengeluarkan Ion negatif
  • Bisa dijadikan investasi jangka panjang, karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi

Kekurangan lantai Kayu

  • Menawarkan harga mahal
  • Rentang terhadap kerusakan (apabila tidak dirawat dengan baik)
  • Membutuhkan perawatan khusus

5. Lantai Kayu Sintetis

Terdapat tiga jenis lantai kayu sintetis yang paling laris dipasaran seperti berikut :

Lantai SPC

material lantai untuk kamar tidur - lantai spc

Mengingat harga lantai kayu solid yang cenderung mahal, penggunaan lantai kayu sintetis pun kian banyak diminati oleh berbagai kalangan konsumen. Ya, salah satunya adalah lantai SPC, yang mana harganya lebih murah dari lantai kayu solid.

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Itu artinya, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Itu sebabnya, mengapa kualitas lantai SPC jauh lebih bagus dari lantai vinyl. Hal itu bisa diliat, yang mana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Lebih hebatnya lagi, lantai SPC memiliki sifat 100% anti air.

Untuk anda yang ingin memesan atau sekedar bertanya-tanya seputar lantai SPC, silahkan hubungi marketing kami chat via WhatsApp

Lantai Vinyl

material lantai untuk kamar tidur - lantai vinyl

Material lantai vinyl terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis serta mudah dipasang.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Nah, karena hal itulah yang membuat lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid. Adapun berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, sehingga bisa anda sesuka hati.

Produk Terkait -> Rekomendasi Lantai Viny Motif Kayu Terbaik

Lantai Laminate

material lantai untuk kamar tidur - lantai laminate

Lain halnya dengan material lantai laminate yang terbuat dari bahan serbuk kayu dengan campuran resin. Pada umumnya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Baca Selengkapnya -> Mengenal Lantai Laminated Sebagai Pilihan Alternatif

Seperti itulah beberapa jenis material lantai terbaik yang direkomendasikan untuk kamar tidur, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi saat hendak merenovasi kamar.