Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Lagi Nyari Material Decking Terbaik Untuk Samping Kolam Renang? Ini Dia Rekomendasinya

 

decking samping kolam renang

Berenang tidak selalu identic dengan kegiatan berolahraga saja, melainkan juga untuk menghibur diri. Maka dari itu, kolam harus dibuat senyaman mungkin agar kita lebih leluasa lagi dalam melakukan kegiatan berenang.

Penggunaan decking pada tepian atau pinggiran kolam renang pun menjadi tren di kalangan  masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan decking tersebut dapat memperindah tampilan kolam renang.

Tak hanya indah, bahkan penggunaan decking juga dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan kolam lho. Pasalnya, ada beberapa material decking tertentu yang memiliki tekstur kesat sehingga dapat meminimalisir risiko bahaya terpeleset.

Nah, secara kebetulan pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beberapa material decking terbaik untuk samping kolam renang. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.  

6 Material Decking Terbaik Untuk Samping Kolam Renang

1. Decking Wood (Decking Kayu Solid)

decking samping kolam renang - dcking kayu

Jenis material decking terbaik pertama yang selalu dipilih untuk di aplikasikan pada samping kolam, yakni yang terbuat dari bahan kayu solid (kyu utuh). Ya terang saja demikian, karena penggunaan decking dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural khas kayu.

Decking yang berbahan kayu solid ini memiliki tekstur permukaan yang lebih kesat, sehingga membuatnya tidak akan licin meski terkena air. Tentu saja hal tersebut akan sangat membantu dalam meminimalisir risiko bahaya terpeleset.

Seandainya terjatuh, anda pun tidak akan terlalu merasakan sakit karena tekstur decking kayu ini terbilang cukup empuk lho. Terdapat beberapa jenis decking kayu terbaik yang paling laris dipasaran seperti berikut :

  • Decking Kayu Ulin

Kayu ulin berasal dari daerah Kalimantan yang biasa disebut dengan istilah “Kayu Besi”. Mengapa demikian? Ya, hal itu dikarenakan tekstur kayu ulin yang memang begitu keras.

Mengingat teksturnya yang keras, tentu saja decking kayu ulin ini tahan terhadap serangan rayap maupun serangga pemakan kayu lainnya.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, decking kayu ulin sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Sehingga tak heran, jika potensi penyusutan dan pemuaian pada decking kayu ulin ini sangatlah rendah.

Artikel terkait : Harga Decking Kayu Ulin Kalimantan

  • Decking Kayu Bengkirai

Tak berbeda jauh kayu ulin, dimana kayu bengkirai juga terkenal dengan tingkat kekerasan dan tingkat kekuatannya yang begitu baik. Itu sebabnya, mengapa kayu bengkirai kerap dilibatkan dalam pembuatan bahan baku untuk produk decking.

Keunggulan decking kayu bengkirai mulai dari tahan air, anti rayap, tahan terhadap perubahan cuaca, serta tingkat pemuaian dan penyusutannya yang cukup rendah. Selain itu, penggunaan decking bengkirai ini juga tentunya akan mempercantik tampilan kolam renang anda. 

Baca selengkapnya : Decking Bengkirai dan Harga Jualnya

  • Decking Kayu Keruing (Kruing)

Dilihat dari spesifikasi, decking keruing ini memang cukup berbeda dengan jenis-jenis decking kayu diatas tadi. Namun, decking keruing memiliki ciri khas dari tampilan warnanya yang cenderung agak gelap dari jenis decking kayu lainnya.

Selain dipasang pada pinggiran kolam renang, decking keruing juga bisa anda pasang di area outdoor lainnya seperti taman, halaman, balkon, dan rooftop.

  • Decking Kayu Merbau

Jenis decking kayu solid terbaik berikutnya untuk kolam renang yang jangan sampai anda lewatkan, yakni decking kayu merbau. Decking kayu merbau tampil dengan warna cenderung merah kecoklatan, dan memiliki pola seratnya yang lurus.

Artikel Terkait : Mengenal Jenis-jenis Lantai Kayu

2. Decking Concret Wood (Con Wood)

decking samping kolam renang - dcking con wood

Material concret wood alias con wood ini terbuat dari bahan semen yang sudah diproses melalui fabrikasi, kemudian dibentuk sedemikian rupa hingga bentuk dan teksturnya menyerupai kayu.

Namun, bukan berarti juga bahwa concret wood ini masih bagian dari jenis decking kayu. Dilihat dari sisi kualitasnya, tentu saja jenis decking kayu jauh lebih bagus daripada decking concret wood.

3. Decking WPC

decking samping kolam renang - dcking wpc

Seperti halnya jenis decking con wood, yang mana decking WPC merupakan produk decking kayu sintetis. Istilah WPC itu sendiri merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite, dimana materialnya terdiri dari serat kayu berkualitas tinggi dan polimer termoplastik.

Komposisi serat kayu pada decking WPC ini sebanyak 60%, dan sisanya adalah polimer sintetis seperti polyethlene (PE), polypropylene (PP), coupling agents, UV stabilizer, dan pewarna. Pada umumnya, lantai WPC digunakan untuk area luar ruangan.

Mulai dari pinggiran kolam renang, halaman, taman, rooftop, balkon, dan lain sebagainya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai WPC sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca. Tak hanya itu, decking WPC juga tahan terhadap serangan rayap dan anti korosi.

4. Decking Batu Alam

decking samping kolam renang - dcking batu alam

Material decking batu alam ini terdiri dari batu andesit, batu paras jogja, dan batu basalto. Batu andesit mempunyai karakter dan tekstur permukaan yang cocok diaplikasikan di area basah.

Sedangkan tampilannya mengusung warna abu-abu, sehingga akan menambahkan kesan mewah dan elegan pada kolam renang anda. Adapun mengenai sifat batu paras jogja yang memiliki daya serap tinggi terhadap air.

Saat decking batu alam diberi sentuhan coating yang tepat, maka jangan heran jika tampilan kolam renangmu akan semakin sedap untuk dipandang.

Begitu juga dengan batu basalto, yang merupakan salah satu varian batu alam paling banyak digunakan untuk decking kolam renang. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tampilan batu basalto yang begitu indah dan elegan.

5. Decking Keramik

decking samping kolam renang - decking keramik

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini bukan? Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa keramik merupakan salah satu material paling populer di pasaran.

Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan harga keramik adalah yang paling murah diantara material lantai lainnya. Belum lagi keramik hadir kedalam berbagai motif dan ukuran, sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Artikel menarik lainnya : Membandingkan Kualitas Parket Dengan Karpet

Selain diaplikasikan pada lantai, material keramik juga kerap diaplikasikan untuk dinding. Akan tetapi, sebenarnya material keramik ini dinilai kurang cocok untuk dijadikan decking kolam renang. Mengapa demikian? Pasalnya, permukaan keramik akan menjadi lebih licin saat terkena air.

Pastinya hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpeleset. Belum lagi dengan tekstur permukaan keramik yang cukup keras, sehingga dapat membahayakan keselamatan kita saat terjatuh.

6. Decking Exposed Concrete

decking samping kolam renang - decking exposed concrete

Jenis decking kolam renang terbaik berikutnya yang akan dibahas, yaitu bernama decking exposed concrete. Material decking yang satu ini merupakan gabungan antara beton polimer dengan batu alam.

Bukan hanya itu, decking exposed juga biasanya akan diberi sentuhan coating yang pas sehingga tampilan teksturnya terkesan lebih unik dan mewah. Adapun mengenai beragam motif dan warna decking exposed concrete yang tersedia, sehingga bisa kamu pilih sesuai selera.

Nah, itulah beberapa material decking terbaik untuk samping kolam renang, sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.