Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Tips Membuat Lantai Menjadi Area Bermain yang Nyaman Untuk Anak

 

tips membuat lantai menjadi area bermain yang nyaman untuk anak

Menjaga lingkungan rumah agar senantiasa aman dan nyaman tentu menjadi kewajiban, terlebih bagi para orang tua yang sudah memiliki anak-anak. Hal itu bukan tanpa alasan, karena karakteristik si kecil yang memang selalu aktif.

Bahkan, si kecil juga sering merasa penasaran dengan segala sesuatu yang baru. Oleh karena itu, sudah semestinya bagi kita selaku orang tua untuk selalu memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman dan nyaman.

Begitu pun dalam urusan lantai yang memang menjadi sarana bermain bagi si kecil. Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips membuat lantai menjadi area bermain yang nyaman untuk anak.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

1. Pilih Jenis Alas Lantai yang Aman Untuk Anak

tips membuat lantai menjadi area bermain yang nyaman untuk anak - pilih jenis alas lantai yang aman untuk anak

Ada banyak sekali jenis alas lantai yang tersedia dipasaran, dimana pada masing-masing jenisnya memiliki ciri khas tersendiri. Ya, mulai dari segi tekstur, tingkat kekuatan, motif, bentuk, warna, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk memilih jenis alas lantai yang mudah dibersihkan. Selain itu, pilih juga alas lantai yang tekstur permukaannya tidak licin seperti lantai kayu. Pasalnya, tekstur permukaan pada lantai kayu tampak lebih kesat yang membuatnya tidak licin meski terkena air.

Tak hanya kesat, bahkan tekstur lantai kayu juga terbilang cukup empuk sehingga si kecil tidak akan terlalu merasa sakit ketika terjatuh. Menariknya lagi, ternyata penggunaan lantai kayu dapat memberikan dampak bagus untuk kesehatan tubuh lho.

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa lantai kayu memiliki kemampuan untuk mengeluarkan ion-ion negatif. Alhasil, kondisi didalam rumah akan senantiasa segar dan tentunya bagus untuk kesehatan si kecil.

Untuk kelengkapan informasi seputar lantai kayu silahkan klik tautan dibawah ini :

Harga Lantai Kayu Terbaru

2. Pilih Produk Cairan Pembersih yang Tepat

tips membuat lantai menjadi area bermain yang nyaman untuk anak - pilih produk cairan pembersih yang tepat

Penting juga bagi anda untuk memilih produk cairan pembersih lantai yang efektif daam membersihkan debu, noda, dan kotoran lainnya. Untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal, sebaiknya anda menggunakan produk cairan pembersih yang komposisinya terbuat dari minyak sereh.

Mengapa demikian...???

Pasalnya, produk cairan pembersih yang mengandung minyak sereh sudah terbukti ampuh untuk mengusir lalat, semut, nyamuk, hingga kecoa. Dengan menggunakan produk pembersih tersebut, tentu saja anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Disamping itu, terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membersihkan lantai. Hal yang pertama, yakni jangan lupa untuk mencuci kain pel dengan sabun sebelum digunakan agar permukaan lantainya tidak lengket.

Hal yang kedua, ketika anda mengepel kemudian airnya sudah terlihat keruh, maka segera ganti dengan air dan cairan pembersih lantai yang baru. Agar kondisi lantai senantiasa nyaman, sebaiknya anda bersihkan lantai rumah secara rutin sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

Baca Juga : Cara Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Mengkilap

3. Membersihkan Lantai Dengan Benar

tips membuat lantai menjadi area bermain yang nyaman untuk anak - membersihkan lantai dengan benar

Meski terlihat mudah dan simple, ternyata membersihkan lantai tidaklah semudah yang kita bayangkan lho. Dengan kata lain, membersihkan lantai tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa zat kimia dan kuman yang berbaur dengan debu serta kotoran bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Terlebih untuk kalangan anak-anak, dimana kondisi rumah yang kotor bisa meningkatkan risiko masalah pernafasan seperti asma, masalah kulit, hingga risiko penurunan IQ. Mengingat akan hal itu, tentu saja anda harus membersihkan lantai dengan benar dan teliti.

4. Jauhkan Semua Barang-barang yang Berbahaya Dari Jangkauan Anak

tips membuat lantai menjadi area bermain yang nyaman untuk anak - jauhkan semua barang-barang berbahaya dari jangkauan anak

Usahakan untuk tidak menyimpan barang-barang yang mudah pecah pada tempat yang mudah terlihat dan terjangkau oleh anak. Ya, barang-barang yang mudah pecah tersebut diantaranya seperti piring, vas bunga, guci, kendi, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya simpan perabotan tersebut di dalam lemari, gudang, atau tempat-tempat yang dirasa aman dari jangkauan si kecil. Selain perabotan yang mudah pecah, penting juga bagi anda untuk menjauhkan benda-benda tajam dari jangkauan si kecil.

Biasanya benda-benda tajam ini selalu kita jumpai di area dapur. Oleh karena itu, simpanlah benda-benda tajam tersebut ke dalam laci kemudian kunci dengan rapat.

Mengenai kebutuhan makan si kecil, sebaiknya gunakan peralatan makan berbahan plastik yang aman digunakan. Selain itu, amankan juga setiap sudut-sudut furniture yang tajam dengan menutupinya menggunakan karet.

Masih belum habis, amankan juga stop kontak listrik yang harus anda tutupi dengan lakban atau halangi dengan kursi sofa.

5. Memberikan Pagar Pembatas Anak

tips membuat lantai menjadi area bermain yang nyaman untuk anak - memberikan pagar pembatas untuk anak

Apakah rumah anda bertingkat dua dan memiliki anak yang masih belajar berjalan? Jika iya, maka anda wajib memberikan pagar pembatas di area tangga rumah. Hal ini sangatlah penting, karena si kecil sering merangkak ke bawah maupun ke atas tangga tanpa sepengetahuan anda.

Dengan adanya pagar pembatas tersebut, tentunya anda tidak perlu merasa was-was lagi sehingga bisa mengerjakan aktivitas dengan tenang. Meski terkesan berlebihan, namun cara yang satu ini cukup efektif untuk memberikan rasa aman bagi si kecil.

Nah, seperti itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam menciptakan rumah yang aman dan nyaman untuk anak.