Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ingin Buat Tempat Tidur Dari Palet Kayu? Begini Caranya

 

cara Tempat tidur dari palet kayu

Tempat tidur dari palet kayu – Pada dasarnya, untuk membuat sebuah kamar tidur yang indah dan nyaman itu tidak mesti mengeluarkan modal banyak. Dalam hal ini, kita harus lebih jeli lagi dalam memanfaatkan barang-barang bekas yang masih layak pakai untuk dijadikan furniture atau aksesoris.

Seperti halnya penggunaan palet kayu yang dapat dijadikan tempat tidur. Meski hanya berbahan palet kayu bekas, namun tempat tidur tersebut akan terlihat berestetika jika diberi sentuhan kreatifitas.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar cara membuat tempat tidur dari palet kayu. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.

Tips Membuat Tempat Tidur Dari Palet Kayu

Tips Membuat Tempat Tidur Dari Palet Kayu

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kayu merupakan salah satu jenis material yang kerap diandalkan untuk bidang furniture, termasuk dalam pembuatan bingkai tempat tidur.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, kini kayu bekas pun dapat kita manfaatkan untuk membuat bingkai tempat tidur yang bernilai tinggi lho. Adapun mengenai cara membuatnya seperti berikut:

  • Pertama-tama, silahkan bersihkan dulu palet kayu sampai benar-benar bersih
  • Setelah itu aplikasikan bahan pengawet kayu agar kuat terhadap serangan jenis serangga perusak kayu
  • Jika sudah demikian, keringkan palet kayu dengan menggunakan MC meter. Pastikan levelnya sesuai standar yang direkomendasikan
  • Untuk merangkai bagian atasnya, siapkan setidaknya 3 – 4 buah palet kayu yang ukurannya sesuai seleramu
  • Kemudian susun palet kayu tersebut dengan pola berbaris panjang atau melebar
  • Untuk media perekatnya, kamu bisa memberi lem khusus atau dengan memaku palet kayu satu sama lainnya
  • Agar lebih kuat lagi, kamu dapat mengaplikasikan lem dan paku secara bersamaan untuk merekatkan antar palet kayu tersebut
  • Saat hendak memasang bagian atas tempat tidurnya, sambungkan dengan dowel potongan kayu memanjang di atas bagian kepala tempat tidur
  • Setelah itu, kamu bisa langsung memasang kasur di bagian atas palet kayu.

Berbagai Kreasi Tempat Tidur Palet Kayu Dengan Finishing Biovarnish

Biovarnish merupakan salah satu produk bahan pelapis yang kerap dipergunakan untuk mempercantik tampilan material kayu. Dengan memberi lapisan Biovarnish, maka tampilan kayu tersebut akan tampak lebih indah dan elegan. 

1. Cara Finishing Dengan Tampilan Natural Menggunakan Biovarnish

Guna menciptakan finishing dengan gaya natural, kamu pun hanya perlu menggunakan kuas dan bahan pelarut jenis water bassed (pelarut air). Sebelum melakukan proses pengecatan, maka palet kayu harus diamplas terlebih dulu.

Cara Finishing Dengan Tampilan Natural Menggunakan Biovarnish

Kamu bisa menggunakan kertas amplas mulai dari nomor 180. Pada bagian sudutnya, cobalah amplas secara manual agar hasilnya lebih merata. Setelah selesai mengamplas menggunakan kertas amplas 180, gantilah kertas amplasnya dengan nomor 220, kemudian gosok permukaan palet kayu hingga bersih.

Setelah permukaan palet kayunya bersih dan mulus, aplikasikan cat Biovarnish yang warnanya sesuai selera. Adapun beberapa cara pengaplikasian Biovarnish yang dapat kamu lakukan seperti berikut:

  • Campurkan cat Biovarnish wood filler dengan sedikit air agar teksturnya encer. Kemudian aplikasikan Biovarnish dengan menggunakan kain, lalu usapkan secara berlawanan dengan arah serat kayu. Diamkan sampai permukaannya kering, kemudian amplas dengan kertas amplas nomor 240.
  • Mencampurkan Biovarnish wood stain dengan air yang tingkat perbandingannya 2:1. Kemudian aduk sampai merata dan kuaskan yang searah dengan serat kayu, lalu diamkan sampai mengering. Setelah itu gosok permukaannya dengan menggunakan kertas amplas nomor40 seara ambang. Apabila warnanya masih kurang tajam, silahkan amplas lagi hingga warnanya sesuai dengan keinginanmu.
  • Mencampurkan Biovarnish Clear Coat Gloss dengan air perbandingan 2:1, aduk merata lalu kuaskan cat ke arah serat. Tunggu selama 24 jam agar permukaan kayu kering secara sempurna.

Baca Juga : Begini Proses yang Benar Dalam Membuat Konstruksi Tangga kayu

2. Cara Finishing Biovarnish Dengan Hasil Antik Black Wash

Cara Finishing Biovarnish Dengan Hasil Antik Black Wash

Apabila kamu sudah bosan dengan warna cat kayu yang begitu-begitu saja, maka sudah saatnya untuk membuat tempat tidur palet kayu yang terkesan antik. Terdapat beragam cara yang bisa kamu lakukan seperti berikut:

  • Campurkan Biovarnish Liquid Stain dengan air perbangingan 2:1, aduk merata dan kuaskan ke seluruh permukaan palet kayu. Setelah itu oleskan kuas ke semua permukaan kayu yang searah serat, diamkan sampai kering, kemudian amplas secara ambang dan bersihkan debunya.
  • Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang sudah diencerkan, lalu sapukan cat ke semua permukaan palet kayu. Diamkan agar lapisannya menjadi lebih kering, kemudian amplas secara ambang.
  • Aplikasikan Biovarnish Glaze berwarna hitam yang sudah diencerkan dengan sedikit air, kemudian kuaskan ke permukaan palet kayu dan lap menggunakan kain kering searah serat kayu. Diamkan kurang lebih sekitar 10 menit agar lapisannya mengering.
  • Aplikasikan Biovarnish Clear Coat Gloss yang telah diencerkan dengan sedikit air, kemudian kuaskan ke semua permukaan palet kayu searah seratnya, dan tunggu selama 1 hari.

3. Cara Finishing Biovarnish Dengan Hasil Rustic

Cara Finishing Biovarnish Dengan Hasil Rustic

Untuk menghadirkan kesan rustic, maka kamu harus merusak dulu beberapa bagian palet kayunya dengan menggunakan sikat kawat yang searah serat kayu. Selain itu, ada juga beberapa kerusakan yang harus dilakukan dengan menggunakan palu.  

Setelah permukaan palet kayu terlihat rusak, silahkan amplas permukaannya dengan menggunakan kertas amplas nomor 220. Biar lebih jelasnya lagi ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Campurkan Biovarnish Wood Stain warna walnut brown dengan sedikit air, aduk hingga merata, lalu kuaskan cat ke semua permukaan kayu. Diamkan selama 1 jam, lalu amplas permukaan palet kayu secara ambang.
  • Ulangi proses aplikasinya sampai warna kayu menjad lebih tajam. Dengan begitu, kamu dapat melihat efek dari kerusakan yang mempunyai warna lebih gelap. Nah, efek tersebutlah yang dinamai dengan kesan rustic.
  • Pada tahap terakhir, silahkan aplikasikan Biovarnish Cleat Coat Gloss yang sudah diencerkan dengan sedikir air, kemudian kuaskan cat ke semua permukaan palet kayu yang searah serat. Diamkan selama seharian agar proses pengeringannya sempurna.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara membuat tempat tidur dari palet kayu beserta cara finishingnya.