Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Begini Proses yang Benar Dalam Membuat Konstruksi Tangga Kayu

 

Membuat Konstruksi Tangga Kayu

Membuat Konstruksi Tangga Kayu – Secara umum tangga berperan sebagai akses untuk menuju ke lantai diatasnya, begitu pun sebaliknya. Tak hanya itu, ternyata keberadaan tangga juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan nilai estetika pada hunian.

Namun, hal tersebut sangat dipengaruhi oleh jenis material yang digunakan untuk konstruksi tangganya. Ya, kayu pun menjadi salah satu jenis material yang kerap dijadikan untuk menunjang beragam kebutuhan konstruksi, termasuk konstruksi tangga.

Nah, sebelum membahas ke cara membuat konstruksi tangga kayu, ternyata ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan lho. Hal apa sajakah itu...???

Nah, biar gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Berbagai Persiapan Sebelum Membuat Konstruksi Tangga Kayu

1. Jenis Kayu yang Akan Digunakan

perhatikan Jenis Kayu yang Akan Digunakan

Untuk hal yang pertama, pertimbangkan jenis kayu yang akan digunakan sebagai bahan bakunya. Dalam hal ini, pastinya kita membutuhkan jenis kayu yang memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang mumpuni.

Adapun mengenai beberapa jenis kayu terbaik yang direkomendasikan seperti kayu jati, Kayu merbau, Kayu ulin, Kayu ebony dan jenis kayu keras lainnya.

Akan tetapi, jenis-jenis kayu yang disebutkan tadi memang menawarkan harga mahal. Jika budget yang kamu miliki dirasa tidak terlalu besar, maka sebagai alternatifnya bisa menggunakan kayu maple.

Baca Selengkapnya : Seperti Inilah Keunikan Karakteristik Kayu Maple

2. Tentukan Ukuran Papan Kayu

Tentukan Ukuran Papan Kayu

Selain dari jenisnya, kita juga harus mempertimbangkan ukuran kayu yang akan digunakan. Pada dasarnya, ukuran lebar dan ketebalan kayu memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kekuatan struktur tangga.

Untuk bagian anak tangga, disarankan bagi kamu untuk memilih papan kayu yang berukuran 3 cm x 20 cm atau 4 cm x 20 cm. Sementara untuk bagian ibu tangga, sebaiknya pilih papan kayu yang berukuran 5 cm x 10 cm.

Perlu diketahui bahwa ukuran tersebut adalah ukuran standar untuk bagian ibu tangga agar bisa menahan beban piakan pada anak tangga.

Artikel Terkait : Harga Papan Tangga Kayu Berdasarkan Ukurannya

3. Metode Penyambungan

tentukan Metode Penyambungan

Hal berikutnya yang harus diertimbangkan dalam konstruksi tangga kayu, yakni berupa system penyambungan. Dengan kata lain, kamu harus memilih wood joint atau sambungan kayu yang tepat.

Tak cuma itu, penyambungan kayu juga harus didukung oleh media perekat berupa lem khusus untuk konstruksi tangga kayu, paku, dan sekrup.

Menurut informasi yang didapat, jenis lem tangga kayu yang terbaik dipasaran itu bernama Crossbond X3. Hal itu bukan tanpa alasan, karena produk tersebut memang dirancang khusus untuk konstruksi penyambungan material kayu.

4. Tentukan Bentuk Tangga Kayunya

Setidaknya ada tiga bentuk model anak tangga kayu yang dapat kita aplikasikan. Ya, diantaranya adalah anak tangga ditakik, anak tangga overlapping, dan bersilang.

Tentukan Bentuk Tangga Kayunya

Pada model yang pertama, biasanya ukuran tinggi tangga yang digunakan mencapai 2 meter dengan tingkat kemiringan sekitar 60 derajat. Bentuk tangga tersebut termasuk model tradisional yang mana penempatannya harus ditempatkan pada permukaan tanah keras, serta bagian atasnya akan dihubungkan pada balok tepi lantai rumah panggung.

Berbeda dengan model tanga overlapping yang dapat digunakan pada tangga dengan tingkat kemiringan 24 derajat hingga 45 derajat. Biasanya bentuk tangga ini memiliki ciri khas, yakni sebagian anak tangganya akan terlihat di bawah anak tangga yang berada di atasnya.

Sedangkan untuk model tangga bersilang, maka ia bisa diaplikasikan pada tingkat kemiringan yang mencapai 60 derajat. Akan tetapi, model tangga kayu bersilang ini dinilai kurangan nyaman pada pijakan kaki.

Baca Juga : Pilih Tangga Besi Atau Tangga Kayu, Mana yang Lebih Baik?

Nah, itulah beberapa hal penting yang harus dipertimbangan saat hendak membuat konstruksi tangga kayu. Lantas, bagaimana cara yang benar dalam membuat konstruksi tangga kayu?

Proses Membuat Konstruksi Tangga Kayu

Proses Membuat Konstruksi Tangga Kayu

  • Pada langkah yang pertama, silahkan ukur jarak ketinggian lantai atas dan bawah yang hendak disambungkan dengan tangga kayu
  • Setelah itu siapkan 4 buah tiang kayu yang berukuran sekitar 5 x 10 cm. Kemudian pasangkan masing-masing tiangnya agar menciptakan dua tiang tangga yang ukurannya sama. Untuk ukuran panjangnya, kamu harus menyesuaikan dengan ketinggian lantai atas dan bawah
  • Mengenai cara menyambungkan kedua kayu tersebut, maka kamu bisa menggunakan lem khusus lalu oleskan pada permukaan kayu yang telah direkatkan, kemudan aplikasikan clamp
  • Agar daya rekatnya lebih kuat, lakukan pemakuan secara berkala pada permukaan kayu. Jika sudah demikian, potong setengah bagian kayunya di area ujung
  • Berikutnya tempelkan kayu pada tembok yang mana tangga akan diaplikasikan. Selain itu, pastikan kedua tangganya disambungkan di bagian yang ujungnya dipotong dengan kayu lain. Lakukan hal yang serupa pada bagian bawah, kemudian dipaku sampai masuk ke dalam lantai
  • Pada bagian tengahnya, buatlah landing support ketiga. Sedangkan untuk ibu tangga, maka potonglah dengan sudut yang sesuai keinginanmu
  • Kemudian sambungkan bagian ibu tangga dengan tiangnya menggunakan lem khusus konstruksi tangga kayu. Apabila kondisinya memungkinan, sebaiknya tempelkan pada bagian tembok yang paling dekat
  • Untuk bagian ibu tangga, silahkan ukur secara berkala untuk tempat mengaplikasikan anak tangga
  • Setelah itu beri bantalan untuk anak tangga, beri lem khusus, lalu di paku lagi agar bisa menempel dengan sempurna
  • Selanjutnya potong anak tangga, kemudian tempelkan pada bagian bantalan, beri lem dan di paku
  • Selesai.

Untuk yang ingin memesan atau sekedar bertanya-tanya seputar produk papan tangga kayu, silahkan hubungi marketing kami di nomor yang sudah tertera di website.

Demikianlah ulasan singkat mengenai proses pembuatan konstruksi tangga kayu.