Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Beragam Pilihan Jenis-jenis Kaca Terbaik Untuk Hunian

Beragam Pilihan Jenis-jenis Kaca Terbaik Untuk Hunian

Ada beragam Jenis kaca untuk hunian  yang tersedia dipasaran. Tentu saja pada masing-masing jenis kaca tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda, mulai dari motif, warna, tingkat kejernihan, tingkat kekuatan, hingga harga.

Semakin bagus kualitas yang dimilikinya, maka akan semakin mahal pula harga dari kaca tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami setiap jenis kaca agar sesuai dengan kebutuhan rumah.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa jenis kaca terbaik untuk hunian. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

8 Jenis Kaca Terbaik Untuk Hunian

1. Kaca Bening

jenis Kaca Bening

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kaca bening merupakan salah satu jenis kaca yang umum digunakan untuk hunian. Ya, sesuai dengan namanya, dimana jenis kaca ini tidak mempunyai warna serta bagian permukaannya yang rata dan transparan.

Itu sebabnya, mengapa jenis kaca bening sangat ideal diaplikasikan untuk interior maupun eksterior rumah. Namun, kaca bening memiliki sifat yang dapat menghantarkan sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah secara langsung.

Apabila kamu ingin menggunakan kaca bening untuk hunian, sebaiknya tambahkan gorden agar paparan sinar mataharinya tidak terlalu menyorot ke dalam rumah.

Baca Juga : Tips Membuat Lantai Menjadi Area Bermain yang Nyaman Untuk Anak

2. Kaca Warna-warni

jenis Kaca Warna-warni

Pada dasarnya tinted glass alias kaca warna-warni ini berbahan dasar kaca bening yang diberi pewarna dan campuran senyawa logam. Penambahan warna dan logam tersebut bertujuan agar kacanya menjadi tidak mudah tembus pandang.

Adapun mengenai beragam varian warna kaca yang tersedia, mulai dari merah, kuning, hijau, orange, pink, biru, dan lain sebagainya. Biasanya jenis Kaca Warna-warni ini sering diaplikasikan pada bangunan-bangunan luas, seperti museum, teater, aula, dan sebagainya.

3. Kaca Patri

jenis Kaca Patri

Pada proses pembuatannya, Kaca Patri ini merupakan pecahan kaca warna-warni yang dirangkai menjadi satu bagian. Ya, serpihan-serpihan kaca tersebut akan diolah dengan cara disusun menggunakan timah atau kuningan sehingga tercipta desain mozaik.

Pada umumnya, jenis Kaca Patri ini banyak diaplikasikan untuk rumah mewah bergaya klasik. Bukan hanya itu, Kaca Patri juga kerap kita jumpai pada rumah ibadah seperti Masjid, Gereja, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Begini Proses yang Benar Dalam Membuat Konstruksi Tangga Kayu

4. Kaca Stopsol

jenis Kaca Stopsol

Apabila kaca bening banyak diaplikasikan pada hunian rumah, maka jenis Kaca Stopsol ini kerap diaplikasikan pada gedung-gedung pencakar langit.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena jenis kaca yang satu ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya matahari. Alhasil, penggunaan Kaca Stopsol pun bisa mengurangi beban energi untuk pendinginan ruangan sehingga suhu didalamnya akan tampak lebih sejuk.

5. Kaca Es

jenis Kaca es

Ngomong-ngomong soal jenis kaca yang dapat menjaga privasi dengan baik, maka kaca es ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pada salah satu sisi kaca es ini mempunyai efek buram sehingga orang dari luar tidak akan bisa melihat ke dalam rumahmu.

Tak hanya membatasi pandangan dari luar, bahkan kaca es mampu menghalau paparan sinar matahari. Selain diaplikasikan pada jendela dan area pintu utama, kaca es ini juga cocok diaplikasikan untuk pintu kamar mandi atau dijadikan kisi-kisi sebagai sekat rumah.

Artikel Menarik Lainnya : Jual Kisi-kisi Kayu Merbau Berkualitas Dengan Harga yang Bersahabat

6. Kaca Tempered

jenis Kaca tempered

Untuk kamu yang lagi nyari jenis kaca dengan tingkat kekuatan mumpuni, maka Kaca Tempered ini adalah jawabannya. Dinilai dari tingkat kekuatannya, Kaca Tempered ini 5 x lebih kuat ketimbang jenis kaca biasa.

Hal itu pun terbukti, yang mana Kaca Tempered tahan terhadap benturan, tekanan air, terpaan angin kencang, hingga perubahan cuaca ekstrim. Nah, karena hal itulah yang membuat Kaca Tempered sering dipilih untuk diaplikasikan pada bangunan-bangunan penting, seperti bank, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya.

7. Kaca Laminasi

jenis Kaca laminasi

Selain kaca tempered, Kaca Laminasi juga merupakan salah satu jenis kaca yang memiliki tingkat kekuatan tinggi. Bahkan, tingkat kekuatan pada kaca Kaca Laminasi ini lebih tinggi dari kaca tempered tadi lho.

Pasalnya, Kaca Laminasi sudah terbukti sangat sulit untuk ditembus dan hanya akan mengalami keretakan saja saat terjadi benturan.

Seandainya terjadi benturan keras yang menyebabkan pecah, maka Kaca Laminasi ini tidak akan berhamburan sehingga tidak akan melukai penghuni di dalamnya. Sehingga tak heran jika jenis kaca yang satu ini selalu menjadi andalan untuk bangunan-bangunan yang membutuhakan keamanan ekstra.

Artikel Serupa : Mengenal Lantai Kayu Laminated Sebagai Alternatif Pilihan

8. Kaca Sunergy

jenis Kaca Sunergy

Jenis kaca terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk hunian, yakni berupa Kaca Sunergy. Dari segi materialnya, Kaca Sunergy ini terbuat dari bahan kaca bening yang sudah dilapisi dengan material lain agar tampilannya tampak lebih jernih dan transparan.

Biasanya pembuatan Kaca Sunergy akan melalui proses vacuum sputtering, sehingga ia memiliki sifat yang dapat menyerap energy panas.

Dengan kata lain, penggunaan Kaca Sunergy akan mengurangi beban pendingin ruangan sehingga menjadi lebih hemat listrik. Itu sebabnya, mengapa kaca ini sering diaplikasikan pada gedung-gedung perkantoran. 

Nah, itulah beberapa jenis kaca terbaik yang dapat kamu jumpai dipasaran sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.