Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Ingin Tahu Keunggulan dan Kekurangan Woodplank? Yuk Kita Kepoin

 

Keunggulan dan Kekurangan Woodplank

Keunggulan dan Kekurangan Woodplank – Belakangan ini banyak para pengarjin maupun produsen furniture yang mulai mengeluhkan tingginya biaya produksi saat menggunakan bahan kayu solid atau kayu asli.

Terlebih untuk jenis-jenis kayu kelas atas seperti jati, merbau, ulin, dan lain sebagainya. Apabila biaya operasionalnya semakin tinggi, secara otomatis mau tidak mau mereka harus menjual produk furniturenya dengan harga yang lebih tinggi lagi. Alhasil, mereka hanya menyasar pasar kelas menengah ke atas saja,

Kabar baiknya, kini telah hadir material kayu olahan alias kayu sintetis sebagai alternatif terbaik pengganti kayu solid. Hal itu bukan tanpa alasan, karena biaya operasionalnya yag lebih murah serta produksinya yang lebih cepat dibanding bahan kayu asli.

Woodplank pun menjadi salah satu produk yang materialnya terbuat dari kayu olahan. Lantas, apa itu woodplank? dan untuk apa fungsinya?

Sekilas Tentang Woodplank

Woodplank ini bisa dibilang sebagai material pendatang baru dalam bidang kayu sintetis. Sehingga tak heran jika istilah woodplank belum sepopuler PVC, WPC, cowood, maupun laminate.

Sekilas Tentang Woodplank

Woodplank itu sendiri terbuat dari campuran bahan semen, namun dibentuk dengan wujud yang menyerupai kayu asli. Woodplank dapat kita aplikasikan untuk berbagai kebutuhan interior maupun eksterior rumah seperti berikut:

  • plafon
  • papan tangga
  • lisplang
  • partisi
  • pagar dan lain sebagainya.  

Meski bukan material kayu asli, namun penggunaan woodplank juga dapat menghadirkan kesan yang natural dan elegan.

Perlu diketahui bahwa setiap jenis material bangunan itu memiliki beragam keunggulan dan kekurangannya tersendiri.

Begitu juga dengan woodplank yang mempunyai berbagai keunggulan dan kekurangan tersendiri. Nah, untuk megetahui lebih jelasnya lagi mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Keuggulan Woodplank

1. Daya Tahannya yang Cukup Bagus

Keunggulan pertama dari Woodplank yang harus kamu ketahui, yakni memiliki tingkat ketahanan yang sangat bagus. Lain halnya dengan material kayu asli, yang mana Woodplank tidak mudah terbakar sehingga bisa mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

keunggulan woodplank - Daya Tahannya yang Cukup Bagus

Tak cuma itu, bahkan Woodplank juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap lho. Pasalnya, material Woodplank terbuat dari campuran bahan semen. Dengan menggunakan Woodplank, tentu saja anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan perawatan ekstra.

Baca Juga : Perbedaan Decking Kayu dan Deking WPC

2. Proses Instalasi yang Tergolong Mudah

Selain memiliki tingkat ketahanan yang mumpuni, proses pemasangan Woodplank ini terbilang cukup mudah. Bahkan, orang awam sekalipun tidak akan terlalu mengalami kesulitan saat melakukan proses pemasangan Woodplank.

keunggulan woodplank - Proses Instalasi yang Tergolong Mudah

Bagaimana tidak? Anda hanya tinggal langsung memasangnya ke material lain, seperti metal, baja, hingga rangka yang berbahan kayu asli.

Kendati cukup mudah, ada baiknya proses pemasangan Woodplank tetap dikerjakan oleh orang yang memang ahli dalam bidangnya. Menariknya lagi, Woodplank tidak memiliki kandungan asbes yang membahayakan sehingga aman digunakan serta ramah lingkungan.

3. Tahan Lama

Selain unggul dari tingkat ketahanannya, Woodplank juga unggul dari tingkat kekuatan dan keawetannya. Material Woodplank bisa diaplikasikan dimana saja, bahkan di area dengan tingkat kelembapan tinggi sekalipun.

keunggulan woodplank - tahan lama

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Woodplank juga tidak akan mengalami pemuaian dan penyusutan lho. Sehingga tak heran jika Woodplank dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, cara membersihkan material Woodplank pun sangatlah mudah.

Artikel Menarik Lainnya : Ingin Gunakan Wall Panel? Ketahui Dulu Keunggulan dan Kekurangannya

4. Dapat Menciptakan Kesan yang Lebih Natural dan Mewah

Keunggulan berikutnya dari Woodplank yang akan dibahas, yakni dapat membuat tampilan rumah tampak terlihat lebih mewah dan natural. Ya, sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa Woodplank tampil dengan bentuk yang menyerupai kayu asli.

keunggulan woodplank - Dapat Menciptakan Kesan yang Lebih Natural dan Mewah

Tak hanya dari bentuk, bahkan warna dan pola serat Woodplank dibuat mirip dengan kayu asli lho. Agar tampilannya lebih maksimal, anda bisa menambahkan lapisan cat yang berbahan air pada woodplank.

Selain memperindah tampilannya, pemberian lapisan cat juga menjadi perlindungan bagi woodplank agar tahan terhadap berubahan cuaca ekstrim.

Kekurangan Woodplank

1. Mempunyai Bobot yang Berat

Dibalik berbagai keunggulannya, terdapat pula beberapa kekurangan dari Woodplank yang harus anda ketahui. Salah satu kekurangan dari Woodplank yang harus kamu ketahui, yaitu memiliki bobot yang lebih berat dari kayu. Pasalnya, material Woodplank terbuat dari bahan campuran semen.

Maka sebelum menggunakan Woodplank, anda harus memastikan bagian rangkanya memiliki tingkat kekuatan yang mumpuni. Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya proses pemasangan Woodplank dilakukan oleh jasa tukang yang memang ahli dibidangnya.

Baca Juga : Keunggulan dan Kekurangan Lantai Kayu yang Harus Anda Ketahui

2. Tidak Terlalu Tahan Terhadap Benturan Dari Benda Keras

Meski tingkat kekuatan dan keawetan woodplank sangat mumpuni, nyatanya ia tidak terlalu tahan terhadap benturan oleh benda-benda berat. Selain itu, woodplank juga rentan terhadap goresan. Maka dari itu, anda tidak boleh menyimpan benda-benda tajam yang berdekatan dengan material woodplank.

Bukan hanya itu, kekurangan berikutnya dari woodplank adalah membutuhkan pengecatan ulang yang dilakukan secara berkala. Apabila tidak dilakukan pengecatan ulang secara berkala, maka jangan heran jika tampilan woodplank tersebut akan terlihat kusam sehingga tidak enak dipandang.

Harga Woodplank yang Terbaru

Pada umumnya, harga woodplank akan dibedakan berdasarkan ukuran dan merk. Adapun mengenai daftar harga woodplank yang terbarunya seperti di bawah ini.

  • Wood Plank Elephant – ukuran 4050 x 100 x 8 mm : Rp 53.900
  • Wood Plank Elephant – ukuran 4050 x 200 x 8 mm : Rp 90.000
  • Wood Plank Elephant urat kayu – ukuran 4050 x 200 x 8 mm : Rp 9.5000

Baca juga : Harga Lantai Kayu dan Biaya Pasang 2022

Nah, seperti itulah beberapa keunggulan dan kekurangan pada woodplank.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan woodplank?