Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

5 Desain Café Outdoor Ini Dijamin Ramai Pengunjung

 

5 Desain Café Outdoor Ini Dijamin Ramai Dikunjungi

Desain café outdoor – Kini aktivitas masyarakat sudah tidak dibatasi oleh aturan PPKM. Hal itu terbukti, dimana tempat-tempat nongkrong seperti café sudah mulai dijejali oleh para pengunjung. Sekarang pun banyak café-café di daerah perkotaan besar yang mulai kembali beroperasi.

Bahkan, tak sedikit pula dari kalangan pengusaha muda yang memberanikan diri untuk merintis usaha café lho. Namun, kebanyakan dari pengusaha muda ini lebih memilih café dengan tema outdoor ketimbang indoor.

Nah, bagi kamu yang berencana membuka usaha café dengan tema outdoor, berikut di bawah ini ada beberapa ide desain café outdoor yang dijamin akan diserbu pengunjung.

5 Desain Café Outdoor yang Kekinian

1. Desain Café Outdoor yang Dipercantik Oleh Deck Wood

Memiliki pekarangan atau halaman yang luas pastinya menjadi nilai plus bagi kamu. Pasalnya, kamu dapat memanfaatkan luas halaman tersebut untuk membuat café outdoor yang kekinian lho.

Cara membuat dekorasinya pun cukup mudah, dimana kamu bisa memulainya dengan menambahkan sejumlah kursi dan meja yang disusun rapih. Untuk mempertegas kesan romantis dan kehangatan dimalam hari, maka kamu harus menambahkan string lights yang berwarna kuning terang.

Desain Café Outdoor yang Dipercantik Oleh Deck Wood

Pada bagian alas lantainya, disarankan untuk menggunakan deck wood. Lantas, apa yang dimaksud dengan deck wood?

Perlu diketahui, deck wood alias decking kayu ini berupa material lantai kayu outdoor yang memang dirancang khusus untuk penggunaan di luar ruangan. Penggunaan decking dapat membuat area café tampak lebih atural, mewah, dan elegan. Tak cuma itu, keberadaan decking juga bisa menciptakan nuansa kehangatan dan romantis.

Artikel Terkait : Decking Bengkirai dan Harga Jualnya

2. Desain Café Outdoor Bernuansa Industrial

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa gaya industrial sangat ideal untuk diterapkan pada café outdoor maupun indoor. Jika kamu ingin membuka usaha café di halaman rumah, maka ide desain yang satu ini merupakan pilihan paling tepat.

Desain Café Outdoor Bernuansa Industrial

Tak hanya memberikan kesan unik, cara membuat desain café outdoor bergaya industrial ini juga tergolong cukup mudah lho. Adapun salah satu ciri khas dari gaya industrial tersebut, yakni menggunakan dinding bata merah atau bata ringan yang berwarna putih.

3. Desain Café Outdoor Bernuansa Tradisional

Ide desain café outdoor kekinian berikutnya yang harus kamu coba, yakni terbuat dari bahan bambu. Dikarenakan material terbuat dari bahan bambu, sudah pasti desain café yang satu ini sangat ketal dengan nuansa natural.

Desain Café Outdoor Bernuansa Tradisional

Bambu-bambu tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat bagian dapur serta meja bar minimalis. Dengan begitu, dijamin akan membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi café outdoor milikmu.

Baca Juga : Rekomendasi 7 Desain Kamar Mezzanine Untuk Hunian Minimalis

4. Desain Café Outdoor Simple yang Berestetika

Jika ada lahan atau ruangan yang jarang dipakai, sebaiknya kamu manfaatkan untuk dijadikan sebuah café outdoor yang bergaya simple. Meski simple, bukan berarti juga bahwa kamu sama sekali tidak memberikan sentuhan dekorasi yang unik pada cafenya.

Desain Café Outdoor Simple yang Berestetika

Agar terkesan instagramable, sebaiknya kamu menambahkan berbagai aksesoris yang warnanya senada dengan warna cat dinding café tersebut. Atau, kamu juga bisa menambahkan lampu tali yang ditata dengan semenarik mungkin. 

Untuk bagian atapnya, kamu dapat menggunakan tenda membrane atau kanopi. Disamping itu, jangan lupa juga untuk menyediakan meja dan kursi yang berbahan kayu.

5. Desain Cafe Outdoor Semi Outdoor

Berbicara mengenai desain cafe outdoor yang aman dari berbagai factor cuaca, maka konsep semi outdoor ini adalah jawabannya. Dengan mengusung tema semi outdoor, tentu saja para pengunjung akan terlindungi dari panasnya terik matahari maupun guyuran air hujan.

Desain Café Outdoor Simple yang Berestetika

Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan atap kanopi dengan rangka berbahan kayu agar cahaya mataharinya masih bisa tetap masuk kedalam cafe. Sehingga cahaya yang dihasilkannya tidak terlalu menyorot dan terasa teduh.

Nah, itulah beberapa ide desain café outdoor yang bisa kamu aplikasikan. Setelah mengetahui ide desainnya, berikut dibawah ini ada beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan dalam merintis usaha café.

Tips Kiat Sukses Dalam Memulai Bisnis Café

Tips Kiat Sukses Dalam Memulai Bisnis Café

Pemilihan Lokasi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memulai bisnis cafe, yakni pemilihan lokasi. Dalam hal ini, tentu saja cafemu harus berada di lokasi-lokasi yang strategis. Pasalnya, lokasi yang strategis itu sudah pasti akan dilewati oleh banyak orang.

Maka dari itu, ada baiknya lakukan observasi terhadap lokasinya terlebih dulu sebelum menentukan pembangunan usaha cafe.

Pilih Perlengkapan Usaha yang Murah dan Menarik

Perlu kamu ketahui, bahwa desain interior juga memiliki peranan penting dalam penilaian para pengunjung terhadap sebuah cafe. Namu, untuk mendapatkan desain interior yang menarik itu tidak harus selalu menggunakan perlengkapan yang mewah.

Dengan kata lain, perlengkapan yang murah pun akan terlihat lebih menarik jika sesuai dengan tema atau konsep café-nya. Hasilnya, maka hal tersebut tidak akan menimbulkan kesan kontras antara konsep dengan perlengkapan café yang digunakan.

Membeli Bahan Baku di Grosir

Guna menghemat pengeluaran, disarankan bagi kamu untuk membeli bahan bakunya di grosir. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat pembelian secara grosiran akan jauh lebih murah daripada pembelian eceran.

Adakan Live Music

Dengan adanya live music, pastinya para pengunjung akan sangat terhibur dan mungkin saja mereka akan menjadi pelanggan cafemu. Maka dari itu, pilihlah para pemain music yang sudah handal, namun dengan bayaran yang tidak terlalu mahal.

Membuat Menu Makanan yang Lezat dan Unik

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap cafe biasanya memiliki berbagai menu andalan. Maka dari itu, kamu juga harus mempersiapkan setidaknya dua atau tiga menu andalan dengan cita rasa tinggi. Dengan memiliki menu andalan, tentu saja hal itu akan menjadi identitas bagi cafemu.

Cari Karyawan yang Profesional

Hal penting berikutnya yang harus kamu perhatikan dalam merintis usaha cafe, yakni mencari karyawan yang profesional. Sebab, karyawan merupakan ujung tombak dan aset penting bagi usaha cafemu. Sedari itu, kamu harus lebih selektif lagi dalam memilih karyawan.

Jangan Mematok Harga yang Terlalu Mahal

Dikarenakan cafenya masih dalam tahap merintis, maka tidak etis jika kamu langsung mematok harga mahal pada setiap menunya. Namun, bukan berarti juga bahwa kamu harus menjual menu kulinernya dengan harga miring lho!

Dengan kata lain, kamu harus mematok harga standar, yakni tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu kemurahan.

Gencar Promosi

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa promosi merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan omset penjualan. Ya, terlebih dalam bisnis tahap merintis, yang mana kamu harus lebih gencar lagi dalam melakukan promosi, entah itu secara online maupun offline.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai cara mendesain cafe outdoor dan tips memulai bisnisnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.