Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Apa Itu Kalsiboard? Dan Untuk Apa Fungsinya?

 

Fungsi dan Jenis Kalsiboard

Fungsi dan Jenis Kalsiboard - Perkembangan teknologi saat ini benar-benar menghadirkan inovasi-inovasi menarik terhadap semua aspek, termasuk bidang konstruksi. Bagaimana tidak? Sebab sekarang banyak sekali jenis-jenis material baru yang tersedia dipasaran.

Seperti halnya material kalsiboard yang sekarang ini mulai banyak dilirik oleh masyarakat sebagai pengganti gypsum untuk menunjang kebutuhan interior maupun eksterior rumah. Lantas, kalsiboard itu apa sih? Dan untuk apa fungsinya?

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seluk beluk seputar kalsiboard. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.

Mengenal Material Kalsiboard

Kalsiboard merupakan sebuah produk yang berupa lembaran papan menyerupai triplek. Adapun material kalsiboard yang terbuat dari bahan pasir silika dengan campuran semen dan selulosa. Semua bahan-bahan tersebut akan diproses dalam suhu bertekanan tinggi, sehingga terciptalah lembaran papan bertekstur padat.

Mengenal Material Kalsiboard

Mengenai tampilan fisiknya, sekilas kalsiboard ini memang sangat mirip dengan gypsum. Begitu pun dengan fungsinya, yang mana kalsiboard kerap diaplikasikan untuk pelapis dinding dan plafon rumah. Harga kalsiboard dipasaran sangatlah bervariasi, karena akan dibedakan berdasarkan ukuran lebar dan ketebalannya.

Semakin tebal dan lebar ukurannya, maka akan semakin mahal pula harga dari kalsiboard tersebut. Tak hanya dari segi ukuran, bahkan harga kalsiboard juga dibedakan berdasarkan jenisnya.

6 Jenis Papan Kalsiboard

1. Kalsirata

Pada umumnya, jenis papan kalsiboard yang satu ini memiliki ketebalan hingga mencapai 3 mm dengan ukuran panjang dan lebar sekitar 1 meter.

papan Kalsirata

Biasanya kalsirata yang paling banyak digunakan adalah yang ukurannya tidak terlalu besar. Pasalnya, ukuran kalsirata yang tidak terlalu besar dapat memudahkan saat membawa maupun proses pemasangannya.

Soal penggunaannya, jenis kalsirata ini sering diaplikaskan untuk plafon rumah. Meski proses pemasangannya terbilang cukup mudah, namun akan lebih baik lagi jika dikerjakan oleh orang yang memang ahli dibidangnya.

Baca Juga : 5 Jenis Plafon Kayu Harga Murah Kualitas Premium

2. Kalsiling

Sekilas memang tidak ada yang berbeda antara jenis kalsiling dengan jenis kalsirata tadi. Hanya saja perbedaan dari kedua jenis kalsiboard tersebut terdapat pada ukuran panjang, ketebalan, dan lebarnya.

papan Kalsiling

Tak cuma itu, kalsilling menyediakan beragam varian ketebalan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan interior dinding rumah. Bahkan, bahkan jenis kalsilling ini juga sangat ideal digunakan untuk kebutuhan plafon rumah.

Pada pengaplikasikan plafon rumah, kamu bisa menggunakan bermacam material rangka, entah itu rangka besi atau rangka kayu. Jika ukuran kalsilling yang digunakan cukup besar dan berat, maka kamu harus menggunakan rangka berbahan besi. Apabila ukuran kalsilling-nya terbilang ringan, maka material kayu pun sudah cukup digunakan untuk rangkanya.

3. Kalsiclad

Tak berbeda jauh dengan jenis-jenis kalsiboard sebelumnya, yang mana Kalsiclad ini juga kerap aplikasikan sebagai pelapis dinding untuk mempecantik tampilan interior rumah. Menariknya lagi, ternyata Kalsiclad ini bisa digunakan untuk kebutuhan eksterior.

papan Kalsiclad

Sehingga tak heran jika Kalsiclad merupakan alternatif terbaik pengganti gypsum. Papan Kalsiclad dipasaran tersedia kedalam beragam ukuran yang berbeda-beda, entah itu dari sisi ketebalan, panjang, lebar, hingga tingkat ketahanannya.

Jika ingin mengaplikasikan Kalsiclad, sebaiknya kamu menambahkan material khusus yang berupa rangka baja. Ya, hal ini bertujuan agar Kalsiclad bisa terpasang dengan kuat dan tidak mudah goyah.

Tak cuma itu, proses pemasangan papan Kalsiclad juga harus mempertimbangkan berbagai faktor alam, seperti terpaan angin kencang, gempa bumi, dan lain sebagainya.

4. Kalsifloor

papan Kalsifloor

Berbicara soal jenis papan kalsiboard yang dapat memudahkan proses pemasangan, maka jenis Kalsifloor ini merupakan pilihan yang paling tepat. Mengapa demikian? Pasalnya, Kalsifloor ini memiliki bobot yang lebih ringan ketimbang jenis kalsiboard diatas tadi.

Selain memiliki bobot yang lebih ringan, bahkan pada  pemasangan Kalsifloor ini tidak membutuhkan proses pengecoran lho. Itu sebabnya, mengapa jenis Kalsifloor selalu menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mendapatkan proses pemasangan dalam waktu singkat.

Bahkan Kalsifloor pun menjadi solusi paling tepat untuk kebutuhan urgent. Selain cocok diaplikasikan untuk dinding atau pafon rumah, Kalsifloor juga sangat ideal diaplikasikan pada bangunan-bangunan tinggi. Adapun ukuran ketebalan papan Kalsifloor yang tersedia mulai dari 3 mm hingga 20 mm.

5. Kalsipart

papan Kalsipart

Sama seperti jenis kalsifloor, yang mana Kalsipart juga memiliki bobot yang lebih ringan dibanding jenis kalsiboard lainnya. Sehingga tak heran jika penggunaan Kalsipart dinilai lebih fleksibel saat proses bongkar pasang.

Biasanya jenis Kalsipart ini kerap digunakan sebagai dinding sekat di pusat perbelanjaan, kamar darurat di rumah sakit, hingga hunian pribadi. Tak hanya itu, bahkan Kalsipart juga sering diaplikasikan sebagai partisi di ruang perkantoran.

6. Kalsiplank

kalsiplank

Untuk tingkat kekuatannya, mungkin jenis Kalsiplank ini tidak terlalu diandalkan. Namun dari segi keindahan, maka jenis Kalsiplank inilah yang menjadi juaranya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Kalsiplank hadir kedalam berbagai varian motif menarik, mulai dari motif original hingga motif kayu-kayuan yang menyerupai kayu jati lho.

Baca Juga : Ingin Tahu Keunggulan dan Kekurangan Woodplank? yuk, Kita Kepoin

Nah, seperti itulah jenis-jenis dan fungsi kalsiboard, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.