Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Sebelum Gunakan Lantai Marmer, Intip Dulu Plus Minusnya

Plus minus lantai marmer

Plus minus lantai marmer – Ngomong-ngomong soal jenis material lantai untuk kalangan menengah ke atas, sudah pasti marmer yang menjadi salah satunya. Hal itu pun terbukti, yang mana harga lantai marmer dipasaran terbilang cukup mahal.

Mahalnya harga lantai marmer bukan semata-mata karena kualitasnya saja, melainkan juga karena proses pemasangannya yang rumit. Sehingga tak heran jika penggunaan lantai marmer banyak diaplikasikan pada hunian kelas menengah ke atas.

Nah, untuk kamu yang ingin tahu seluk beluk seputar lantai marmer, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Asal Usul Material Marmer

Sebenarnya material marmer adalah batuan metamorf yang sumbernya berasal dari rekristilasasi batu kapur. Itu sebabnya, mengapa corak batu marmer yang asli tidak bisa diserasikan karena pola corak yang dimilikinya berbeda-beda.

Asal Usul Material Marmer

Dengan kata lain, corak pada batu marmer tercipta secara alami dari proses pembentukannya. Mengenai fungsinya, batu marmer ini kerap dipergunakan untuk meningkatkan keindahan pada sebuah bangunan rumah, seperti dijadikan lantai, dinding, hingga furniture. 

Ciri khas dari material marmer ini adalah tampilannya yang tampak begitu mewah, elegan, serna natural. Tak cuma itu, batu marmer juga cukup mudah dipahat sehingga bentuk dan modelnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti material lantai pada umumnya, yang mana lantai marmer juga memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Adapun mengenai keunggulan dan kekurangan lantai marmer yang akan dibahas seperti berikut:

Keunggulan Lantai Marmer

1. Menciptakan Nuansa Mewah

lantai marmer Menciptakan Nuansa Mewah

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa penggunaan lantai marmer banyak diaplikasikan pada hunian kelas menengah ke atas. Ya, hal itu dikarenakan tampilan lantai marmer dapat menciptakan nuansa mewah.

Permukaan lantai marmer tampil dengan corak eksotis yang dipercantik oleh kilauan-kilauan bening. Tak hanya sampai disitu, bahkan lantai marmer juga mempunyai perpaduan warna-warna yang begitu solid sehingga dapat mempertegas kesan natural. Tentu saja penggunaan lantai marmer merupakan pilihan paling tepat untuk menghadirkan nuansa mewah didalam hunian.

Baca Juga : Berbagai Tipe Stiker Lantai Motif Kayu Untuk Rumah

2. Tingkat Ketahanan yang Begitu Baik

Tingkat Ketahanan lantai marmer yang Begitu Baik

Mengingat asal usul material marmer berasal dari batuan alami, tentu saja lantai marmer memiliki tingkat kekuatan dan ketahanan yang sangat mumpuni. Menariknya lagi, ternyata proses perawatan lantai marmer ini terbilang cukup mudah.

Pasalnya, ia memiliki kilauan mineral penyusun yang membuatnya tidak mudah kusam. Untuk cara perawatannya sangat mirip dengan perawatan lantai keramik,  yakni cukup di pel dan disapu seperti biasa.

3. Bisa Diaplikasikan di Hampir Semua Ruangan

lantai marmer Bisa Diaplikasikan di Hampir Semua Ruangan

Selain menciptakan kesan mewah, lantai marmer pun bisa kamu pasang disemua ruangan rumah. Ya, mulai dari area teras, ruang tamu, dapur, kamar tidur, anak tangga dan lain sebagainya. Apalagi lantai marmer tersedia kedalam berbagai motif, sehingga dapat kamu pilih sesuai dengan konsep maupun tema rumah.

Agar tidak terkesan monoton, kamu pun bisa memadukannya dengan material lain seperti furniture kayu hingga barang-barang berbahan logam lainnya.

4. Lantai Marmer Memberikan Efek Sejuk

Lantai Marmer Memberikan Efek Sejuk

Nilai plus berikutnya dari lantai marmer yang harus kamu ketahui, yakni dapat memberikan efek sejuk didalam ruangan rumah. Tentu saja material lantai yang satu ini sangat cocok diaplikasikan bagi mereka yang tinggal di daerah dengan cuaca panas.

Kekurangan Lantai Marmer

1. Harganya yang Relatif Mahal

Harga lantai marmer yang Relatif Mahal

Spesifikasi lantai marmer yang sangat mumpuni tentu saja tidak terlepas dari awal prosesnya, mulai dari pengambilan bahan baku hingga diolah menjadi sebuah material yang bernilai tinggi. Sehingga tak heran jika harga lantai marmer dipasaran relatif mahal. Itu sebabnya, mengapa lantai marmer hanya bisa kita temui pada rumah orang-orang kalangan menengah ke atas saja.

2. Tekstur Lantai Marmer Licin Saat Terkena Air

Tekstur Lantai Marmer Licin Saat Terkena Air

Selain harganya yang relatif mahal, ternyata permukaan lantai marmer terasa cukup licin. Pastinya hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpeleset. Belum lagi tekstur lantai marmer yang keras, sehingga akan membahayakan keselamatan jika sampai kepalamu terbentur.

Maka dari itu, penggunaan lantai marmer tidak cocok diaplikasikan di area-area yang berair seperti kamar mandi dan pinggiran kolam. Khusus pinggiran kolam renang, sebaiknya kamu gunakan deck wood jenis decking kayu bengkirai karena teksturnya terasa kesat sehingga tidak akan licin meski terkena air.

3. Lantai Marmer Tidak Boleh Dipasang Oleh Sembarang Orang

Lantai Marmer Tidak Boleh Dipasang Oleh Sembarang Orang

Untuk kamu yang tidak mempunyai keahlian di bidang ini, maka jangan pernah coba-coba untuk memasang lantai marmer seorang diri. Hal ini bukan tanpa alasan, karena proses pemasangan lantai marmer harus dilakukan secara hati-hati dan teliti agar pemasangannya presisi.

Baca Juga : Contoh Pemasangan Lantai Kayu Jati Mini Flooring

Demikianlah ulasan singkat mengenai plus minus dari lantai marmer, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.