Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Berikut Langkah-langkah Mempercantik Interior Dapur Minimalis

 

Tips Mempercantik Interior Dapur Minimalis

Tips Mempercantik Interior Dapur Minimalis – Setiap hunian pastinya sudah dilengkapi dengan sebuah ruangan yang bernama dapur. Ya, sebab ruangan yang satu ini memiliki fungsi khusus untuk menunjang kegiatan masak-memasak.

Meski dipergunakan untuk kegiatan masak-memasak, namun bukan berarti juga bahwa nuansa diruangan dapur di biarkan begitu saja. Terlebih untuk dapur minimalis yang memang memiliki keterbatasan ukuran.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips untuk mempercantik interior dapur minimalis. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Tips Memperindah Tampilan Dapur Minimalis

1. Catat Semua Peralatan yang Dibutuhkan

Untuk mendukung kegiatan memasak, tentu saja tidak bisa lepas dari keberadaan perabotan atau peralatan memasak yang digunakan. Pada dapur minimalis, maka kamu harus mengutamakan peralatan memasak dari yang sering digunakan hingga yang jarang digunakan.

Catat Semua Peralatan yang Dibutuhkan

Contohnya seperti garpu, sendok, pisau, spatula, piring, gelas, dan lain sebagainya. Khusus untuk pisau, yang mana ia terdiri dari beberapa jenis berbeda. Tentu saja masing-masing jenis pisau tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

Maka dari itu, kamu juga harus menggunakan tempat penyimpanan pisau yang sesuai dengan jenisnya, mulai dari pisau yang berukuran besar hingga yang kecil.

Mengingat konsepnya adalah dapur minimalis, sebaiknya kamu memilih kabinet yang mudah diletakkan pada kitchen island atau pada meja konter. Mengapa demikian?

Sebab, kedua elemen tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan masak memasak di dapur.

Baca Juga : Langkah Mudah Untuk Mempercantik Desain Kolam Renang

2. Buat Konstruksi Dapur Dengan Huruf L

Ketika hendak mulai mendekorasi dapur minimalis, kamu bisa memulainya dengan penataan dan dekorasi yang tepat. Ya, pertimbangkanlah dekorasi dapur yang berbentuk huruf “L”. Umumnya desain tersebut terdiri dari dua buah counter yang tersusun seperti sudut siku-siku.

Buat Konstruksi Dapur Dengan Huruf L

Tentu saja desainnya dapat memudahkanmu dalam memobilisasi kegiatan di dapur, serta dapat digunakan oleh lebih dari satu orang. Untuk mendapatkan fleksibilitas dalam aktivitas memasak yang maksimal dan menyenangkan, maka penataan ruang dapur berbentuk L ini harus tepat.

Adapun mengenai fungsi dari desain dapur berbentuk huruf L seperti berikut :

  • Pada desain dapur minimalis, di bagian kanan sisinya terdapat sink dan mesin cuci piring sebagai clean-up station
  • Sedangkan pada sisi kiri digunakan untuk penempatan kompor, atau oven sehingga akan membuat zona dapur semakin memukau
  • Lain halnya dengan area kitchen island (meja konter) yang bisa digunakan untuk menyimpan tempat minuman atau jamuan makan kasual.

3. Maksimalkan Pencahayaan dan Beri Sentuhan Natural

Maksimalkan Pencahayaan dan Beri Sentuhan Natural

Satu hal penting lagi yang jangan sampai kamu lewatkan dalam mendekorasi dapur minimalis, yakni berupa pencahayaan. Dalam hal ini, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk memasang chandeller di area dapur.

Dengan kata lain, kamu hanya membutuhkan lampu gantung di langit-langit yang sederhana, namun dengan watt yang cukup terang. Hasilnya, pencahayaan yang tepat tentunya akan menunjang kegiatan memasak di dapur secara maksimal.

Apabila kamu sudah merasa bosan dengan desain dapur minimalis yang begitu-begitu saja, maka sudah saatnya untuk memberikan sentuhan nuansa alami pada area dapur. Lantas, bagaimana caranya?

Guna menghadirkan nuansa alami tersebut, kamu bisa membuat kitchen plants dengan menempatkan berbagai tanaman herbal, seperti lavender, parsley, oregano, dan lain sebagainya. Hasilnya, ruang dapurmu akan tempak lebih sejuk dan asri.

4. Pilih Jenis Furniture yang Sesuai Kebutuhan

Untuk konsep dapur minimalis, tentu saja penggunaan furniture yang berukuran besar bukanlah pilihan bijak. Dengan kata lain, harus memilih furniture yang juga berukuran kecil, seperti kursi dan meja yang materialnya tidak berat.

Pilih Jenis Furniture yang Sesuai Kebutuhan

Tak hanya itu, disarankan juga untuk menggunakan perabotan kitchen set yang berbahan stainless steel. Pasalnya, perabotan yang berbahan stainless steel ini bersifat netral, awet, dan tahan lama. Atau, kamu bisa menggunakan kabinet yang materialnya terbuat dari bahan kayu sungkai.

Dengan menggunakan kabinet yang berbahan kayu sungkai, secara otomatis tampilan ruang dapurmu akan semakin sedap dipandang.  

Dikarenakan konsepnya adalah dapur minimalis, kamu pun bisa menggunakan open shelving atau rak dinding terbuka yang dapat menyimpan berbagai peralatan dapur. Menariknya lagi, penggunaan rak terbuka tersebut juga dapat memberikan ilusi ruangan yang tampak lebih lega .

Beralih ke perabotan, disarankan untuk menggunakan perabotan yang berbahan kaca, sedangkan material keramik dan backpash bisa kamu tempatkan di dekat wastafel. Selain itu, pilihlah peralatan elektronik yang berbahan stainless steel untuk mempertegas kesan mewah dan elegan.

5. Pilih Material Lantai yang Tepat

Pilih Material Lantai yang Tepat

Selain dapat memberikan kenyamanan, penggunaan jenis material lantai yang tepat juga tentunya akan mempercantik tampilan area dapurmu. Lantas, jenis lantai seperti apakah yang cocok diaplikasikan pada ruang dapur?

Baca Selengkapnya : Pilih Lantai Kayu yang Cocok Untuk Dapur

6. Menonjolkan Warna Putih

Menonjolkan Warna Putih

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tumpukan barang seperti piring dapat membuat desain dapur minimalis tampak terlihat penuh. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mencoba untuk memberikan warna cat dinding seperti putih. Mengapa harus warna putih?

Pasalnya, cat dinding warna putih ini dapat memberikan efek atau ilusi yang membuat area dapur minimalis tampak lebih luas.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempercantik tampilan interior dapur minimalis.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?