Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Fashion Blog

Langkah Mudah Untuk Mempercantik Desain Kolam Renang

 

cara mempercantik desain kolam renang

Pada dasarnya, tidak semua orang bisa memiliki sebuah kolam renang pada rumah pribadinya. Dengan kata lain, kolam pribadi itu hanya terdapat pada kalangan-kalangan tertentu saja. Itu sebabnya, mengapa rumah yang dilengkapi dengan kolam renang selalu identik dengan kalangan menengah ke atas.

Terlepas dari hal tersebut, kegiatan berenang memang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Ya, seperti dapat melatih kekuatan otot bahu, otot dada, otot perut, otot tangan dan kaki. Tak hanya untuk kesehatan tubuh, bahkan kegiatan berenang juga bisa menghilangkan rasa jenuh lho.   

Akan tetapi, hal itu kembali lagi pada tingkat keindahan dan kenyamanan dari kolam renang tersebut. Oleh karenanya, kolam renang harus dibuat seindah mungkin agar kita bisa lebih nyaman. Lantas, bagaimana caranya?

Nah, berikut di bawah ini ada beberapa tips simple yang bisa anda lakukan untuk mempercantik desain kolam renang.  

Langkah-langkah Mempercantik Tampilan Kolam Renang

1. Pilih Tangga Kolam yang Menarik

Pilih Tangga Kolam yang Menarik

Apakah kedalaman kolam renang di rumah anda lebih dari satu meter? Jika iya, sangat disarankan bagi anda untuk memilih tangga kolam dengan desain yang menarik. Selain fungsinya untuk mempermudah naik-turun, kehadiran tangga kolam yang menarik tersebut juga tentunya akan mempercantik tampilan kolam renang anda.

2. Menambahkan Papan Loncat

Menambahkan Papan Loncat

Sebenarnya penggunaan papan loncat hanya berlaku untuk kolam renang dengan kedalaman lebih dari dua meter. Namun, anda juga dapat menambahkan papan loncat pada kolam renang yang dangkal lho. 

Akan tetapi, papan loncatnya tidak boleh yang berukuran terlalu panjang. Ya, cukup dengan menggunakan papan loncat berukuran kecil, karena sangat ideal dengan kolam renang yang dangkal. Dan yang pasti, keberadaan papan loncat tersebut dijamin akan membuat tampilan kolam renang anda semakin sedap untuk dipandang.

3. Membuat Taman Mini di Area Kolam

Membuat Taman Mini di Area Kolam

Agar nuansanya terasa lebih asri dan alami, maka keberadaan taman mini merupakan pilihan yang paling tepat. Pilihlah jenis rerumputan yang berkualitas bagus, seperti rumput gajah atau rumput Jepang.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan berbagai tanaman hias outdoor. Namun, pilihlah jenis tanaman hias yang daunnya tidak mudah rontok agar tidak mengotori kolam renang. Dengan begitu, maka jangan heran jika tampilan kolam renang anda akan jauh lebih indah dari sebelumnya.

4. Menambahkan Lampu Under Water

Menambahkan Lampu Under Water

Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mempercantik desain kolam renang, yakni dengan menggunakan lampu under water. Alhasil, penggunaan lampu under water ini akan menciptakan kesan yang lebih eksotis dan romantic pada kolam renang saat malam hari tiba.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab cahaya lampunya yang bersinar di bawah air sehingga suananya tampak lebih santai, nyaman, dan tenang. Dalam hal ini, anda dapat memilih lampu under water dengan warna sesuai selera.

Selain dari faktor warna, bentuk dari sorotan lampu tersebut juga tentunya memiliki peranan penting dalam memperindah tampilan kolam renang. Tak hanya lampu di bawah air, perhatikan juga penempatan lampu di area luarnya seperti pinggiran kolam renang.

5. Menambahkan Furniture

menambahkan furniture

Untuk memudahkan anda dalam berbagai aktivitas, tidak ada salahnya menambahkan furniture guna menghadirkan kesan santai dan elegan pada kolam renang. Menurut para desainer kolam, biasanya jenis furniture yang digunakan untuk kolam renang itu adalah jenis sun longer. Mengapa demikian?

Soalnya, jenis furniture tersebut memang memiliki banyak manfaat dan terlihat lebih serasi dengan kolam renang. Disamping itu, anda juga bisa berkreasi dengan memilih jenis furniture lainnya untuk ditempatkan di pinggiran kolam renang maupun di area-area khusus.

Baca Juga : Dekorasi Dinding Dengan Lantai kayu

6. Dekorasi Pool Deck Pada Pinggiran Kolam Renang

Tips berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mempercantik desain kolam renang, yakni menggunakan material decking yang tepat. Selain dapat memperindah tampilan kolam renang, keberadaan decking ini juga tentunya dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam kegiatan berenang.

Ada banyak sekali jenis decking kolam renang yang bisa anda pilih. Dari deretan material decking tersebut, berikut di bawah ini ada beberapa material decking terbaik yang direkomendasikan untuk anda :

Jenis-jenis Deck Pool Terbaik

  • Decking Wood (Decking Kayu Solid)

menggunakan decking kayu solid

Jenis material decking terbaik pertama yang selalu dipilih untuk di aplikasikan pada samping kolam, yakni yang terbuat dari bahan kayu solid (kyu utuh). Ya terang saja demikian, karena penggunaan decking dapat mempertegas kesan mewah, elegan, dan natural khas kayu.

Decking yang berbahan kayu solid ini memiliki tekstur permukaan yang lebih kesat, sehingga membuatnya tidak akan licin meski terkena air. Tentu saja hal tersebut akan sangat membantu dalam meminimalisir risiko bahaya terpeleset.

Seandainya terjatuh, anda pun tidak akan terlalu merasakan sakit karena tekstur decking kayu ini terbilang cukup empuk lho. Terdapat beberapa jenis decking kayu terbaik yang paling laris dipasaran seperti berikut.

Untuk kelengkapan informasi seputar decking wood, silahkan kunjungi : Daftar Harga Lantai Kayu dan Biaya Pasang 2021

  • Decking WPC

menggunakan decking wpc

Sebenarnya decking WPC merupakan produk decking kayu sintetis. Istilah WPC itu sendiri merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite, yang mana materialnya terdiri dari serat kayu berkualitas tinggi dan polimer termoplastik.

Komposisi serat kayu pada decking WPC ini sebanyak 60%, dan sisanya adalah polimer sintetis seperti polyethlene (PE), polypropylene (PP), coupling agents, UV stabilizer, dan pewarna. Pada umumnya, lantai WPC digunakan untuk area luar ruangan.

Mulai dari samping kolam renang, halaman, taman, rooftop, balkon, dan lain sebagainya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai WPC sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca. Tak hanya itu, decking WPC juga tahan terhadap serangan rayap dan anti korosi.

  • Decking Keramik

menggunakan decking keramik

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini bukan? Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa keramik merupakan salah satu material paling populer di pasaran.

Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan harga keramik adalah yang paling murah diantara material lantai lainnya. Belum lagi keramik hadir kedalam berbagai motif dan ukuran, sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Artikel menarik lainnya : Inspirasi Desain Villa Ala Bali yang Memukau

Selain diaplikasikan pada lantai, material keramik juga kerap diaplikasikan untuk dinding. Akan tetapi, sebenarnya material keramik ini dinilai kurang cocok untuk dijadikan decking kolam renang. Mengapa demikian? Pasalnya, permukaan keramik akan menjadi lebih licin saat terkena air.

Pastinya hal tersebut dapat meningkatkan risiko terpeleset. Belum lagi dengan tekstur permukaan keramik yang cukup keras, sehingga dapat membahayakan keselamatan kita saat terjatuh.

Seperti itulah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mempercantik desain kolam renang, sehingga bisa dijadikan sebagai bahan referensi.